Startup World Cup 2017 Ajang Kompetisi Startup Teknologi Tingkat Dunia

Demam World Cup tidak hanya menjangkiti sepak bola namun juga sudah mulai merabah dalam dunia IT, Fenox Venture Capital (Fenox VC) sebuah perusahaan modal ventura yang berasal dari Silicon Valley, Amerika Serikat. Menyelenggarakan babak penyisihan regional pertamanya di Indonesia dengan menggandeng partner pemerintahan dalam hal ini yang diwakili oleh Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF) 22 juli yang lalu melakukan konferensi pers pertamanya di wiliyah Jakarta Selatan.

Baca juga: BEKRAF Dukung Pertumbuhan Internet of Things Indonesia dalam Menghadapi MEA

Sesuai dengan nama Startup World Cup, event ini berskala internasional. Acara ini akan diselenggarakan di 14 negara untuk mencari perusahaan teknologi informasi IT yang paling menjanjikan di dunia. Pemenang regional akan berkompetisi langsung di babak final yang akan berlangsung di Silicon Valley pada 24 maret 2017 dan mendapat kesempatan memenangkan 1.000.000 dollar Amerika Serikat (14 miliar rupiah) dalam bentuk investasi dan hadiah lainnya.

Indonesia mendapatkan kehormatan dengan menjadi negara pertama yang didatangi oleh team Fenox VC dari Silicon Valley. Pendaftaran sudah dibuka mulai pada tanggal 21 juni 2016 melalui website resmi SWC 2017 : startupworldcup.io. Kepada para start up diharapkan untuk mendaftar sebelum tanggal 10 agustus 2016. Dari sekian banyak pendaftar akan dipilih 10 peserta regional terbaik dan diundang untuk mempresentasikan ide-ide mereka di hadapan juri internasional.

bekraf1

Dalam konferensi pihak Badan Ekonomi Kreatif BEKRAF diwakili bapak Triawan Munaf mengatakan bahwa Startup World Cup ini merupakan momentum yang tepat untuk meningkatkan kemampuan SDM dalam bidang tenologi agar dapat bersaing dalam skala global. Pembentukan iklim kompetisi merupakan suatu kebutuhan agar kemampuan yang dimiliki meningkat. Tidak hanya di jakarta saja BEKRAF akan terus mencoba mencari bibit-bibit unggul di daerah. Karena ternyata dengan majunya teknologi potensi-potensi di daerahpun sangat luar biasa. BEKRAF telah melahirkan program BEKRAF for Pre-Startup (BEKUP) sebagai inovasi dalam membangun skill dan pondasi bagi para pre-startup serta melalui event Startup World Cup ini dapat menjadi sarana yang baik untuk memunculkan potensi usaha rintisan para startup dengan mempertemukan mereka dengan para investor sehingga menjadi pengusaha tangguh dan hebat dalam melatih fase-fase pertumbuhannya di Indonesia dan kemudian unggul di pentas global.

Baca juga: BEKRAF Luncurkan Program BEKUP dalam Upaya Meningkatkan Keberhasilan Pre-Startup Indonesia

Bagi para startup yang telah mendaftar di Startup world cup 2017 di indoensia hal ini merupakan langkah untuk lebih dekat dengan babak pitching yang akan di laksanakan pada 23 agustus 2016 di Balai Kariti Indonesia. sebanyak 10 tim dari setiap area akan mempresentasikan ide-ide inovatif mereka dihadapan juri. tim terbaik akan memakili Indonesia di konferensi global mendatang dan membuktikan bahwa Indonesia mampu bersaing di pasar global.

Info lebih lanjut : startupworldcup.io

Dilihat 4922 kali

Is this helpful?

Share This Post