15 Library Android yang Patut Kamu Coba di 2018

Pembuatan aplikasi Android memerlukan proses yang panjang dan bisa memakan waktu. Untuk membantu mengefisienkan waktu, penggunaan library tambahan sangat disarankan. Library-library ini biasanya sudah memiliki fitur-fitur siap pakai yang tidak perlu lagi kita buat dari nol. Kebanyakan libarary juga telah diuji kehandalannya sehingga bisa mencegah munculnya bug-bug yang tidak terduga. Berikut ini 15 library Android menarik yang patut dicoba di tahun 2018.

1. Transitioner

Transitioner adalah library untuk mempermudah pembuatan animasi yang dinamis antara dua views dengan nested children. Library ini ditulis dalam bahasa Kotlin 100% dengan dokumentasi yang lengkap.

img

2. CalendarPicker

Satu lagi library untuk mengambil tanggal. CalendarPicker bisa memberikan pilihan tanggal yang lengkap dan bisa diatur sedemikian rupa. Kita bisa mengatur bahasa, ukuran teks, juga warna yang dipakai.

img

3. RecyclerViewCardGallery

RecyclerViewCardGallery adalah pustaka yang memungkinkan kita untuk menampilkan gallery dalam bentuk CardView yang bisa di swipe menggunakan RecyclerView.

img

4. FancyToast-Android

Pustaka ini mempercantik tampilan pesan Toast di Android. Dengan opsi standar yang telah tersedia kita bisa menampilkan pesan error, success, warning, atau info. Kita juga bisa membuat custom toast jika opsi standar tidak memenuhi kebutuhan.

img

5. Android-Indefinite-Pager-Indicator

Library ini memungkinkan membuat indikator indefinite pager untuk RecyclerView dan ViewPager. Dokumentasinya cukup lengkap dengan contoh aplikasi dan pilihan kostumisasi dot. Minimal SDK untuk menggunakannya adalah API Level 16.

img

6. TicketView

Library ini memberikan kita sebuah view tambahan bernama TicketView. TicketView menawarkan 3 tipe sudut, normal, rounded, dan scallop. Cocok untuk dipakai aplikasi yang menampilkan komponen di tiket.

img

7. ExpansionPanel

Pustaka ini mengimplementasi komponen Expansion panels dari Material Design guidelines untuk aplikasi Android. Panduan dan contoh penggunaan cukup lengkap di halaman Githu-nya.

img

8. Hyperlog-Android

Library ini membantu kita untuk mencatat pesan Log Android, menyimpannya ke dalam database lalu mengirimkannya ke server remote untuk debugging.

img

9. FloatWindow

Library ini membantu membuat sebuah "Floating Window" yang akan tampil melayang di atas semua Activity. Pada gambar di bawah, "Floating Window" tersebut bisa berupa sebuah Floating Action Button:

img

10. PRDownloader

Library ini adalah library untuk melakukan download file di Andorid dengan fitur pause dan resume. Jenis file yang bisa di-download antara lain gambar, video, pdf, apk, dsb.

img

11. CoordinatorTabLayout

Library ini mempercepat pembuatan CoordinatorLayout dan TabLayout sehingga kita tidak pelru menuliskannya secara manual cukup menggunakan kelas CoordinatorTabLayout kita sudah mendapatkan semua yang dibutuhkan untuk dipakai bersama dengan sebuah ViewPager.

img

12. ShimmerRecyclerView

ShimmerRecylerView adalah implementasi RecyclerView dengan sebuah shimmer view untuk mengindikasikan bahwa prose loading sedang terjadi. RecyclerView-nya juga memiliki adapter bawaan yang bisa mengontrol tampilan shimmer.

img

13. Spruce Android Animation Library

Spruce adalah library animasi yang ringan untuk membantu menampilkan tampilan loading seperti halnya ShimmerRecyclerView.

img

14. MaterialStepperView

LIbrary ini adalah implementasi Stepper dari Material Design Component. Umumnya dipakai untuk meminta input data dalam bentuk vertical stepper view seperti pada gambar di bawah:

img

15. VegaLayoutManager

Library ini adalah custom LayoutManager untuk menampilkan efek fade dan shrink pada itemView paling atas saat melakukan scrolling di recyclerView.

img

Dilihat kali

Is this helpful?

Share This Post