10 Game Engine Java untuk Membuat Aplikasi Game Android

Pangsa pasar game android kini sedang naik daun. Dan banyak pengembang game dari berbagai negara mencoba peruntungan dengan memasarkan gamenya pada playstore. Tak hanya game dengan graphic bagus yang digemari, dengan graphic game yang pas-pasan pun banyak yang melejit seperti Flappy Bird.

Namun dalam mengembangkan sebuah game kadang membutuhkan waktu yang cukup banyak. Dan ada yang menganggap bahwa pengembangan game dengan Java relatif lebih berat ketimbang bahasa pemrograman lainnya. Apalagi jika mengembangkan game tanpa game engine.

Game engine merupakan framework yang didesain untuk membuat dan mengembangkan games. Layaknya pada web, mereka juga punya API yang powerful dalam mempercepat pengembangan sebuah game. Sudah dipastikan jika mengembangkan game tanpa game engine, waktu yang dibutuhkan pun lebih lama.

Biaya juga kadang menjadi kendala saat mengembangkan game jika pembaca menggunakan game engine berbayar. Dengan kata lain, perlu game engine yang open source dan free. Namun kendala tersebut, bisa diatasi dengan 10 game engine java yang open source untuk android berikut:

1. Ardor3D

Ardor3D merupakan game engine open source berbasis Java dan didukung dengan OpenGL. Dengan menggunakan game engine ini, pembaca akan lebih mudah membuat game 3D android.

2. Android GL Engine (ANGLE)

anglelogo

ANGLE merupakan game engine open source berbasis Java, dan penggunaannya lebih fokus dalam pengembangan game 2D. Dengan dukungan OpenGL ES dan seri tutorial yang didokumentasikan lengkap dapat mempercepat pembaca dalam mengembangkan game 2D android.

3. Box2D

Box2D dikembangkan dengan C++ dan berlisensi open source. Game engine ini berbasis Java dan bisa membantu pembaca dalam membuat game yang berbasis physic layaknya game Angry Birds. Dengan dukungan seri tutorial dan dokumentasi manual yang disediakan akan lebih mudah memahami API yang diberikan. Jika pembaca kesulitan, mereka juga menyediakan forum untuk membahas isu pada game engine ini.

4. AndEngine

AndEngine merupakan game engine open source berbasis Java. Juga didukung dengan OpenGL yang digunakan untuk membuat game 2D android. Game engine ini telah banyak digunakan pada banyak game seperti Save The Earth, Xelorians, Man vs Mosquito dan masih banyak yang lainnya. Jika pembaca kebingungan memahami APInya, pembaca akan dibantu dengan blog dan forum yang tersedia.

5. AllBinary Platform

AllBinary Platform adalah game engine open source berbasis Java. Dan didukung OpenGL ES yang dapat digunakan untuk pengembangan game 3D android. Contoh game android yang menggunakan game engine ini adalah ZeptoRacer 3D.

6. Loon

Loon juga dikenal dengan LGame merupakan game engine open source berbasis Java yang fokus digunakan untuk pengembangan game 2D android. Terdapat banyak sample game yang bisa pembaca unduh dan pelajari.

7. JPCT-AE

Jika pembaca belum familiar dengan JPCT, pembaca harus mengetahuinya. JPCT-AE merupakan game engine open source berbasis Java yang digunakan pengembangan game 3D android dan juga mampu melakukan porting JPCT ke android. APInya juga mudah dipelajari, juga game engine ini mendukung OpenGL.

8. Cocos2D

cocos2d

Selain untuk iPhone, Cocos2D juga mempunyai versi untuk Android. Game engine open source ini berbasis Java dan bagus untuk pengembangan game 2D android. API yang digunakan juga sama dengan apa yang ada pada iPhone.

9. Catcake

catcake_motion

Catcake merupakan game engine open source berbasis Java yang digunakan untuk pengembangan game 3D. Mudah digunakan, performa tinggi, juga didukung dengan fitur animation, input deice handling, sound playing. Dan gamenya pun bisa cross platform juga.

10. LibGDX

LibGDX merupakan game engine open source berbasis Java yang digunakan untuk pengembangan game java maupun android berbasis OpenGL ES. Game engine ini juga cross platform, game engine juga cocok untuk pengembangan game 2D maupun 3D android.

Mengembangkan game tidaklah sulit jika menggunakan game engine. Dengan 10 Game engine Java untuk android ini, semoga dapat mempercepat dan mempermudah pengembangan game android 2D maupun 3D. Semoga tambah menyenangkan yah bikin gamenya.

CodePolitan Developer School

Saat ini CodePolitan mengadakan program pelatihan belajar coding intensif merupakan Solusi belajar pemrograman Basic Android yang berorientasi pada kebutuhan industri selama satu minggu secara tatap muka dengan bimbingan mentor berpengalaman yang dilengkapi dengan fasilitas asrama selama belajar.

Benefit apa yang bisa kamu dapatkan dari CodePolitan Developer School?

  • Belajar Intensif selama seminggu dan dibimbing mentor berpengalaman
  • Program Karantina untuk mendapatkan hasil yang maksimal
  • Kurikulum belajar disusun sesuai dengan kebutuhan industri
  • Modul belajar dari Google Android Developer Fundamentals
  • Konsultasi Belajar dengan mentor setelah program
  • Mendapatkan kemampuan basic sebagai pondasi menjadi Android Developer

Yuk gabung dengan CodePolitan Developer School buat aplikasi Androidmu dalam 1 minggu dan mulai karirmu sebagai Android Developer dengan mendapatkan semua manfaat di atas :)

(yp/efytimes/ntt)

Dilihat 6548 kali

Is this helpful?

Share This Post