WinJS, Membuat Aplikasi Windows Store dengan HTML, CSS, dan JavaScript

Ingin membuat aplikasi Windows tetapi hanya bisa koding dengan HTML, CSS, dan JavaScript? Sekarang kita tak perlu risau. Selain dengan menggunakan NativeScript, ternyata Microsoft juga memiliki pustaka khusus untuk membuat aplikasi Windows hanya dengan HTML, CSS, dan JavaScript bernama WinJS.

WinJS menjanjikan tampilan dan performa yang konsisten pada setiap perangkat Windows. Dengan WinJS kita bisa menggunakan kontrol Windows UI dengan HTML seperti ListView, FlipView, dan Semantic Zoom. WinJS tak hanya bisa digunakan untuk membuat aplikasi Windows dengan HTML, CSS, dan JavaScript, namun juga bisa kita gunakan di website yang kita gunakan maupun digunakan bersama dengan teknologi lain seperti Apache Cordova.

Source code WinJS dapat kita temukan di GitHub. WinJS dapat kita coba juga melalui browser secara langsung di alamat http://try.buildwinjs.com/.

winjs1

Versi terbaru WinJS adalah versi 4.0.1 yang bisa kita unduh dihalaman GetWinJS. Meskipun belum begitu dikenal namun telah ada empat aplikasi yang diklaim menggunakan WinJS. Mereka adalah Music (aplikasi musik di Windows 8), Skype, Songza, dan Seattle Sounders FC. Ingin mencoba? Kunjungi halaman resimnya di WinJS.

 winjs2
(bas/winjs)

 

Dilihat kali

Is this helpful?

Share This Post