Swift Playgrounds, Permudah Pengguna iPad Untuk Belajar Ngoding

Ditulis oleh Lord Voldemort, dipublikasi pada 21 Jun 2016 dalam kategori News
Swift Playgrounds, Permudah Pengguna iPad Untuk Belajar Ngoding - CodePolitan.com

Swift merupakan bahasa pemrograman yang dikembangkan oleh Apple. Bahasa ini dirilis sebagai aplikasi open source pada bulan Desember tahun lalu. Sebagai bahasa yang relatif baru, Apple terus berusaha untuk mempopulerkan bahasa ini, salah satunya dengan mengembangkan Swift Playgrounds.

[caption id="attachment_10408" align="aligncenter" width="700"]Swift Playgrounds Preview Apple Tampilan antarmuka Swift Playground[/caption]

Swift Playgrounds merupakan aplikasi baru untuk iPad yang akan dirilis pada musim gugur tahun ini. Aplikasi ini dibuat untuk membantu mereka yang ingin belajar ngoding secara serius namun dengan cara yang menyenangkan. Aplikasi ini akan menyediakan kumpulan puzzle yang harus diselesaikan untuk menguasai dasar-dasar pemrograman menggunakan bahasa pemrograman Swift.

[caption id="attachment_10409" align="aligncenter" width="700"]Swift Playgrounds Preview Apple Pelajari konsep dasar pemrograman di Swift Playgrounds[/caption]

Swift Playgrounds merupakan sarana belajar ngoding yang interaktif. Dengan memasukkan kode program dibagian kiri layar, maka kita dapat langsung melihat hasilnya secara instan dengan satu sentuhan saja. Karena mengetik di iPad berbeda dengan mengetik di komputer, maka Swift Playgrounds dibekali dengan keyboard khusus yang dilengkapi dengan fitur QuickType. Berkat fitur ini kita dapat menulis sebaris kode dengan satu atau dua sentuhan saja.

Baca juga: Mengapa Kita Harus Belajar Coding?

[caption id="attachment_10411" align="aligncenter" width="700"]Keyboard khusus di Swift Playgrounds Keyboard khusus di Swift Playgrounds[/caption]

Fitur sosial tak lupa disematkan oleh Apple ke dalam Swift Playgrounds. Kita dapat mengirimkan kode yang dibuat ke iPad teman menggunakan Mail, Messages, atau AirDrop. Kode tersebut dapat dimodifikasi oleh teman yang kita kirimkan. Fitur kolaborasi ini tentu akan membuat proses belajar ngoding menjadi lebih menyenangkan.

(bas/techcrunch/theverge)



Berlangganan Informasi CodePolitan Melalui Email

Jangan sampai kamu melewatkan informasi penting tentang pemrograman dan teknologi! Kamu bisa berlangganan Newsletter CodePolitan dengan cara mengisi formulir di samping.