Sudah lama tidak rilis, FuelPHP merilis versi 1.7.3

FuelPHP yang dikenal sebagai web framework yang paling sederhana dan sangat mendekati PSR merilis versi terbarunya, namun bukan versi 2.x yang dirilis. Tim FuelPHP masih merilis seri 1.7.x untuk para penggunanya. Pada tanggal 20 Mei 2015, Harro Verton mengumumkan dirilisnya versi terbaru FuelPHP. Berikut adalah pengumuman dari Harro Verton:

‘’.....Setelah sekian lama, kami baru saja merilis versi terbaru yaitu 1.7.3.

Setahun belakangan ini menjadi tahun yang bisa digambarkan sebagai tahun yang heboh sekali. Kami kehilangan rekan satu tim kami yang sangat berharga (Kami prihatin kamu pergi Frank!), dan kami juga mendapat rekan tim baru yang sangat berharga (Selamat bergabung, Mark!) dan banyak pekerjaan lain serta masalah kesehatan yang menimpa tim kami. Masalah yang kami hadapi tidak begitu saja mudah pergi seharusnya.

Kabar baiknya segalanya kembali lancar sedikit demi sedikit, dan Mark akan fokus hanya bekerja pada Fuel seri 2.x, dengan begitu kami harap akan bisa maju ke tahap berikutnya dengan lebih baik.

Untuk masalah perbaikan keamanan, tidak ada perbaikan keamanan yang spesifik untuk versi kali ini, tapi kami memperbaharui library PHPSecLib dan HTMLawed yang digunakan oleh Fuel.

Salah satu permintaan terbesar dari komunitas selama setahun kebelakang, mereka menginginkan adanya kemampuan untuk menggunakan Composer, baik itu untuk instalasi framework itu sendiri atau instalasi komponen framework dan dependensinya. Dengan hadirnya rilis ini, kamu dapat memasang FuelPHP melalui composer, baik itu melalui "composer create-project" atau melalui zip yang diunduh dari situs resmi atau hasil kloning repositori Git kemudian menjalankan "composer update" untuk memasang core dan paket yang diperlukan oleh Fuel. Sekarang Composer mendukung untuk master branch terbaru dan development branch.

Seperti biasa, terdapat daftar panjang perbaikan dan penambahan yang biasa kami cata, terlalu panjang untuk dibahas disini. Silahkan kunjungi changelog untuk melihat apa saja yang diganti dan ditingkatkan pada rilis kali ini.

Untuk masalah versi 2.x, jangan khawatir. Kami tidak akan melupakan hal tersebut. Hampir di seluruh waktu luang, kami terjun ke pengembangan versi 2.x dan kami sudah mempunyai anggota tim baru yang mencurahkan fokusnya hanya untuk Fuel versi 2.x.

Karena arsitektur modula yang tinggi dari versi 2, dimungkinkan untuk menyelesaikan komponen yang ada di aplikasi versi 1.x. Sebagai contoh kamu sudah menggunakan komponen upload sejak versi 1.6. Dilaporkan juga, telah ada beberapa orang yang mengganti validasi dan fieldsets mereka ke komponen versi 2. Saat ini komponen ORM dan Auth baru sedang dikerjakan. Keduanya akan ditulis ulang dari awal sekali. Ketika keduanya rampung, maka kami akan merilis versi alpha dari seri 2.x. .....‘’

Selamat mencicipi FuelPHP versi 1.7.3 :D dan kita nantikan FuelPHP versi 2.x.

(rfs/fuelphp)

Dilihat kali

Is this helpful?

Share This Post