Apa Itu Google Developer Expert?

Google Developer Expert atau yang sering disingkat GDE adalah sebuah jaringan global yang berpengalaman terhadap strategi produk, desainer, pengembang (istilah lain developer) dan professional marketing yang aktif mendukung para developer, berbagai startup, dan perusahaan yang merubah dunia melalui aplikasi web dan mobile.

Untuk menjadi seorang Google Developer Expert tidaklah mudah. Proses evaluasinya begitu ketat serta dicalonkan oleh seorang karyawan Google atau partner Google yang disahkan oleh tim Google Developer dan semua berdasarkan kontribusi mereka di lapangan. Untuk program ini sendiri dijalankan oleh para Google Developer, yang mana memberikan akses pada para Experts atau ahli bagaimana bernilainya pengetahuan itu sendiri dan jaringan produk, desain, dan ahli pemasaran bersama Google dan dunia yang lebih luas.

Aktivitas khas yang dilakukan oleh GDE ini antara lain:

1. Menciptakan konten

Para GDE membuat banyak tutorial, menulis code samples, buku – buku beredukasi dan blog. Mereka mempublikasikan berbagai video dan proyek penggerak komunitas.

2. Berbicara dalam konferensi

Para GDE aktif sebagai speaker di konferensi para developer baik skala besar dan kecil, menginspirasi para developer dan startup di sekitar dunia.

3. Mentoring para developer dan startup

Para GDE dengan pengalamannya di dunia startup, melatih para teknopreneur dalam membantu mendesain, mengembangkan dan mendistribusikan produk mereka.

 

Para GDE tergolong menjadi empat kategori yakni:

1. Teknologi

Mereka adalah orang – orang pro terhadap satu bahkan lebih teknologi Google dan diakui sebagai thought-leaders di bidangnya. Mereka aktif berkontribusi terhadap ekosistem para developer, menulis code samples, rutin berbicara di konferensi (seperti rapat, seminar, pertemuan), mempublikasikan video, menjalankan tutorial atau melatih (mentoring) yang lain.

2. Marketing

Mereka adalah para master di bidang strategi komunikasi (strategic communities), brand development, alat monetisasi (monetization tools) untuk web dan mobile apps dan distribusi - termasuk (tetapi tidak terbatas pada) SEO, SEM, social media, growth hacking, Google Play Services dan data analysis. Mereka tahu bagaimana membangun proporsi nilai yang jelas, dan menerapkan tindak lanjut strategi (follow-up strategies) yang mana memberikan pengembang aplikasi, startup dan perusahaan terhadap momentum yang dibutuhkan.

3. UX/UI

Mereka adalah orang – orang memberikan professional experience dan teknik industry-proven untuk menolong para developer, startup dan perusahaan membuat web dan mobile apps mereka berguna maupun menarik. Mereka mendefinisikan kelompok pengguna yang tepat, menjalankan riset, membuat prototype dan wireframe. Karenanya mengubah wawasan pelanggan ke desain actionable.

4. Product Strategy

Mereka adalah orang – orang yang memiliki pengalaman strategi yang signifikan terhadap startup dan perusahaan. Mereka menerapkan pengetahuannya dan pengalaman beberapa model bisnis untuk membuat sketsa dasar produk dan menerapkan penalaran. Mereka menghargai bahwa mengembangkan aplikasi dapat berisiko tinggi dan bisnis kecepatan tinggi, dan menggunakan kemampuannya untuk cepat mengulang dan membimbing orang – orang melalui business decision.

 

Manfaat yang diperoleh ketika menjadi seorang GDE adalah:

1. Penghargaan dari Google

Semua Experts yang telah terverifikasi akan menerima sebuah undangan untuk membuat profil di Experts Directory

2. Undangan untuk pertemuan puncak tahunan Experts

Setiap tahun Google akan membawa para Expert dari seluruh dunia ke satu lokasi.

3. Akses ke Tim Google

Para Expert membuka channel untuk masalah bidang mereka di Google terhadap bidang yang relevan pula. Contoh tim produk Google untuk para Expert Developer Google, dengan peluang pertukaran biasa.

4. Undangan Untuk Project Eksklusif dengan Google

Hal ini termasuk berbicara atau mentoring di event Google Developer seperti Launchpad, undangan untuk berkolaborasi pada pembuatan konten dan masih banyak lagi.

5. Akses ke Jaringan Global Profesional

Undangan untuk komunitas terdekat dan mailing list dengan jaringan diperiksa para Expert di seluruh dunia.

6. Undangan mengikuti Event

Undangan prioritas seperti Google I/O untuk para Google Developer Expert dan lain – lain.

Itu dia, sedikit ulasan mengenai apa itu Google Developer Expert. Semoga teman – teman makin tertantang untuk berkarya dan semoga artikel ini bermanfaat.

 

(satyakresna/penjelajahtekno)

Sumber:
https://developers.google.com/experts/about
https://developers.google.com/experts/become-an-expert

Dilihat 2822 kali

Is this helpful?

Share This Post