Promo Member Baru 40%! Program Full Stack Membership! Hanya 3 Hari! Klaim Promo
Lebih terarah belajar coding melalui Kelas Online dan Interactive Coding Lihat Materi Belajar

Seberapa Banyak Sih Developer Mobile yang Jadi Miliarder?

Ditulis oleh Bagus Aji Santoso, dipublikasi pada 16 Nov 2015 dalam kategori Insight
Seberapa Banyak Sih Developer Mobile yang Jadi Miliarder? - CodePolitan.com

Siapa sih yang ga mau jadi miliarder? Apalagi jika menjadi miliarder lewat pekerjaan yang dicintai. Pembaca Codepolitan yang juga seorang developer pasti ingin menjadi the next miliarder lewat aplikasi-aplikasi yang dibuat. Kita telah mengenal beberapa tokoh yang mampu menjadi miliarder lewat bidang teknologi informasi. Namun, masih banyak yang percaya bahwa hanya segelintir orang yang mampu menjadi miliarder dibidang teknologi informasi, khususnya dengan mengembangkan aplikasi/games di ranah mobile.

Pollen VC bersama Priori Data baru-baru ini merilis laporan hasil penelitian yang mereka lakukan untuk mengetahui kondisi ekonomi para developer saat ini. Developer yang diteliti diambil dari developer Android dan iOS.

Baca juga: Kategori Aplikasi Mobile yang Paling Populer Dibuat Developer Indonesia

Berapa Jumlah Developer yang Mampu Memperoleh Keuntungan Lebih dari 1 Juta Dollar?

Berapa jumlah developer yang mampu memperoleh keuntungan lebih dari 1 juta dollar (sekitar 13 miliar rupiah) per tahun? Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh kedua lembaga di atas, terdapat 1887 developer yang mampu memperoleh keuntungan lebih dari 1 juta dollar. Dari 1887 developer tersebut, 1260 diantaranya merupakan developer iOS dan 759 sisanya merupakan developer Android. Terdapat 132 developer yang mengembangkan aplikasi di iOS dan juga Android secara bersamaan.

Twitter-card-1Game Developer Mendominasi

Dari 1887 developer yang tercatat, 78% merupakan developer yang memproduksi game baik itu di iOS maupun di Android.

Twitter-card-2

Bagaimana dengan Developer yang Lain?

Tak hanya meneliti berapa developer yang dapat menjadi miliarder, Pollen VC dan Priori Data juga mencari tahu ada berapa developer yang dapat memperoleh keuntungan diantara 10 ribu  - 1 juta dollar. Hasil yang didapat menunjukkan sebanyak 37.302 developer akan memperoleh keuntungan 10 ribu dollar (sekitar 130 juta rupiah), 17.204 developer akan memperoleh keuntungan 50 ribu dollar (sekitar 680 juta rupiah), 11.273 developer akan memperoleh keuntungan 100 ribu dollar (sekitar 1 miliar rupiah), 6.005 akan memperoleh keuntungan 250 ribu dollar (sekitar 3 miliar rupiah), dan 3.525 developer akan memperoleh keuntungan 500 ribu dollar (sekitar 6 miliar rupiah). Selain itu, ada pula 45.161 developer yang akan memperoleh keuntungan 6 ribu dollar (sekitar 80 juta rupiah).

Twitter-card-4

Baca juga: Ini Dia Perbedaan Aplikasi Native, Hybrid atau Web

Apakah Pembaca Salah Satunya?

Penulis percaya diantara pembaca Codepolitan, ada sebagian yang masuk perhitungan developer calon miliarder. Bagi pembaca yang belum termasuk, semoga tulisan ini dapat memberi motivasi untuk terus berkreasi menciptakan aplikasi yang mampu menyelesaikan masalah banyak orang dan memperoleh keuntungan yang besar serta menjadi calon miliarder berikutnya.

Sebagai penutup, Infographic lengkap hasil penelitian yang dilakukan oleh Pollen VC dan Priori Data dapat pembaca lihat di bawah.

PollenVC-Millionaires-Index

(bas/pollenvc)
Cover image by: Stocksnap


background

Gabung CodePolitan Membership

Ingin belajar coding secara online dengan lebih terarah? Gabung sekarang dalam program Premium Membership di CodePolitan. Dapatkan ratusan modul belajar pemrograman premium dalam beragam format dengan materi silabus lengkap dan tersusun rapi dari awal hingga mahir.

LIHAT MATERI BELAJAR GABUNG MEMBERSHIP