3 Topik Besar Indonesia Developer Summit

Di akhir tahun 2017 ini, CodePolitan dan Refactory berencana untuk kolaborasi membuat sebuah event besar bertajuk Indonesia Developer Summit (DevSummit). Info awal Indonesia Developer Summit kamu bisa dapatkan di artikel Indonesia Developer Summit, Hajatan Developer Indonesia di Akhir Tahun 2017.

Pada event besar ini setidaknya ada 3 topik besar yang akan diangkat melalui conference di Indonesia Developer Summit. 3 topik tersebut akan dibagi pada tiga hari pelaksanaan event yang akan diselenggarakan pada tanggal 21-23 November 2017 berlokasi di Bandung Jawa Barat.

3 topik besar tersebut adalah Artificial Intelligence, Blockchain, dan Open Source. Pada artikel ini kita coba akan bahas sekilas agar memberikan gambaran dasar kepada para pembaca CodePolitan tentang konferensi yang akan diadakan oleh Indonesia Developer Summit. Tentunya topik-topik yang diangkat merupakan topik yang sedang happening di dunia teknologi saat ini.

Artificial Intelligence

Perkembangan Artificial Intelligence di Indonesia terus bertumbuh. Dimulai dengan ramainya pengembangan chatbot yang didalamnya terdapat unsur deep learning yang merupakan salah satu unsur dari Artificial Intelligence.

Artificial Intelligence menurut wikipedia bisa disebut juga kecerdasan mesin, merupakan kecerdasan yang dihasilkan oleh mesin itu sendiri, dimana mesin memiliki kemampuan untuk meniru kecerdasan perilaku manusia dan merupakan bagian dari ilmu komputer.

Mungkin kamu tertarik untuk mencari tahu lebih lanjut mengenai Artificial Intelligence, AI LUNA bisa memberi gambaran mengenai sudah sejauh mana perkembangan AI.

Pada event Indonesia Developer Summit nanti, selama sehari penuh di hari pertama kita akan mengupas tuntas apa itu Artificial Intelligence, bagaimana perkembangannya serta mengapa hal ini akan menjadi sesuatu yang besar di masa depan. Nggak tanggung-tanggung, nanti kita akan langsung belajar tentang AI ini dari para speaker internasional yang akan mengisi di acara DevSummit. Jangan sampai kelewatan kesempatan emas ini.

Blockchain

Ada yang sudah pernah mendengar mata uang cryptocurrency? Sekalipun pembahasannya sepertinya membahas tentang uang yang dekat dengan sisi ekonomi namun dibalik itu semua, Cryptocurrency dalam dunia teknologi tidak diragukan lagi kedekatan kaitannya.

Blockchain merupakan teknologi dibalik cryptocurrency yang awal mula konsepnya disebarkan oleh Satoshi Nakamoto pada 2008 yang di implementasikannya pada mata uang digital yang mungkin sudah kita kenal yaitu BitCoin.

Blockchain seperti namanya yang terdiri dari block (blok) dan chain (rantai) wikipedia merupakan daftar catatan yang terus berkembang, terhubung dan diamankan dengan kriptografi. Setiap blok biasanya berisi pointer hash sebagai penghubung ke blok sebelumnya.

Dengan menggunakan konsep blockchain secara inheren tahan terhadap modifikasi data. Blockchain dapat berfungsi sebagai "buku besar terbuka dan terdistribusi" yang dapat merekam transaksi antara dua pihak secara efisien dan dengan cara yang dapat diverifikasi dan permanen.

Menarik memang jika melihat cryptocurrency dengan konsep Blockchain dari sisi teknologi terlebih bagi programmer yang senang dengan jaringan dan keamanan dan bagaimana teknologi Blockchain memiliki kesempatan untuk merevolusi dunia fintech saat ini.

Open Source

Sebagai seorang programmer, Open Source tentu bukan merupakan sebuah istilah yang asing. Budaya saling berbagi merupakan budaya yang telah merekat erat pada jati diri seorang programmer.

Sebagai info saja yang belum lama terjadi, Microsoft yang selalu dimasukkan dalam kategori close source kini mulai memperbaiki hubungannya dengan komunitas Open source yang di gadang-gadang sebagai musuh bebuyutan.

Dapatkan insight seputar Open Soure langsung dari para penggiat Open Source kelas dunia dalam DevSummit hari ketiga. Dua nama besar yang bisa kamu simpan dalam memory yang akan menjadi keynote speaker antara lain Ariya Hidayat dan Alexander Makarov.

Sudah kebayangkan gimana bakal serunya acara DevSummit yang akan diselenggarakan oleh Refactory dan CodePolitan pada November mendatang di Sabuga Bandung? Pastikan kamu menjadi salah satu peserta dalam acara tahunan terbesar developer Indonesia, Indonesia Developer Summit. Info lengkap bisa kamu lihat di: Indonesia Developer Summit

Sumber gambar: Robohub, ethosvo.org, forbesimg.com

Dilihat 9 kali

Is this helpful?

Share This Post