Sejarah dan Perkembangan HTML5 | Belajar HTML

Sejarah dan Perkembangan HTML5 | Belajar HTML - Sejarah HTML diciptakan oleh Timothy John Barners Lee pada tahun 1980 pada saat dia bekerja di lembaga CERN (Organisation Européene pour la Recherche Nucléaire), CERN adalah sebuah organisasi riset fisika yang terbesar di dunia. Pada saat itu Tim Barners Lee sedang menjalankan sebuah proyek yang berbasiskan konsep hypertext untuk memfasilitasi pembagian dan pembaharuan informasi diantara para peneliti, tujuan awalnya adalah agar setiap peneliti dapat melakukan share atau membagikan ilmu terhadap apa yang telah ditemukan selama proses penelitian, berkat bantuan dari Robert Cailliau akhirnya prototipe bernama Enquire tercipta dari sinilah Sejarah HTML dan Perkembangan HTML5 dimulai.Setelah Lee tidak bekerja lagi di CERN, Lee memiliki pemikiran bagaimana jika proses share yang dia lakukan di CERN dapat dirasakan peneliti ditempat atau belahan lain, lalu dia bekerja dengan John Poole's Image Computer Systems Ltd pada tahun 1984 sebagai seorang rekan peneliti. Tujuannya bergabung dengan John adalah Untuk Mengembangkan ide yang dia gunakan pada Enquire untuk menciptakan World Wide Web, di mana dia mendesain dan membangun browser yang pertama (bernama WorldWideWeb dan dikembangkan dalam NeXTSTEP) dan server web pertama yang bernama httpd. Setelah sukses dengan penelitiannya pada tahun 1989, Lee mendirikan sebuah lembaga yang bernama World Wide Consortium (W3C) forum untuk terus mengembangkan Web, dari sinilah sejarah HTML dan perkembangan HTML5 terlahir dan Generasi HTML dimulai.

Sejarah dan perkembangan HTML5

Versi Tahun
Tim Berners-Lee invented www 1989
Tim Berners-Lee invented HTML 1991
Dave Raggett drafted HTML+ 1993
HTML Working Group defined HTML 2.0 1995
W3C Recommended HTML 3.2 1997
W3C Recommended HTML 4.01 1999
W3C Recommended XHTML 1.0 2000
HTML5 WHATWG First Public Draft 2008
HTML5 WHATWG Living Standard 2012
HTML5 W3C Final Recommendation 2014

 

HTML Versi 1.0 HTML versi ini merupakan versi pertama sejak lahirnya Bahasa HTML yang memiliki kemampuan untuk heading, paragraph, hypertext, manipulasi text (bold & italic) serta memiliki hubungan terhadap penggunaan sebuah gambar.

HTML Versi 2.0 HTML versi ini mulai dikembangkan pada tanggal 14 Januari 1995-1996 dengan beberapa kemampuan tambahan seperti penambahan form & hal ini menjadi cikal bakal adanya proses interaktif dengan pengguna. Mulai versi ini, HTML menjadi awal mula adanya website interaktif.

HTML Versi 3.0 dan 3.2 HTML versi ini lahir pada tanggal 18 Desember 1997 yang dikenal dengan HTML+ karena mempunyai beberapa fasilitas penambahan fitur table dalam paragraph, kemudian proses reasearch dilanjutkan sampai disempurnakan pada bulan Mei 1998.

HTML Versi 4.0 HTML versi ini lahir pada tanggal 24 Desember 1999 dengan penambahan beberapa fitur lagi seperti adanya link, image & lain-lain sebagai penyempurna dari HTML versi 3.2.

HTML Versi 5.0 HTML versi ini atau lebih dikenal dengan HTML5 lahir pada tahun 2008 yang menjadi standar baru untuk HTML, XHTML, & DOM HTML. HTML5 ini merupakan proyek kerjasama antara W3C dengan WHATWG (Web Hypertext Application Technology Working Group). HTML5 menambahkan beberapa perintah baru yang membantu para programmer web untuk mendesain website lebih menarik & interaktif.

BACA JUGA : Pengenalan HTML5 | Belajar HTML

Oke, Kita akan sambung sejarah HTML dan perkembangan HTML pada generasi HTML berikutnya, sampai ketemu lagi keep watch and learn at Code Politan.

Sejarah dan Perkembangan HTML5 Referensi:

Dilihat kali

Is this helpful?

Share This Post