10 Framework Node.js paling banyak di download (Tahun 2014)

Ditulis oleh Ridwan Fajar, dipublikasi pada 19 Apr 2015 dalam kategori Info
10 Framework Node.js paling banyak di download (Tahun 2014) - CodePolitan.com

Node.js merupakan salah satu teknologi fenomenal dimana Javascript yang digunakan di web browser dimanfaatkan untuk menjadi sebuah bahasa yang dapat digunakan untuk membangun aplikasi web di sisi server. Node.js sendiri merupakan bahasa low level yang cukup sulit untuk digunakan jika ingin membangun aplikasi web.

Tapi kini, kemudahan untuk membangun aplikasi web berbasis Node.js sudah dipermudah dengan adanya berbagai web framework yang dibangun diatas Node.js. Sebut saja yang sudah sangat terkenal misalnya Express.js, sebuah web framework untuk Node.js yang dibangun oleh TJ Holowaychuk. Dengan adanya web framework masalah - masalah umum seperti URL routing, response output, request handling, autentikasi, dan lainnya dapat teratasi.

Berdasarkan data yang dimiliki NPM, berikut ini adalah peringkat beberapa web framework di tahun 2014:

[caption id="attachment_3913" align="aligncenter" width="600"]10 Web Framework Node.js paling banyak di download tahun 2014 (sumber: http://npm-stat.com) 10 Web Framework Node.js paling banyak di download tahun 2014 (sumber: http://npm-stat.com)[/caption]

[caption id="attachment_3912" align="aligncenter" width="600"]Jumlah unduhan 10 Web Framework Node.js terpopuler dari tahun berdiri hingga tahun 2014 (sumber: http://npm-stat.com) Jumlah unduhan 10 Web Framework Node.js terpopuler dari tahun berdiri hingga tahun 2014 (sumber: http://npm-stat.com)[/caption]

Semoga dengan adanya peringkat diatas dapat membantu Anda memilih web framework yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

(rfs/npm)



Berlangganan Informasi CodePolitan Melalui Email

Jangan sampai kamu melewatkan informasi penting tentang pemrograman dan teknologi! Kamu bisa berlangganan Newsletter CodePolitan dengan cara mengisi formulir di samping.

Ingin belajar coding lebih terstruktur? Gabung kelas online CodePolitan sekarang!