Promo Lebaran, Kelas Online CODEPOLITAN Cukup Bayar Setengah Harga KLAIM PROMO
Lebih terarah belajar coding melalui Kelas Online dan Interactive Coding Lihat Materi Belajar

Alasan Kenapa Teknologi Blockchain BISA Meningkatkan Kemakmuran Indonesia

Ditulis oleh rhein mahatma, dipublikasi pada 15 Apr 2020 dalam kategori Insight
Alasan Kenapa Teknologi Blockchain BISA Meningkatkan Kemakmuran Indonesia - CodePolitan.com

Sebenarnya, apa sih kegunaan dan manfaat teknologi blockchain bagi Indonesia ?

Blockchain adalah teknologi yang bisa meningkatkan kemakmuran bagi rakyat Indonesia. Kenapa ? Karena blockchain adalah jenis "market creating innovation" yang punya kemampuan membuka pasar-pasar yang baru baru dan lapangan kerja baru untuk banyak orang. Berikut ini penjelasannya.

Di Indonesia, blockchain Vexanium adalah satu-satunya blockchain protocol yang membangun infrastruktur & protocol teknologi blockchain di mana developer bisa membuat aplikasi terdesentralisasi (Decentralized Application/Dapp) di atasnya. Dapp adalah jenis aplikasi yang bersifat peer to peer dan tidak memiliki middleman di tengahnya.

Di awal tahun 2020 ini, terlepas dari harga cryptocurrency yang berjatuhan mengikuti harga saham karena terseret corona virus (namun pertengahan maret naik lagi dan sedikit menunjukkan tanda-tanda recovery), kita bisa melihat berita di industri blockchain yang cukup menyemangati kita dari segi inovasi dan potensi pertumbuhan ekonomi.

Misalnya, negara Australia dan India yang meluncurkan roadmap teknologi blockchain nasional, di mana Australia menyatakan dalam roadmap nasionalnya bahwa teknologi blockchain bisa menghasilkan business value sampai lebih dari US$175 billion di tahun 2025 dan lebih dari US$3 trillion di tahun 2030.

Di awal Maret 2020 Senat Amerika juga melakukan hearing dengan praktisi teknologi blockchain dengan judul "Building Blocks of Change: The Benefits of Blockchain Technology for Small Businesses" di acara hearing ini para anggota senat US memperdalam pemahaman tentang kegunaan teknologi blockchain supaya mereka bisa menyusun budget dengan memberikan bermanfaat lebih baik bagi warga.

Sedangkan Afrika Selatan, telah berencana membentuk national blockchain alliance di April 2020 untuk mengurangi pengangguran dan juga memberikan diskon pajak untuk perusahaan yang terlibat dalam R&D.
Sebenarnya, teknologi blockchain itu inovasi apa sih ?

Mari kita baca-baca dulu, jenis-jenis inovasi itu apa saja ? kenapa sampai begitu banyak mencari pembicaraan. Mari kita lihat dulu jenis-jenis inovasi dari buku "Prosperity Paradox" di mana Almarhum. Dr.Clayton Christensen (penulis buku klasik innovator dillemma) lewat buku ini Ia menjelaskan mengapa begitu banyak investasi dalam menumbuhkan ekonomi ternyata gagal menunjang kesejahteraan & kemakmuran yang berkelanjutan dan ia menawarkan solusi untuk menciptakan pertumbuhan yang berkelanjutan.

Dalam buku ini, Dr Clay membagi inovasi ke beberapa jenis :

Jenis Inovasi Yang Pertama : Efficiency Innovation

Efficiency innovations adalah jenis inovasi yang membantu perusahaan membuat produk dengan lebih murah. Inovasi ini penting untuk ekonomi karena memaksimalkan free cash flow. Tetapi efisiensi jenis ini tidak menghasilkan growth - bahkan mengeliminasi growth. Karena Anda mencoba membuat sesuatu lebih efisien sehingga efeknya memaksimalkan free cash flow tetapi meminimalkan growth dan job creation.

“Efficiency innovations don’t create growth. They eliminate growth.”

Jenis Inovasi Yang kedua : Sustaining Innovation

Inovasi tipe ke dua adalah "sustaining innovation". Di jenis inovasi ini Anda mencoba membuat produk lebih baik. Hampir semua jenis inovasi yang kita lihat di sekitar kita adalah jenis sustaining innovation. Tipe inovasi ini juga tidak banyak memberikan growth untuk korporasi dan juga ekonomi.

Misalnya jika saya bekerja untuk Toyota, jika saya berusaha menjual Prius kepada Anda, tentu Anda tidak akan membeli Camry.

Jadi sustaining innovation membantu Anda membuat produk lebih baik tetapi tidak menciptakan growth.
“Sustaining innovations allow us to make good products better, but they don’t create any new growth.”

Jenis Inovasi Yang ketiga : Market Creating Innovation

Inovasi tipe ketiga adalah "Market creating innovation" yang menciptakan net growth bagi korporasi dan negara. Inovasi jenis ini mentransform produk yang secara historis bersifat rumit, mahal dan hanya bisa diakses oleh kalangan kaya atau terbatas.
Inovasi dengan jenis market creation mentransformnya menjadi produk yang affordable dan accessible sehingga lebih banyak orang bisa memiliki dan menggunakannya.

Dalam bahasa lain, market creating innovation mendemokratisasi produk atau jasa yang sebelumnya eksklusif.

“Market-creating innovations create growth because they have to create the infrastructure.”

Inovasi dengan jenis market creating menjadi fondasi bagi negara dan korporasi yang makmur dan dalam prosesnya mengangkat jutaan orang dari kemiskinan.

Market-creating innovation akan menghasilkan growth atau pertumbuhan ekonomi karena mereka harus membangun infrastruktur untuk melayani market baru tersebut dan dalam prosesnya memberikan berbagai jenis pekerjaan kepada masyarakat.
Market-creating innovation juga biasanya akan mendanai sendiri inovasi ke depannya

Lalu inovasi yang di bawah oleh teknologi blockchain itu inovasi jenis yang mana ?

Mungkin saja blockchain bisa mencakup lebih dari satu jenis inovasi, ada yang bilang blockchain itu menghilangkan middleman, walaupun sebenarnya, middleman atau central authority, tidak benar-benar hilang, namun berubah bentuk, dari satu yang sentral dan memiliki wewenang luar biasa besar, menjadi banyak pihak (disebut miner, atau block producer) namun memiliki wewenang lebih terbatas jika dibandingkan middleman di era non blockchain, juga proses pengambilan keputusan yang jauh lebih demokratis.

Memang karena inovasi teknologi, pasti akan ada beberapa jenis job yang hilang, dengan smart contract, tidak perlu lagi proses rekonsiliasi manual, namun karena sifat dari inovasi teknologi bisa meng-unlock market baru - market creating innovation - maka perusahaan teknologi juga akan membuka banyak job baru untuk melayani market tersebut.

Value dari blockchain

Sebelum tahun 2005 kita tidak bisa bayangkan kalau dengan internet, sekarang kita bisa terus keep in touch dengan teman sekolah kita dari jaman SD dulu. Blockchain akan mentransformasi record keeping (database) seperti halnya internet mentransformasi cara kita berkomunikasi.

Blockchain diperkirakan akan memiliki dampak ke industri finansial, seperti apa yang dilakukan internet kepada industri media. Value yang ini spesifik tertuju kepada Defi/Decentralized Finance.

Secara singkat, value dari blockchain : smart contract, record keeping dan value transfer.

Market Baru Apa yang di unlock oleh blockchain ?

Kenapa blockchain termasuk market-creating innovations ? memangnya pasar seperti apa yang dibuka oleh blockchain ?
Jawabannya bisa sangat panjang dan butuh waktu lama untuk menjelaskannya, namun di sini saya coba bahas beberapa saja.

Market Baru yang Pertama : Investasi (dari sudut pandang investor) atau permodalan (dari sudut pandang pebisnis)

Sebelum ada blockchain, seseorang dengan dana hanya 500,000 tidak bisa berpartisipasi dalam investasi yang berkualitas tinggi ke perusahaan teknologi "the next big thing" seperti Gojek, Tokopedia, Facebook. Ya bisa juga sih, tetapi nunggu go public alias valuasinya sudah sangat tinggi, tanpa blockchain, siapa pemenang terbesarnya dalam investasi jenis ini ? ya, tentu saja hanya kalangan tertentu.

Di sisi lain, UKM atau startup seringkali sulit mengakses pinjaman dari bank karena tidak memiliki kolateral, mengakses modal dari Venture Capital juga sulit, apalagi kalau UKM yang biasanya valuasinya tidak naik sampai 10x.

Dengan blockchain, yang merevolusi pencatatan kepemilikan saham lewat konsep tokenized cap table, kini investor dengan modal kecil bisa terlibat dalam investasi yang berkualitas dan bersama-sama banyak investor lain (bisa belasan ribu, tidak ada batasan spesifik) berinvestasi ke satu perusahaan. Namun kalau bicara regulasi terkait shareholder (bukan token), tentu ada batasan jumlah maksimal shareholder adalah 300, kalau di USA 2,000 (perlu ditambah ? mungkin).

Dalam hal ini blockchain bisa "level the playing field" dalam dunia investasi dan mengurangi kesenjangan pendapatan, dimulai dari kesempatan yang sama untuk berinvestasi.

Market Baru Kedua yang dibuka oleh Blockchain : Fractional ownership Property

Investasi properti, seperti halnya investasi ke perusahan startup, juga adalah industri yang hanya bisa diakses oleh kalangan menengah ke atas. Namun dengan teknologi blockchain yang bisa merevolusi pencatatan kepemilikan property, investor kecil dengan dana ratusan ribu sudah bisa berpartisipasi ke dalam investasi dan juga spekulasi property, konsep ini disebut dengan "fractional ownership" di dalam dunia property.

Sedangkan dari sisi developer property, konsep ini akan secara drastis meningkatkan likuiditas keuangan mereka karena membuka banyak market baru yang sebelumnya tidak bisa memiliki property.

Market Baru Ketiga : Decentralized finance bisa mendemokratisasi dunia keuangan

Sebelum ada internet, media didominasi oleh televisi dan koran bermodal besar, namun dengan internet, semua orang mulai berbagi informasi dan bisa menjadi media sendiri, bahkan Youtube mulai memakan pangsa televisi.

Decentralized finance yang dibangun di atas blockchain membuat semua orang bisa membuat produk finansial untuk komunitas global, yang mana saat ini didominasi oleh hanya beberapa pemain besar saja. (notes : saya juga belajar ini dari event online defi indonesia & cyptowatch)

Potensi blockchain lainnya

Blockchain memiliki banyak potensi lainnya yang tidak terbatas pada point yang saya sebutkan di atas. Misalnya, mengurangi ketergantungan UKM kepada platform2 raksasa yang mengusai internet saat ini (kalau Anda lihat hearing senat As, anggota senat beberapa kali menyinggung tentang ini), blockchain bisa merevolusi kapitalisme, mengupgrade sharing economy yang saat ini kurang berpihak kepada penyedia jasa - karena dengan blockchain, transaksi terjadi secara peer to peer, dan banyak lagi lainnya yang mungkin akan saya bahas di artikel lain.

Indonesia gimana ?

Banyak negara telah mengenali karakter blockchain yang memiliki potensi sebagai market creating innovations dan negara-negara ini para regulatornya sedang mempelajari manfaat dan dampaknya bagi ekonomi supaya ke depannya mereka bisa menyusun budgetnya dengan tepat, juga supaya regulasinya bisa mengikuti kecepatan perkembangan use case dari blockchain.
Indonesiapun juga kurang lebih sama. Walaupun belum sampai tahap hearing.

Vexanium.com yang adalah satu-satunya perusahaan blockchain platform asal Indonesia, di mana para developer atau programmer bisa membuat aplikasi di atasnya, memiliki potensi besar untuk menghadirkan inovasi yang berdampak untuk kemakmuran Indonesia.

Kamu juga bisa mencoba belajar mengenai blockchain ini di belajarblockchain.id

Penulis adalah Director di Vexanium dan sering menulis di blognya digitalis.id


-

background

Gabung CodePolitan Membership

Ingin belajar coding secara online dengan lebih terarah? Gabung sekarang dalam program Premium Membership di CodePolitan. Dapatkan ratusan modul belajar pemrograman premium dalam beragam format dengan materi silabus lengkap dan tersusun rapi dari awal hingga mahir.

LIHAT MATERI BELAJAR GABUNG MEMBERSHIP