Dapatkan potongan 25% untuk pembelian kelas online selama Ramadhan. Lihat Detail Promo

Instalasi CMS Popoji

Ditulis oleh radan, dipublikasi pada 31 Dec 2015 dalam kategori Tutorial
Instalasi CMS Popoji - CodePolitan.com

Oke para pembaca sekalian. Ini adalah tutorial pertama yang membahas tentang CMS Popoji. Mungkin dari pembaca sekalian masih ada yang belum mengenal CMS ini. Maka dari itu saya akan memperkenalkan CMS ini terlebih dahulu

CMS Popoji adalah salah satu CMS buatan dalam negeri yang default penggunaanya untuk keperluan bloging. Popoji juga adalah CMS semi OOP yang cukup fleksibel untuk kita jadikan bahan latihan. Karena cukup fleksibel maka CMS ini bisa di kembangkan untuk kebutuhan lainnya seperti toko online, website sekolah dan sebagainya.

Dokumentasi tentang CMS ini mungkin belum sebanyak CMS terkenal seperti Wordpress maupun Joomla. Namun bukan berarti CMS ini tidak powerful. Struktur kode pada CMS Popoji masih sederhana sehingga kita yang baru belajar pemograman akan dengan mudah memahami bagaimana sebuah sistem CMS bekerja. Tentunya menjadikan bahan latihan yang pas untuk pemula dibandingkan CMS lain yang sudah rumit struktur kodenya.

Pada tutorial kali ini saya akan mengajak Anda untuk menginstal CMS popoji. Diharapkan setelah Anda bisa mempraktikan dengan lancar apa yang di bahas pada penjelasan ini, Anda akan bisa menerapkan pada sistem lain yang mungkin jauh lebih kompleks.

Penjelasan ini meliputi pembahasan fitur-fitur tambahan yang akan diterapkan pada CMS Popoji. Saya akan memandu Anda mulai dari tahap instalasi sampai penerapan fitur yang paling menarik. Yuk kita bersenang-senang menikmati indahnya membuat website dengan CMS Popoji. :)

Versi CMS Popoji yang saya gunakan adalah versi 1.3.0. Anda dapat menngunduhnya langsung pada website www.popojicms.org.

Cara menginstall PopojiCMS hampir sama dengan CMS lainnya. kalau Anda sudah familiar dengan berbagai CMS sebelumnya maka tidaklah sulit untuk melakukan penginstallan ini. Untuk lebih jelasnya perhatikan langkah-langkah penginstallan berikut

Pertama-tama buat sebuah folder baru dengan nama popoji pada direktori htdocs

1

Silahkan copy file zip popojicms.v.1.3.0 ke folder popoji di htdocs, setelah  itu klik kanan file lalu pilih ekstrak here.Lalu akan keluar folder hasil ekstrak. Silahkan ubah nama folder hasil ekstrak tadi menjadi ppopoji. Didalam folder tersebut terdapat  file-file utama dari CMS popoji, sekarang kita beralih untuk pembuatan database baru.

Persiapkan database baru yang nantinya akan diisi dalam proses penginstallan. Untuk pembuatan database buka browser lalu ketik pada bagian address bar localhost/phpmyadmin. Setelah terbuka halaman phpmyadmin, klik tab Basis  data, perhatikan gambar berikut:

2

Setelah itu akan keluar form pengisian database baru, silahkan isi formnya seperti gambar berikut:

3

Setelah diisi klik tombol buat. Jika berhasil maka database akan muncul dalam daftar dibawahnya.

4

Selanjutnya buka tab baru di browser Anda dan masukkan http://localhost/popoji lalu tekan enter. Akan muncul tampilan berikut:

5

Klik tombol Mulai Proses Penginstalan untuk memulai proses penginstallan. Akan keluar halaman Patch Check sebagai berikut:

6

Patch akan secara otomatis terbentuk. Disini silahkan Anda pastikan apakah site URL dan directory Root sudah sesuai dengan lokasi file instalasi popoji di localhost. Jika Paths Check untuk Site URL dan Directory root sudah benar maka tekan tombol Next untuk melanjutkan.

7

Pada langkah selanjutnya Anda diminta untuk mengisikan informasi mengenai koneksi ke database. Silahkan masukkan data-data dengan lengkap dan benar, yang paling penting disini adalah :

SQL file (jika tertulis found, maka jangan diubah biarkan saja begitu),

Database host name (nama host dari mysql, isi dengan localhost),

Database name (nama database yang dibuat pada langkah ke-2 tadi, yaitu popoji),

Database user (nama database user mysql, isi dengan root),

Database password (password database mysql, karena kita pakai xammp, maka kosongkan saja),

Selebihnya Anda biarkan kosong saja, kecuali jika hosting Anda memerlukan "database host port number" maka isilah kolom tersebut.

Jika inputannya sudah benar maka tekan tombol Next untuk melanjutkan ke tahap berikutnya.

Jika tidak terdapat error maka Anda akan menjumpai tampilan seperti di bawah ini.

8

Tetapi jika terdapat error maka pengaturan yang diinputkan tadi data-datanya belum benar. Silahkan memperbaikinya dan setelah itu tekan tombol NEXT kembali.

9

Silahkan melengkapi data isian untuk Configuration, mulai dari Site Title, Site Description, Site e-mail, Site Username dan Site Password (harus lebih dari 6 karakter), kemudian tekan tombol next untuk melanjutkan.

10

Jika melihat tulisan “Proses penginstalan sudah selesai.” maka tekan tombol FINISH untuk mengakhiri proses penginstallan.

11

Kemudian Anda akan melihat pesan "Anda telah berhasil menginstall PopojiCMS silahkan remove 'po-install' directory", silahkan untuk menghapus folder po-install yang ada pada direktori web PopojiCMS Anda, untuk bisa menggunakan PopojiCMS yg telah diinstall tadi.

12

Setelah folder po-install dihapus silahkan melakukan refresh pada halaman tadi atau bisa mengetikan alamat seperti pada langkah ke-3 tadi, maka PopojiCMS siap untuk digunakan.

Berikut adalah tampilan default dari CMS Popoji.

13

ntuk masuk ke admin silahkan menambahkan po-admin pada akhir URL, contoh http://localhost/popojicms/po-admin, kemudian Anda akan menjumpai tampilan seperti ini :

14

Pertama Masukan Username sesuai dengan yang Anda inputkan di langkah ke-7 tadi untuk login. Jika username benar, maka secara otomatis akan muncul field password. Yup, masukan password sesuai yang Anda inputkan pada langkah ke-tujuh. Berikut tampilan setelah berhasil login.

15



Berlangganan Informasi CodePolitan Melalui Email

Jangan sampai kamu melewatkan informasi penting tentang pemrograman dan teknologi! Kamu bisa berlangganan Newsletter CodePolitan dengan cara mengisi formulir di samping.

Banner foot-promo-update is not found.