3 Plugin Searchable Select/Dropdown Untuk jQuery

Untuk data yang kecil, elemen select HTML sudah mencukupi untuk memberikan pilihan opsi bagi user dalam memilih data. Tapi, saat data yang akan ditampilkan cukup banyak, maka kita perlu membuat agar user dapat mencari data yang mereka inginkan di dalam elemen select tersebut. Beruntung, jQuery memiliki banyak plugin yang memudahkan kita dalam membuat element select menjadi searchable. Berikut plugin-plugin yang bisa pembaca pakai.

Chosen

Plugin Chosen mengubah style select dengan menambahkan fitur pencarian, multiple element selection, dan highlighting. Chosen memberikan dukungan untuk browser desktop hingga Internet Explorer 8.

Select2

Select2 merupakan plugin jQuery sebagai pengganti element select. Ia tidak hanya mengubah tampilan elemen select tapi juga memiliki banyak fitur tambahan seperti:

  • Single select element
  • Multi-select element
  • Sortable/filterable search field
  • Load data from remote source
  • Tagging support

Select2 dapat dipakai di hampir semua browser seperti IE 8+, Chrome 8+, Firefox 10+, Safari 3+, dan Opera 10.6+. Karena kepopulerannya, select2 juga memiliki plugin integrasi ke beberapa web framework seperti Django, Meteor, Ruby on Rails, Wicket, dan Yii 2.

Selectize

Selectize merupakan plugin jQuery yang tidak hanya memberikan tampilan select yang menarik tapi juga fitur tambahan lain yang berguna seperti tagging, remote data binding dan dynamic dropdown.

Selectize sangat developer focused dimana kita diberikan kebebasan untuk mengatur bagaimana kita ingin dropdown untuk bekerja.

Penutup

Demikianlah informasi tiga plugin jQuery yang berguna untuk membuat searchable select/dropdown yang bisa pembaca gunakan di project-nya masing-masing. Semoga sedikit informasi ini bermanfaat.

Sumber: sitepoint.com

Dilihat kali

Is this helpful?

Share This Post