Wikipedia: Sebuah Kisah Kolaborasi

Wikipedia adalah ensiklopedia yang tersedia secara gratis, online, dapat ditambah maupun diperbarui oleh penggunanya. Banyak hal telah terjadi pada Wikipedia selama bertahun-tahun. Ia sudah menjadi sebuah contoh sebagai sarana pendidikan abad 21, kekuatan yang netral dengan materi yang datang melalui crowd-sourced.

Sejarah Wikipedia dimulai oleh salah seorang co-founder-nya, Jimmy Wales (dikomunitasnya dikenal dengan nama Jimbo) pada tanggal 16 Januari 2001. Meski hanya sebuah "Hello, World!" saat itu, namun Wikipedua sudah menjadi hasil kerja keras bertahun-tahun.

Pada tahun 1999, Wals tinggal di San Diego setelah membantu membangun sebuah portal pencarian online bernama Bomis. Pada waktu itu Wales sudah memiliki ide ensiklopedia berbasis web yang gratis. Meski dia masih belum jelas apa yang nanti akan dia buat, namun ada dua hal yang Ia tahu pasti. Pertama, ensiklopedia ini harus terbuka, gratis, dan tersedia di web yang terinspirasi dari gerakan free software. Yang kedua, proyek ini harus dipimpin oleh seorang filsuf, maka Ia menghubungi Larry Sanger.

Sanger adalah seorang mahasiswa pasca sarjana (belajar tentang filsafat), Dia dan Wales sudah cukup kenal cukup lama. Saat Sanger mendengarkan pemaparan dari Wales, Ia sangat bersemangat dengan ide ensiklopedia online. Ditahun 1990-an ensiklopedia sudah go digital, namun masih dalam bentuk CD-ROM. Produk ensiklopedia masa itu gagal menyambut perkembangan web yang sedang hangat-hangatnya. Namun Wales dan Sanger, keduanya paham akan potensi besarnya. Lewat sokongan Bonis, keduanya mulai membangun sebuah web bernama Nupedia. Diawal tahun 2000, mereka merilisnya.

Saat sudah terbayang akan bentuk website yang mereka buat, Sanger mengumpulkan sekelompok mahasiswa pasca sarjana dan akademisi sebagai kontributor ke proyek ini. Langkah pertama adalah membentuk dewan penasehat untuk kelompok ini dan melakukan proses pemeriksaan serta perbaikan untuk memastikan bahwa setiap artikel yang dipublikasikan di Nupedia memiliki kualitas tinggi. Mereka merumuskan sistem tujuh langkah yang mewajibkan setiap artikel yang masuk ke Nupedia agar direviu oleh beberapa ahli sebelum dirilis.

Prinsip pertama Sanger adalah akurasi. Semua orang dapat mengakses kontennya secara gratis, bahkan ikut berpartisipasi dalam diskusi tentang konten tersebut. Namun kontributor ahli lah yang menjadi ujung tombak situs. Artikel Nupedia berkualitas amat tinggi karena ditulis oleh para ahli, namun tidak dapat dibuat dengan cepat. Setelah kerja keras selama satu tahun, Nupedia memiliki kurang dari dua lusin artikel.

Untuk web yang saat itu masih seumur jagung, Nupedia merupakan ide yang amat cemerlang. Meski tidak semua anggota dapat mengirimkan artikel resmi, sekitar 2.000 orang telah bergabung dengan mailing list Nupedia dan mulai membantu sebisa mereka. Mailing list ini akhirnya penuh dengan ide-ide baru dan diskusi seputar konten.

Pada saat itu lah Sanger dan Wales diperkenalkan dengan wiki. Wiki adalah website yang semua orang termasuk pengunjung dapat mengubah dan memodifikasi konten. Oleh karena itu, konten wiki akan selalu berevolusi berkat kontribusi dari pengguna website. Software-nya juga mudah untuk disiapkan.

Pada tanggal 10 Januari 2001, Sanger mempresentasikan ide untuk membuat sebuah wiki ke mailing list Nupedia. Dalam pikiran Sanger, wiki ini akan menjadi "feeder" bagi artikel baru yang menarik. Wiki ini akan terbuka bagi seluruh pengguna dengan harapan mereka dapat langsung berkontribusi dalam penulisan draf dan pokok-pokok tulisan. Situs ini akan menjadi sebuah sumur konten bagi ahli Nupedia, konten yang diambil dapat direvisi, ditulis ulang bahkan dipublikasikan sebagai artikel resmi Nupedia.

Sebagian besar komunitas setuju. Nupedia memiliki pengguna yang meskipun tidak besar namun berdedikasi. Mereka ingin langsung membantu membuat konten asli bagi Nupedia. Wiki ini lah yang akan mengijinkan mereka untuk mencapai tujuannya. Maka, dihari yang sama, Sanger menyiapkan prototipe sebuah wiki di nupedia.com.

Dalam beberapa hari, Sanger dan Wales dapat melihat kepopuleran wiki ini. Pengguna datang berbondong-bondong dan mulai membuat konten baru dengan amat cepat. Beberapa kontributor Nupedia merasa wiki ini dapat menghalangi kerja yang mereka lakukan sehingga Wales membeli domain baru Wikipedia.com (domain .com disiapkan jika suatu saat mereka ingin menjual iklan) dan Sanger memindahkan wiki ke domain yang baru. Hari itu tanggal 15 Januari, hanya 5 hari setelah prototipe pertama disiapkan. Esok harinya, Wales merilis perubahan pertama yang Ia lakukan di Wikipedia.

Setelah lima belas hari, 600 artikel baru telah ditulis.

Kesuksesan wikipedia sebagian karena situs ini adalah sebuah wiki namun disaat yang bersamaan dia juga bukan benar-benar sebuah wiki. Software yang dipakai memang sebuah wiki namun komunitasnya sudah membuat norma sosial, konvensi serta aturan-aturan tertulis tentang bagaimana wiki ini bekerja. Wikipedia mengadopsi beberapa konvensi seperti meta discussion page, namun juga membuang banyak konvensi lainnya. Apabila sebagian besar wiki lain memulai sebuah halaman sebagai thread diskusi sebelum draf dikirimkan, maka Wikipedia akan dimulai lewat draf setengah jadi yang dinamakan "stub".

Hanya dalam 6 bulan Wikipedia sudah mengumpulkan 6.000 artikel yang tersedia bagi beberapa bahasa. Perhatian Wales dan Sanger akhirnya berpindah dari Nupedia ke Wikipedia berkat kemajuan ini. Situs ini menerima gelombang popularitas yang sangat besar. Semakin banyak artikel yang diindeks oleh Google atau ada artikel baru yang muncul di Slashdot, pengunjung akan datang.

Semua bagian Wikipedia termasuk desain, server dan tentu saja kontennya sebagian dikelola oleh relawan. Bahkan aturan-aturan Wikipedia dikelola oleh penggunanya. Diawal, Wales dan Sanger menulis panduan dasarnya dan membiarkan panduan ini berkembang. Aturan tak tertulis yang paling penting adalah semua orang diperbolehkan untuk berkontribuis selama mereka tidak merusak konten. Untuk menjaga perbedaan pandangan dari topik yang kontroversial, artikel Wikipedia tidak memihak. Artikel dapat merepresentasikan keterpihakan, namun tidak dapat mengambil pandangan dari sisi editorial. Konsep ini dinamakan "Neutral Point of View".

Aturan dan ritual lainnya dibuat seiring dengan berjalannya waktu. Hirarki paling atas selalu dipegang oleh Wales, seperti seorang Monarki yang memegang kuasa penuh. Dibawahnya adalah sekelompok administrator yang mengontrol konten website, software dan pengguna. Perselisihan menjadi hal yang dalam lumrah dalam diskusi artikel, sehingga komite khusus disiapkan untuk menengahi para editor. Tambahan server dibutuhkan untuk memenuhi arus pengunjung yang terus naik sehingga sebuah tim server dibentuk untuk membantu mengelolanya. Bahkan situs ini dibiayai oleh donasi.

Perusahaan utama yang memegang Wikipedia dibentuk tak lama kemudian sebagai organisasi non-profit untuk mencegah bias dari pihak luar. Akan tetapi proyek ini tidak dapat menghasilkan banyak uang sehingga pada tahun 2002, setahun setelah proyek dimulai, Sanger pergi. Saat Ia pergi, sudah ada sekitar 20.000 artikel di Wikipedia yang tersedia dalam berbagai bahasa. Kini, pada tahun 2017, sudah ada lebih dari 5.5 juta artikel.

The Encyclopedia Britannica telah ada selama 250 tahun. The World Book Encyclopedia sudah lebih dari 100 tahun. Wikipedia baru berumur sekitar 15 tahunan namun jumlah dan kedalaman kontennya jauh mengalahkan para kompetitor. Penulis sendiri selalu menganggap Wikipedia sebagai situs unik yang dibuat hanya untuk web.

Sumber: Wikipedia: The Story of Collective Knowledge

Dilihat 1913 kali

Is this helpful?

Share This Post