Programmer Inspiratif Pencipta SMADAV

Ditulis oleh Ahmad Oriza, dipublikasi pada 14 Aug 2014 dalam kategori Tokoh
Programmer Inspiratif Pencipta SMADAV - CodePolitan.com

Smadav boleh dibilang salah satu antivirus lokal paling terkenal di Indonesia. Menurut blog resmi nya, sampai sekarang sudah ada 800.000 komputer yang mengizinkan Smadav terpasang disana. Coba juga tengok halaman facebook resmi Smadav, sudah ada 1 juta lebih liker. Mungkin logo segitiga hijau ini, tidak lama lagi akan menguasai Indonesia :p .

(Sumber gambar: https://pbs.twimg.com/profile_images/444349776172027904/WSCPUebX.jpeg) Lalu siapakah orang dibalik Smadav ini? yap, Zainuddin Nafarin. Beliau bisa dibilang sebagai perintis atau pencipta Smadav. Pria kelahiran September 1990 ini adalah lulusan ilmu komputer di UGM. Pria yang biasa dipanggil Zai ini adalah penyuka metematika. Beliau pernah mengikuti Olimpiade Matematika dan sempat lolos hingga ke tingkat nasional. Yang tidak saya sangka ternyata beliau menciptakan Smadav ketika baru duduk di kelas 11 SMAN 2 Palangkaraya, pada tahun 2006. Berawal dari permintaan teman-temannya untuk membantu membersihkan virus-virus yang menggangu, akhirnya beliau termotivasi untuk membuat antivirus. Saat itu itulah SmadaAv mulai dikembangkan. Smadav sendiri dibuat dalam bahasa Visual Basic. Sampai sekarang SmadAv sendiri telah menelurkan Rev. 9.7 . Dalam pengembangannya beliau bekerja sama dengan tim yang merupakan sukarelawan yang berkumpul secara online, juga ada beberapa yang merupakan teman sesama developer di UGM. Mau tahu info terbaru dan berteman dengan tokoh inspiratif ini? mari tengok blog atau akun social medianya disini:




Berlangganan Informasi CodePolitan Melalui Email

Jangan sampai kamu melewatkan informasi penting tentang pemrograman dan teknologi! Kamu bisa berlangganan Newsletter CodePolitan dengan cara mengisi formulir di samping.