FLASH SALE GAJIAN SERU!!! waktu tersisa untuk klaim DISKON HINGGA 50%. KLAIM PROMO
Lebih terarah belajar coding melalui Kelas Online dan Interactive Coding Lihat Materi Belajar

5 Layanan Git untuk Software Development

Ditulis oleh Ridwan Fajar, dipublikasi pada 04 Jun 2014 dalam kategori Info
5 Layanan Git untuk Software Development - CodePolitan.com

5 Layanan Git untuk Meningkatkan Software Development

Anda pernah mendengar seseorang yang bernama Linus Torvald? Beliau dikenal di dunia sebagai pencipta kernel Linux yang menjadi cikal bakal lahirnya sistem operasi free dan open source yang bernama GNU/Linux. Dulu saat kernel Linux dibangun, Linus Torvald mengandalkan layanan version control system (VCS) yang berbayar. Dikarenakan adanya keterbatasan pada VCS yang digunakan, Linus Torvald akhirnya membuat VCS yang diciptakannya dengan nama Git.

Git ini lahir dari dunia open source sehingga perkembangannya pesat karena banyak orang yang berkontribusi terhadap pengembangannya. Selain itu banyak perusahaan yang membuka jasa layanan hosting proyek perangkat lunak mereka dengan menggunakan Git sebagai VCS yang digunakan di layanan mereka.

1. Bitbucket

[caption id="attachment_606" align="aligncenter" width="350"]sumber: https://www.atlassian.com/company/press/resources sumber: https://www.atlassian.com/company/press/resources[/caption]

Bitbucket merupakan layanan Git yang dimiliki oleh Atlassian. Bitbucket memiliki beberapa fitur seperti: jumlah repository pribadi yang tak terbatas jumlahnya, Anda dapat melibatkan 5 orang dalam sebuah repository untuk versi gratis Bitbucket, Anda dapat menarik repository dari orang lain dan memberikan review, dapat menelaah kode sumber dengan source code insight, terdapat aplikasi desktop yang tersedia untuk Mac dan Windows, dan terdapat fitur lebih untuk Enterprise.

Jika Anda ingin menggunakan fitur berbayar dari Bitbucket, Anda dapat memilih paket yang disediakan dengan rentang $10 - $200 per bulan. Khusus untuk paket $200/bulan, Anda dapat melibatkan orang di dalam repository Anda tanpa terbatas. Sedangkan untuk paket lainnya setiap $1 adalah 1 orang banyaknya yang terlibat di dalam repository kita. Sebagai contoh paket dengan $25/bulan akan melibatkan 25 orang di dalam repository.

2. Assembla

[caption id="attachment_605" align="aligncenter" width="350"]sumber: http://en.wikipedia.org/wiki/File:Assembla%27s_logo.png sumber: http://en.wikipedia.org/wiki/File:Assembla%27s_logo.png[/caption]

Assembla sebuah layanan Git yang dimiliki oleh Assembla Inc. dengan berbagai pilihan layanan yang banyak. Terdapat paket dengan rentang harga dari $24/bulan hingga $199/bulan. Kriteria perbedaan paket antara lain jumlah project, jumlah pengguna, dan jumlah storage. Paket minimum dengan harga $25/bulan ditentukan dengan 2 project, 12 pengguna, dan 5GB storage. Sedangkan paket maksimum dengan harga $199/bulan ditentukan dengan 50 project, 100 pengguna, dan 60GB storage.

Assembla memiliki fitur manajemen task dan issue yang sederhana, memiliki fitur wiki, code browser yang cantik, merge request, git workflow, integrasi tiket, kanban cardwall, agile planner, ticket filter, milestone, mention anyone, conversation in ticket, activity stream, messages, file sharing, share code snippets, control permissions, time tracking, support client, user report.

3. Gitorious

[caption id="attachment_609" align="aligncenter" width="174"]sumber : http://gitorious.com sumber : http://gitorious.com[/caption]

Gitorious dimiliki oleh Gitorious AS. Terdapat beberapa fitur penting yang dimiliki oleh Gitorious seperti project centric, host git repository, commit logs, access control, merge request, team management, project wiki, dan web hook.

Gitorious tidak memiliki paket yang dapat Anda pilih sesuai keperluan pengembangan project. Anda dapat melakukan negosiasi langsung di website mereka dengan menentukan harga berdasarkan banyaknya repository dan jumlah anggota pada tim.

4. CloudForge

[caption id="attachment_607" align="aligncenter" width="192"]sumber: http://cloudforge.com sumber: http://cloudforge.com[/caption]

Layanan ini didirikan oleh CollabNet. CloudForge memiliki beberapa keunggulan seperti deploy repository milik kita ke layanan cloud publik atau privat, memiliki alat yang bernama TeamForge yang mendukung metode agile / waterfall / hybrid workflow, dapat mendefinisikan product roadmap, memiliki adaptive planning, terdapat user access control yang sangat membantu Anda untuk melibatkan orang - orang yang terlibat di dalam project, dapat mengintegrasikan dengan tools pengembangan software yang Anda miliki, memiliki fasilitas data backup yang terjamin mutunya, dan masih banyak lagi fitur lainnya.

Untuk harganya sendiri terdapat beberapa paket yang dapat Anda pilih untuk project yang akan anda kelola dengan CloudForge. Paket Free dikenakan biaya $0/bulan untuk projects pribadi, untuk paket Standard dikenakan biaya $2/bulan/pengguna dalam sebuah tim, untuk paket Professional dikenakan biaya $10/bulan/pengguna dalam sebuah project yang bersifat enterprise atau usaha kecil menengah

5. Github

[caption id="attachment_608" align="aligncenter" width="350"]sumber: http://opensource.about.com/od/contribute-back/ss/Cool-Logos-For-Open-Source-Projects_2.htm sumber: http://opensource.about.com/od/contribute-back/ss/Cool-Logos-For-Open-Source-Projects_2.htm[/caption]

Github didirikan oleh GitHub Inc. dan layanan ini dibangun diatas Ruby on Rails. Beberapa fitur yang dimiliki layanan ini adalah Anda dapat menggunakan aplikasi desktop untuk mengatur repository Anda di Github, memiliki API yang kokoh dan teruji untuk mengintegrasikan layanan Github dengan sistem yang kita miliki, memiliki keamanan dengan sistem two-factor authentication, terdapat dukungan terhadap berbagai sintaks pemrograman lebih dari 200 sintaks, terdapat pengorganisasian tim, memiliki fitur collaborative code review, memiliki fitur issue tracking yang terintegrasi.

Tidak seperti layanan lain yang menyediakan paket, Anda dapat melakukan negosiasi harga tergantung dari project yang Anda kembangkan. Jadi harga yang dikeluarkan akan berbeda setiap project yang dikembangkan.
(rfs).


background

Gabung CodePolitan Membership

Ingin belajar coding secara online dengan lebih terarah? Gabung sekarang dalam program Premium Membership di CodePolitan. Dapatkan ratusan modul belajar pemrograman premium dalam beragam format dengan materi silabus lengkap dan tersusun rapi dari awal hingga mahir.

LIHAT MATERI BELAJAR GABUNG MEMBERSHIP