Uangku, Aplikasi Pencatat Transaksi Keuangan Pribadi

Ditulis oleh Lord Voldemort, dipublikasi pada 28 Sep 2015 dalam kategori Review KaryaLokal
Uangku, Aplikasi Pencatat Transaksi Keuangan Pribadi - CodePolitan.com

Tak dapat disangkal bahwa setiap hari kita selalu mengeluarkan uang, baik itu untuk memenuhi kebutuhan primer atau sekedar untuk jajan es doger. Terkadang kita tidak sadar membelanjakan begitu banyak uang untuk sesuatu yang sebetulnya tidak kita butuhkan, bahkan disaat dompet isinya pas-pasan. Oleh karena itu, kita perlu mencatat setiap pemasukan dan pengeluaran kita sehari-hari agar kita tahu kapan waktu yang tepat untuk membelanjakan uang kita.

Mencatat transaksi keuangan pribadi kedalam buku kas mungkin terlalu merepotkan. Apalagi untuk membawa-bawa buku kas kemanapun kita pergi, sangat merepotkan. Namun bagaimana apabila kita bisa mencatat transaksi keuangan sehari-hari melalui perangkat smartphone Android yang sudah kita miliki? Yuk kita mengenal UangKu, aplikasi pencatat transaksi keuangan pribadi di smartphone Android.

[caption id="" align="aligncenter" width="341"] UangKu[/caption]

UangKu merupakan aplikasi pencatat keuangan pribadi di smartphone Android yang dikembangkan oleh perusahaan IT asal Kab. Bandung, Jawa Barat bernama Orbit Dev Team (ODT) Indonesia. Meski berusia muda, ODT Indonesia telah cukup banyak menelurkan aplikasi-aplikasi berkualitas dan mampu menyabet berbagai penghargaan.

[caption id="" align="alignnone" width="930"] Tim ODT Indonesia[/caption]

Aplikasi UangKu saat ini hanya tersedia bagi pengguna Android dan bisa diunduh secara gratis melalui Google Play. UangKu berukuran cukup kecil, kurang dari 10MB dan membutuhkan Android versi 4.0 ke atas (Ice Cream Sandwich). Saat ini UangKu telah diunduh lebih dari seribu pengguna dan memperoleh rating rata-rata 4.2.

[caption id="attachment_5842" align="aligncenter" width="594"]Review UangKu di Google Play Review UangKu di Google Play[/caption]

Saat dibuka, UangKu akan membawa penggunanya kehalaman awal. Halaman awal ini akan menunjukkan nama, jumlah uang yang kita miliki, serta jumlah pemasukkan dan pengeluaran pada hari ini. Untuk mencatat pemasukkan maupun pengeluaran, kita cukup menambahkannya melalui halaman awal dengan menyentuh tombol "+".

[caption id="attachment_5843" align="aligncenter" width="338"]Halaman awall Halaman awal[/caption]

Dihalaman selanjutnya yaitu Add New, kita dapat mencatat besarnya pemasukkan maupun pengeluaran disertai keterangan untuk apa transaksi tersebut dilakukan.

[caption id="attachment_5844" align="aligncenter" width="338"]Halaman Add New Halaman Add New[/caption]

Jenis pemasukkan atau pengeluaran dapat dipilih melalui menu Category. Jangan salah untuk memilih jenis transaksi. Untuk pemasukkan, kita dapat memilih salah satu dari empat kategori dibagian Income. Pengeluaran pun memiliki empat kategori yang dapat kita pilih untuk mencatat jenis pengeluaran kita di bagian Expense. Kategori pada bagian Income terdiri atas Gaji, Laba Usaha, Hadiah, dan Lain-lain. Sedangkan untuk kategori expense atau pengeluaran terdapat pilihan Belanja, Makan & Minum, Kesehatan, dan Lain-lain.

[caption id="attachment_5845" align="aligncenter" width="338"]Kategori Income Kategori Income[/caption]

[caption id="attachment_5846" align="aligncenter" width="338"]Kategori Expense Kategori Expense[/caption]

Selain kategori kita juga dapat mengatur pada tanggal berapa transaksi tersebut dilakukan. Jika menambah transaksi melalui halaman awal, maka secara otomatis UangKu akan mengaturnya ke tanggal hari ini. Agar transaksi lebih lengkap, UangKu juga memiliki fitur untuk mencatat waktu transaksi dilakukan.

[caption id="attachment_5847" align="aligncenter" width="338"]Pengaturan tanggal Pengaturan tanggal[/caption]

[caption id="attachment_5848" align="aligncenter" width="338"]Pengaturan Waktu Pengaturan waktu[/caption]

Untuk memberikan review pengeluaran serta pemasukkan yang telah dilakukan pada bulan tertentu, UangKu memiliki menu Statistic. Menu ini akan menunjukkan pengeluaran dan pemasukkan melalui chart melingkar yang menarik. Contoh di bawah ini merupakan contoh yang kurang baik, dimana pengeluaran jauh lebih banyak dari pemasukkan.

[caption id="attachment_5849" align="aligncenter" width="338"]Grafik pengeluaran dan pemasukkan Grafik pengeluaran dan pemasukkan[/caption]

Jika tidak ingin catatan keuangan dibaca oleh orang lain, UangKu memiliki fitur yang sangat bermanfaat, yaitu Lock UangKu. Dengan menggunakan fitur ini, UangKu akan meminta 4 digit password setiap kali dibuka. Dengan demikian, data keuangan kita aman dari segala macam gangguan.

[caption id="attachment_5850" align="aligncenter" width="338"]Aman Aman[/caption]

Dari sekian banyak keunggulan-keunggulan yang dimilikinya, UangKu masih memiliki beberapa kekurangan. Salah satu kekurangan yang harus ditanggulangi oleh ODT Indonesia adalah tidak adanya opsi untuk menambah kategori pengeluaran atau pemasukkan. Memang dibagian Income maupun Expense terdapat pilihan Lain-lain. Namun akan lebih baik apabila user dapat menambah sendiri jenis pemasukkan atau pengeluaran. Contohnya menambahkan pilihan Sekolah, Buku, Transportasi, dll. Apabila memiliki pilihan yang lengkap tentu nantinya saat pengguna akan mengekspor rekapitulasi transaksi, transaksi pengeluaran maupun pemasukkan yang dicetak akan lebih jelas untuk apa tujuannya. Fitur ekspor sendiri masih belum tersedia di UangKu.

Tim pengembang aplikasi UangKu dari ODT Indonesia patut diancungi jempol untuk mengembangkan aplikasi pencatat transaksi keuangan pribadi yang lengkap, menarik, dan mudah untuk digunakan. Fitur-fitur UangKu sangat sayang untuk anda lewatkan. UangKu akan sangat membantu penggunanya dalam mencatat transaksi keuangan tanpa perlu membawa-bawa buku kas yang tebal, cukup mencatatnya melalui aplikasi smartphone Android UangKu.

Unduh UangKu di GooglePlay

(bas)

 



Berlangganan Informasi CodePolitan Melalui Email

Jangan sampai kamu melewatkan informasi penting tentang pemrograman dan teknologi! Kamu bisa berlangganan Newsletter CodePolitan dengan cara mengisi formulir di samping.