GOKIL FLASH SALE 50% 12 12. Bonus Kalender Unyu 2020! Klaim Promo
Lebih terarah belajar coding melalui Kelas Online dan Interactive Coding Lihat Materi Belajar

Satu untuk semua : Tizen Operating System

Ditulis oleh Samsung R&D Institute Indonesia, dipublikasi pada 10 Nov 2016 dalam kategori Info
Satu untuk semua : Tizen Operating System - CodePolitan.com

Open source dan Multi platform devices

Peluncuran Operating System (OS) terbaru oleh Samsung yang diberi nama “Tizen”, memberikan kesempatan Software Developer mempelajari lebih lanjut cara pengembangan perangkat lunak pada OS ini. Tidak dapat dipungkiri, besarnya keberadaan pengguna device dan elektronik dengan brand Samsung menjadi market yang menjanjikan bagi para developer untuk berusaha mempelajari “Tizen” lebih dalam. Tizen didesain sebagai OS yang dapat mendukung banyak device seperti Smartphone, In-Vehicle Infotainment serta beberapa produk elektronik Samsung, pengembangan aplikasi pada OS Tizen merupakan langkah efektif bagi developer karena dengan membuat satu aplikasi maka dapat diimplementasikan pada banyak platform berbeda. Ini adalah langkah besar developer, mengingat tren yang terjadi saat ini mengarah ke konsep IoT (Internet of Things) yang akan menyambungkan beberapa device untuk dikontrol oleh satu device.

Tizen adalah sebuah Operating System yang open source, artinya user bisa mendapatkan source code OS Tizen untuk dikembangkan secara personal oleh pemilik smartphone atau device lainnya. Secara tidak langsung Tizen memberikan kesempatan developer untuk berkreasi dalam membuat aplikasi pada OS Tizen, dan secara terbuka agar banyak aplikasi-aplikasi kreatif dan inovatif dapat bergabung di OS Tizen.

Tizen Software Development Kit atau biasa disebut SDK yang merupakan extention dari IDE Eclipse, memudahkan developer beradaptasi menggunaan tools saat pengembangan software. Tizen SDK dirancang untuk dapat digunakan pada beberapa OS komputer seperti Windows, Linux, dan Mac pada 32/64 bit. Struktur tools yang sama persis dengan Eclipse, menjadikan developer melakukan build aplikasi tanpa membuang waktu yang banyak untuk mempelajari struktur tools pada Tizen SDK. Dalam melakukan simulasi pada beberapa device, Samsung menyediakan sebuah virtual device berupa emulator yang dirancang khusus untuk melakukan pengetesan aplikasi tanpa ada device nyata. Fungsionalitas dan tampilan emulator sangat mirip dengan device yang diinginkan, sehingga tak perlu mengeluarkan uang untuk membeli device hanya untuk testing.

Lebih menariknya lagi, dari beberapa platform seperti Unity dan Construct 2 dapat dilakukan porting ke OS Tizen, sehingga game yang telah dibuat di platform diatas tersebut dapat dijalankan di OS Tizen pada banyak device, seperti Smartphone dan Wearable device. 

Community Support yang solutif

Tutorial lengkap dapat diakses di developer.tizen.org adalah media pembantu developer. Di samping itu di Indonesia, Samsung telah membangun komunitas bagi developer Tizen sebagai wadah untuk saling berbagi pengalaman tentang pengembangan aplikasi pada OS Tizen. Group di Facebook dengan judul “Tizen Developer Indonesia” ini menjadi platform bagi developer yang mengalami kendala saat build aplikasi, dan banyak developer yang membantu memberikan instruksi lebih lanjut terkait penyelesaian masalahnya. Selain itu juga terdapat forum yang dapat diakses di developer.tizen.org yang menghubungkan seluruh developer di seluruh dunia untuk saling membantu menyelesaikan kendala saat develop di OS Tizen. Komunitas ini dibentuk untuk saling membantu menyelesaikan permasalahan yang dialami oleh developer, sehingga developer baru tidak perlu khawatir dalam menghadapi permasalahan saat build aplikasi di OS Tizen. Satu bulan terakhir, telah dilaksanakan beberapa Roadshow di berbagai kota besar di Indonesia yang bertujuan mengedukasi developer, selain itu developer memperoleh kesempatan berdiskusi langsung dengan team Samsung Research and Development Institute Indonesia (SRIN) untuk menyelesaikan masalah.

 

Silahkan bergabung di Forum komunitas resmi Tizen pada Facebook : Tizen Developer Indonesia (https://www.facebook.com/groups/777410855692863/)

Kamu juga dapat bergabung di Forum samsung.tizenforum.com


background

Gabung CodePolitan Membership

Ingin belajar coding secara online dengan lebih terarah? Gabung sekarang dalam program Premium Membership di CodePolitan. Dapatkan ratusan modul belajar pemrograman premium dalam beragam format dengan materi silabus lengkap dan tersusun rapi dari awal hingga mahir.

LIHAT MATERI BELAJAR GABUNG MEMBERSHIP