Selalu Ingat Jadwal Shalat Lewat Aplikasi Ini

Ditulis oleh Lord Voldemort, dipublikasi pada 08 Jan 2016 dalam kategori Review KaryaLokal
Selalu Ingat Jadwal Shalat Lewat Aplikasi Ini - CodePolitan.com

Bagi seorang muslim shalat diawal waktu merupakan suatu keutamaan. Amalan shalat diawal waktu merupakan salah satu amalan yang paling dicintai oleh Allah SWT (sumber: duniaislam.com. Oleh karena itu, sepatutnya kita sebagai seorang muslim yang taat selalu shalat diawal waktu.

Karena setan telah berjanji untuk selalu mengganggu dan menggoda manusia hingga hari pembalasan tiba, maka perjuangan kita untuk mengamalkan salah satu amalan yang paling dicintai Allah SWT ini menjadi tidak mudah. Di negara yang mayoritas muslim, tak sulit sebetulnya untuk selalu mengamalkan shalat diawal waktu. Masjid hampir selalu ada di sudut-sudut jalan. Keberadaan masjid-masjid ini membuat lima kali panggilan shalat dalam sehari dapat kita dengarkan. Namun ada kalanya panggilan-panggilan itu seperti tak terdengar. Saking asyiknya fesbukan, twitteran, coc-an, suara adzan seperti tak pernah disiarkan. Maka dari itu, kita memerlukan suatu aplikasi yang dapat menyadarkan kita dari dunia yang fana untuk kembali bersujud kehadapan-Nya.

Jadwal Shalat alias Prayer Times, merupakan aplikasi pengingat jadwal shalat di Android. Aplikasi ini akan membantu kita untuk mengetahui kapan saja jadwal shalat lima waktu setiap harinya. Tersedia pula jadwal Imsyak dan matahari terbit untuk membantu mereka yang ingin sahur dan shalat dhuha.

[caption id="attachment_6845" align="aligncenter" width="394"]Tampilan Jadwal Shalat Tampilan Jadwal Shalat[/caption]

Jadwal Shalat memiliki fitur “alarm”, untuk mengingatkan kita akan waktu shalat. Ya, jika suara adzan asli seperti tak terdengar, maka alarm Jadwal Shalat akan memaksa kita sadar bahwa waktu shalat telah tiba, bahkan saat clan sedang berperang. Yang perlu diingat adalah fitur ini tidak aktif secara otomatis. Untuk mengaktifkan fitur alarm, kita harus menyentuh ikon speaker yang ada disebelah kanan setiap jadwal shalat. Dengan menyentuh ikon speaker, maka setiap kali waktu shalat tiba aplikasi ini akan membunyikan suara adzan.

[caption id="attachment_6846" align="aligncenter" width="394"]Sentuh ikon speakernya Sentuh ikon speakernya
[/caption]

Fitur alarm ini bahkan bisa kita atur sesuai keinginan. Ingin mengubah suara adzan dengan ringtone lain? Ingin menggunakan rekaman suara sendiri? Atau ingin mengatur agar suara adzan di Jadwal Shalat mendahului jadwal asli agar bisa bersiap-siap pergi ke masjid? Cukup sentuh setiap jadwal shalat yang ada maka dialog pengaturan akan muncul.

[caption id="attachment_6847" align="aligncenter" width="394"]Atur suara adzan disini Atur suara adzan disini[/caption]

Selain fitur yang telah dibahas, Jadwal Shalat juga memiliki fitur “Qiblah Locator”. Fitur ini sangat bermanfaat saat kita tidak tahu ke mana arah kiblat. Sayangnya smartphone penulis tidak memiliki sensor kompas sehingga tidak dapat menjajal keakuratan Qiblah Locator.

 

[caption id="attachment_6848" align="aligncenter" width="394"]Smartphone murahan Jika smartphone tidak mendukung sensor kompas[/caption]

[caption id="attachment_6849" align="aligncenter" width="369"]Jika smartphone memiliki sensor kompas, maka Qiblah Locator dapat dijalankan. Jika smartphone memiliki sensor kompas, maka Qiblah Locator dapat dijalankan. [/caption]

Aplikasi super keren ini dikembangkan oleh Brixzen, tim yang beranggotakan tujuh orang developer asal Malang, Jawa Timur. Selain Jadwal Shalat, mereka juga telah mengembangkan berbagai aplikasi Web, Windows, dan Android lainnya. Informasi lebih lengkap tentang Brixzen dapat dibaca lewat situs resmi mereka di brixzen.com.

Unduh Jadwal Shalat di Google Play, gratis!

 

Sumber gambar sampul: pixabay.com



Berlangganan Informasi CodePolitan Melalui Email

Jangan sampai kamu melewatkan informasi penting tentang pemrograman dan teknologi! Kamu bisa berlangganan Newsletter CodePolitan dengan cara mengisi formulir di samping.

Banner foot-promo-update is not found.