Promo Lebaran, Kelas Online CODEPOLITAN Cukup Bayar Setengah Harga KLAIM PROMO
Lebih terarah belajar coding melalui Kelas Online dan Interactive Coding Lihat Materi Belajar

Tantangan IoT dari Arduino dan Microsoft buat Para Makers Sedunia, Ayo Ikutan!

Ditulis oleh Toni Haryanto, dipublikasi pada 16 Jan 2016 dalam kategori Challenges
Tantangan IoT dari Arduino dan Microsoft buat Para Makers Sedunia, Ayo Ikutan! - CodePolitan.com

Bertajuk World's Largest Arduino Maker Challenge, Massimo Banzi, CEO Arduino.cc melalui video yang dia unggah di Youtube mengumumkan sebuah challenge terbesar yang pernah mereka selenggarakan. Bekerja sama dengan Microsoft dan Hackster.io, Arduino menantang para makers, programmer, seniman, hobbyist, professional dan developers untuk membuat ide IoT menggunakan Windows 10, Microsoft Azure, dan produk baru Arduino/Genuino MKR1000 atau Arduino Uno.

Seperti dirilis pada blognya, Arduino telah membuat satu lagi varian board Arduino yang diberi nama Arduino/Genuino MKR1000. Board ini adalah hasil perpaduan antara kemampuan Arduino Zero dengan Wi-Fi Shield. Seperti kita ketahui bahwa Arduino Zero menggunakan mikrokontroller ATSAMD21G18, yakni mikrokontroler dengan inti 32-Bit ARM Cortex M0+. Pada Arduino MKR1000, mikrokontroler yang digunakan adalah ATSAMW25 (salahsatu bagian dari keluarga SmartConnect Atmel Wireless Device), yakni mikrokontroler 32-bit yang dirancang khusus untuk perangkat IoT.

Tantangan yang diajukan cukup sederhana dan fleksibel. Kita diminta untuk membuat apapun dengan tema apapun, mulai dari smart home, permainan, robotika, augmented reality (AR), unmanned aerial vehicle (UAV) dan lain-lain, tidak ada batasan tema. Selain itu ada 3 aturan yang harus diperhatikan, diantaranya:

Ada 2 fase untuk dalam tantangan ini, yaitu:

Fase 1: kita mengajukan ide proyek melalui halaman challengenya di Hackster.io paling lambat tanggal 31 Januari pukul 11:59 PM (PT). 1000 ide terbaik akan dipilih mulai tanggal 5 Februari dan akan mendapatkan edisi pertama dari board Arduino MKR1000.

Fase 2: kita mengajukan proyek jadi/komplit dari MKR1000 dan Windows 10 + Windows Azure paling lambat tanggal 25 Maret 2016. 3 proyek terbaik akan dipilih pada tanggal 31 Maret dan akan mendapatkan hadiah berupa ongkos penuh sebesar $1500 untuk ikut serta pada acara Maker Faire di Shenzen, New York, Bay Area atau Roma, dan mendapat kesempatan untuk mempresentasikan karyanya di booth Microsoft dan Arduino.

Ayoo, bagi Kamu yang merasa tertantang dan punya ide bagus untuk proyek IoT, langsung aja submit. Siapa tau Kamu diantara yang beruntung bisa jadi salahsatu orang pertama yang nyicip produk perdana Arduino MKR1000, dan lebih keren lagi kalo bisa jalan-jalan gratis dan ketemu orang-orang hebat sesama maker sedunia!

 

https://www.youtube.com/watch?v=kggEa8zVmMI


background

Gabung CodePolitan Membership

Ingin belajar coding secara online dengan lebih terarah? Gabung sekarang dalam program Premium Membership di CodePolitan. Dapatkan ratusan modul belajar pemrograman premium dalam beragam format dengan materi silabus lengkap dan tersusun rapi dari awal hingga mahir.

LIHAT MATERI BELAJAR GABUNG MEMBERSHIP