Tak Hanya Sekedar Canggih Buatlah yang Bermanfaat, Belajar dari Aplikasi Alarm Adzan Sholat dan Kiblat

Ditulis oleh Kevin Kurniawan, dipublikasi pada 10 Jun 2016 dalam kategori Review KaryaLokal
Tak Hanya Sekedar Canggih Buatlah yang Bermanfaat, Belajar dari Aplikasi Alarm Adzan Sholat dan Kiblat - CodePolitan.com

Halo Devs. Kalau punya ide mau membuat aplikasi, salah satu faktor yang perlu dipertimbingkan adalah aplikasi yang akan Devs buat itu dibutuhkan oleh banyak orang. Karena selain aplikasi yang dibuat bisa memberikan solusi dan manfaat bagi penggunanya, secara produk pun sudah memiliki target market yang jelas sehingga bisa lebih mudah untuk dikelola.

Nah Saya hari ini mau ngebahas sebuah aplikasi yang menurut kami menarik nih yakni aplikasi sederhana berjudul Alarm Adzan Sholat dan Kiblat karya GITS Indonesia. Ada ilmu menarik nih dari aplikasi Alarm Adzan Sholat dan Kiblat yang bisa kita pelajari. Mari kita simak pembahasannya.

Background Developer & Challenge

[caption id="attachment_1131" align="aligncenter" width="640"]logo gits indonesia logo gits indonesia[/caption]

GITS Indonesia merupakan perusahaan IT yang sudah cukup senior di Indonesia. Yang menarik, GITS Indonesia merupakan salah satu pelopor di pengembangan aplikasi Android di Indonesia. Dikala Google belum mendukung developer di Indonesia untuk membuat akun di Google Play, GITS Indonesia sudah selangkah lebih maju dengan membuat akun di luar Indonesia.

Selain menjadi expert dan pelopor Android di Indonesia, GITS Indonesia juga memiliki variasi portofolio dan skill di dunia IT yang sangat banyak, mulai dari kemampuan di area pengembangan website hingga berbagai platform mobile seperti untuk Windows Phone, Blackberry, iOS, Android, dan lain sebagainya.

Background Aplikasi

[caption id="attachment_1191" align="aligncenter" width="260"]Screenshot Alarm Adzan Sholat dan Kiblat 1 Screenshot Alarm Adzan Sholat dan Kiblat 1[/caption]

Alarm Adzan Sholat dan Kiblat merupakan aplikasi yang sederhana namun dibutuhkan banyak orang. Aplikasi seperti ini yang sebenarnya dibutuhkan oleh banyak orang. Terkadang Devs berpikir membuat aplikasi yang terlalu canggih dan terlalu jauh dari kehidupan sehari-hari, padahal masih banyak loh area atau kebutuhan yang terlihat sederhana tapi bisa kita permudah dengan sebuah aplikasi.

Dan yang menarik, dengan effort yang mungkin tidak begitu besar, akan ada banyak pelajaran yang bisa didapatkan dengan membuat aplikasi seperti ini. Jadi untuk Devs yang baru belajar membuat aplikasi, mulailah dari aplikasi sederhana yang tidak terlalu menghabiskan cost development tapi bisa memberikan manfaat.

Review Aplikasi

[caption id="attachment_1192" align="aligncenter" width="260"]Screenshot Alarm Adzan Sholat dan Kiblat 2 Screenshot Alarm Adzan Sholat dan Kiblat 2[/caption]

Dari sisi fitur, aplikasi Alarm Adzan Sholat dan Kiblat memiliki dua fungsi utama yakni pengingat waktu sholat serta penunjuk arah kiblat. Terkesan mudah yah hanya perlu membuat dua fitur. Namun justru tantangannya adalah cara menyajikan fitur tersebut sehingga nyaman dan mudah digunakan oleh pengguna.

Salah satu kunci utama kesuksesan dari Alarm Adzan Sholat dan Kiblat adalah desainnya yang mengacu pada standar aplikasi Android sehingga mudah dioperasikan oleh pengguna Android. Selain itu, ketika aplikasi dibuka, langsung secara gamblang menunjukan waktu-waktu sholat tanpa melalui menu-menu yang panjang. Simplicty seperti ini yang harus Devs perhatikan agar aplikasi bisa langsung menjawab kebutuhan pengguna dengan cepat.

Jadwal waktu sholat di dalam aplikasi ini juga bisa kita kostumisasi dari sisi lokasi. Kita bisa mengatur lokasi sesuai dengan saat ini kita berada atau bisa secara manual dimasukan alamat lokasi yang diinginkan. Selain itu, kita juga bisa mengatur waktu sholat mana yang ingin dipasang alarm mana yang tidak. Kemudian juga kita bisa mengubah suara alarm yang kita inginkan. Dan sekali lagi, aplikasi Alarm Adzan Sholat dan Kiblat buatan GITS Indonesia ini sukses menyajikan fitur-fitur tersebut dengan baik sehingga sangat mudah sekali untuk dioperasikan.

Fitur kedua dari aplikasi ini adalah arah kiblat. Fitur ini tentunya berfungsi untuk menunjukan kemana arah kiblat untuk melaksanakan sholat. Namun entah ini dari device yang digunakan untuk testing atau dari aplikasinya, nampak akurasi dari kompas di dalam fitur ini terkadang tidak presisi.

Development Tools

[caption id="attachment_1134" align="aligncenter" width="640"]Android Studio Android Studio[/caption]

Untuk tools pengembangan sepertinya standar yah untuk pengembangan aplikasi berbasis Android yakni Android SDK dan Android Studio. Bahasa yang digunakan adalah Java.

Tentu ada beberapa API yang dipanggil di dalam aplikasi ini seperti terkait dengan GPS untuk location based juga compass untuk menentukan arah kiblat.

Monetization

[caption id="attachment_1193" align="aligncenter" width="640"]Mopub Mopub[/caption]

Metode monetisasi dari Alarm Adzan Sholat dan Kiblat adalah dengan menggunakan iklan. Untuk iklannya sendiri, GITS Indonesia menggunakan AdMediation AdMob. Bagi yang belum tahu, Ad Mediation adalah cara untuk menampilkan iklan yang bisa memberikan kita keuntungan paling tinggi dari beberapa layanan iklan lainnya. Hal ini tentu akan menambah pemasukan kita karena iklan yang muncul adalah iklan yang paling memberikan kita pemasukan yang banyak.

Dalam Ad Mediation, kita bisa mendaftarkan beberapa layanan iklan dalam satu banner atau intertisial. Misalkan kita menggunakan iklan dari AdMob, Vserv, InMobi, Chartboost, UnityAds, dan lain-lain. Maka AdMediation tersebut akan secara otomatis memilih iklan mana yang palling menguntungkan untuk kita. Namun drawback-nya adalah semakin banyak SDK iklan yang kita implementasi, ukuran installer aplikasi kita juga akan semakin besar. GITS Indonesia menggunakan Ad Mediation AdMob dan terkadang menggunakan Mopub.

Terkait dengan model iklan itu sendiri, satu pelajaran menarik dari Alarm Adzan Sholat dan Kiblat adalah pastikan kita harus mengikuti guideline dari Google. Alarm Adzan Sholat dan Kiblat pernah memasang dua ad banner di satu page. Ternyata hal tersebut tidak boleh dilakukan sehingga iklan di dalam aplikasi di-banned oleh Google. Untungnya dengan melakukan perbaikan dan mengirimkan email ke google, akhirnya layanan tersebut dibuka kembali.

Kesimpulan

[caption id="attachment_1196" align="aligncenter" width="260"]Screenshot Alarm Adzan Sholat dan Kiblat 3 Screenshot Alarm Adzan Sholat dan Kiblat 3[/caption]

Alarm Adzan Sholat dan Kiblat merupakan contoh baik sebuah aplikasi yang sederhana tapi bisa menjawab kebutuhan dari pengguna. Walaupun fiturnya hanya sedikit, Alarm Adzan Sholat dan Kiblat berhasil menyajikannya dengan cara yang tepat sehingga bisa standout dibandingkan aplikasi sejenis.

Bagi Devs yang belum menggunakan Alarm Adzan Sholat dan Kiblat, bisa langsung diunduh yah di link berikut.

Alarm Adzan Sholat dan Kiblat: Google Play (free)




Berlangganan Informasi CodePolitan Melalui Email

Jangan sampai kamu melewatkan informasi penting tentang pemrograman dan teknologi! Kamu bisa berlangganan Newsletter CodePolitan dengan cara mengisi formulir di samping.