5 Keunggulan SQLite

SQLite merupakan sistem manajemen database relasional yang dibangun dalam sebuah library bahasa pemrograman C. Berbeda dengan kebanyakan sistem manajemen database lainnya, SQLite bukanlah mesin database client-server melainkan berupa file tunggal atau beberapa file saja.

Ada banyak keunggulan yang dimiliki oleh SQLite dibanding database lainnya. Apa saja? Ini dia 5 keunggulan SQLite.

Mudah Dikelola

SQLite mudah dikelola karena SQLite merupakan file tunggal (atau beberapa file saja dengan tambahan log transaksi). Bila dibandingkan dengan database lainnya, SQLite juga tidak membutuhkan konfigurasi banyak. Selain itu, format filenya juga stabil di versi utama. Jadi, jika punya file database SQLite dari versi 3.0.0, pembaca tetap bisa membacanya dengan menggunakan SQLite terbaru 3.10.0. Jika pembaca ingin mengambil file database pada thumb drive, pembaca hanya perlu menyalin filenya saja.

Sangat Stabil

SQLite secara aktif dikembangkan oleh beberapa software engineer yang handal. Dalam waktu beberapa bulan, SQLite sering dirilis. Banyak fitur yang telah ditambahkan. Salah satunya fitur dukungan untuk data JSON melalui ekstensi json1. Selain itu, SQLite juga merilis versi perbaikan dari pencarian teks lengkap, yang meliputi hasil pemeringkatan dengan menggunakan algoritma BM25.

Selain menambahkan fitur baru, pengembang SQLite juga terus bekerja untuk meningkatkan performa SQLite. Dalam versi 3.8.11, SQLite menjadi dua kali lebih cepat dibanding versi 3.8.0 dan tiga kali lebih cepat dibanding versi 3.3.9

Meskipun banyak fitur yang sering ditambahkan, SQLite jarang menemukan bug didalamnya. Karena sebelum dirilis, SQLite di uji dengan pengujian yang cukup ketat.

Bisa Diperluas

SQLite juga bisa diperluas dengan ekstensi dan diintegrasikan dengan API. Salah satu contohnya adalah modul Python Pysqlite yang menjadi driver untuk SQLite. Ada juga modul Python Apsw yang menjadi driver alternatif SQLite. Modul Apsw menyediakan banyak API yang berguna untuk mendefinisikan fungsi kustom SQL, fungsi agregat, dan kolaborasi.

Sangat Cepat

SQLite sangat cepat jika berjalan pada lingkup yang sama sehingga tidak ada sumber daya tambahan seperti jaringan ketika menjalankan query maupun mengambil data. SQLite benar-benar fleksibel sehingga tidak membutuhkan protokol, serialisasi ataupun komunikasi melalui socket. SQLite juga bisa berjalan pada perangkat mobile, yang kini banyak dipakai di berbagai aplikasi Android.

Mode WAL

Mode WAL pertama kali diperkenalkan pada SQLite 3.7.0. Fitur ini berguna untuk mengatasi kongkurensi dimana aktivitas membaca dan menulis data bisa dilakukan secara bersamaan. Tanpa mode WAL, akan sangat sulit jika banyak menggunakan proses yang berkaitan dengan database.

SQLite merupakan mesin database yang unik, fleksibel dan mudah dikelola. SQLite juga bisa menjadi alternatif yang bagus untuk database dalam pengembangan perangkat lunak. Itulah dia SQLite dengan berbagai keunggulannya dan sebenarnya masih banyak keunggulan SQLite yang belum diulas. Apabila ada keunggulan SQLite lain, jangan sungkan untuk menambahkannya di kolom komentar dibawah ini. Selamat mencoba SQLite.

(yp/charlesleifer/sqlite)

Dilihat kali

Is this helpful?

Share This Post