5 Pelajaran di Announcement Top 3 Startup Sprint Surabaya

Pada kali ini saya akan share apa yang saya dapatkan kemarin dalam acara yang luar biasa yaitu Announcement Top 3 Startup Sprint tepatnya di Fordward Factory , Surabaya . Sebelumnya bagi yang belum tahu apa sih itu Startup Sprint . Berikut latar belakang berdirinya program startup sprint , seperti dikutip dari http://startsurabaya.com/startupsprint/ :


Sebagai kota kedua terbesar di Indonesia , Surabaya memiliki potensi yang besar untuk menjadi pusat industri kreatif dan teknologi . Selain mimiliki talenta yang hebat, Surabaya juga mimiliki pemerintah yang mendukung dan lingkungan yang baik untuk menumbuhkan pengusaha lokal.

Kami percaya bahwa di masa depan , Surabaya dapat tumbuh menjadi pusat inovasi , bukan hanya sebuah di negara , tetapi juga di dunia.

Start Surabaya dan EMTEK mempersembahkan Startup Sprint , kompetisi pencarian startup teknologi untuk solusi yang dapat menyelesaikan masalah besar, From Surabaya for a better Indonesia

Tujuan kami untuk memberdayakan enterpreneur muda melalui teknologi dengan mempercepat bisnis mereka melalui pendanaan dan akses pasar .


Selanjutnya , kembali ke topik , 5 pelajaran di Announcement Top 3 Startup Sprint , banyak yang ilmu yang saya dapatkan dan mungkin tidak dapat saya temui di sekolah sekalipun :

1 . Lawan adalah kawan yang harus dibantu

5 Pelajaran di Announcement Top 3 Startup Sprint Mentoring with Andri Yadi - CEO DyCode

Ini , yang buat saya kagum , dimana sebelumnya para founder startup bersama-sama sudah sangat akrab seperti keluarga sendiri , Mereka saling melengkapi satu sama lain , memang mereka dihadapan para juri dan investor bersaing , tetapi setelah itu mereka sangat akrab , dengan tujuan dan visi yang sama sebelumnya . Yaitu menjadikan Surabaya sebagai kota industri kreatif yang 5 tahun kedepan akan jadi pusatnya perusahan teknologi .

2. Uang bukan value yang sebenarnya

5 Pelajaran di Announcement Top 3 Startup Sprint Yansen Kamto - Yang kaos hitam - Sharing session

Ya, ini ditekan berkali-kali oleh CEO Kibar , Yansen Kamto . Memang sebagai developer atau startup adalah tujuan kita untuk mendapatkan uang , tetapi kalau hanya uang , apa bedanya kita dengan pelacur , yang rela melakukan sesuatu hanya untuk uang . Tuluskan melakukan sesuatu untuk menyelesaikan masalah , ketika melihat seseorang tersenyum karena menggunakan aplikasi dan masalanya terselaikan , disitulah value yang sebenarnya .

3. Jangan bermentalkan pengemis

Ini ada kaitannya dengan point yang ke dua , Sebagai startup , funding itu penting untuk membuat startup bisa jalan . Tetapi , jangan bermentalkan pengemis disini , jangan berfikir , kita membuat startup hanya mengejar investor . Sekali lagi tujuan startup adalah menyelesaikan masalah . Bila banyak masalah yang terselesaikan , uang , pujian , kehormatan pun akan didapat . Sebagai contohnya saja google , fokus mereka adalah informasi , dimana visi mereka adalah informasi kapanpun dan dimanapun . Betapa banyak aplikasi mereka yang sangat beguna , salah satunya yang paling berguna adalah maps , Saya tinggal di Surabaya , dan ketika saya hendak ke Sidoarjo , saya percaya bahwa maps akan menuntun saya ketempat tujuan dengan benar .

4. Ketika menang, jangan seakan-akan dunia milik anda

5 Pelajaran di Announcement Top 3 Startup Sprint Pemenang Top 3 Startup Sprint

Kalau yang ini langsung dari Ibu Walikota tercinta , Ibu Tri Rismaharini . Beliau yang juga sangat mendukung program ini , menekankan siapapun yang nantinya terpilih menjadi top 3 startup sprint , diharapkan tidak berhenti , dan bagi belum berhasil jangan menyerah . Bagaimanapun top 3 startup ini penilaian para juri bukan lewat sms (kayak acara di tv yang biasanya lewat sms) , hehe becanda . Bagaimanapun startup ini penilaian para juri bukan peniliaian dunia yang sesungguhnya . Kita tahu , bahkan startup yang biasanya tidak diperhitungkan tapi mereka memiliki visi yang besar itu lah yang akan bertahan . Intinya startup bukan tentang siapa yang paling baik ataupun canggih aplikasi , tetapi pula siapa yang lebih lama bertahan dan menyelesaikan banyak masalah .

5. Mendengar , dan kau akan mengetahui apa yang seharusnya anda lakukan

Yang terakhir ini juga pesan Bu Risma . Beliau bercerita , beliau terpilih menjadi Top 3 Walikota terbaik didunia , dan juga 40 Orang yang berpengaruh di dunia juga karena beliau mendengar . Maksutnya disini bukan mendengar musik loh yaa , mendengar disini adalah peniliaian orang lain terhadap diri kita . Bu Risma aja sering berdiskusi dengan Tukang Sapu jalanan bagiamana cara membuat surabaya ini menjadi hijau , rindang , dan asri . Apalagi startup , mentor sangat penting . Dan kita tahu apa yang selanjutnya dilakukan terhadap startup kita setelah mendengar tausiah dari mentor.


Mungkin 5 pelajaran yang saya tulis pada hari ini , Sebenarnya banyak pelajaran yang bisa diambil di acara yang super keren tersebut . Salah satunya juga pesan dari Rama Mamuya (CEO Daily Social) , diacara yang sama juga Peter Shearer (Managir Director Ar&Co ) sharing tentang bagaimana manfaat luar biasanya kegagalan , apa yang seharusnya kita lakukan ketika dipecat. Dan rasanya ketika para berkumpul orang-orang terpandang di dunia .

Semoga menginspirasi.

Artikel ini sebelumnya dimuat di Web Pribadi saya di iosinotes.blogspot.com.

Dilihat 2398 kali

Is this helpful?

Share This Post