Baca, Cari dan (jangan takut) Bertanya Saat Belajar Pemrograman

Coding merupakan perjalanan menuju ambiguitas.

Sekalipun kamu sedang merancang RESTful API, membangun aplikasi untuk ribuan pengguna atau hanya mencoba untuk memposisikan sesuatu dengan baik menggunakan CSS, pasti ada saja sesuatu hal yang kamu tidak ketahui.

Di kemudian waktu kamu akan merasa buntu dan tidak tahu bagaimana cara untuk maju, cobalah untuk menggunakan metode ini "Baca-Cari-Tanya" ini. Sesuai dengan namanya metode ini terdiri dari :

  1. Baca dokumentasi atau error
  2. Cari di mesin pencari (search engine)
  3. BerTanya - tanpa takut untuk bertanya!

Mari kita perdalam satu persatu :

Baca

Jika kamu tahu kalau kamu membutuhkan sebuah method tertentu, tetapi kamu tidak tahu bagaimana cara untuk mengimplementasikan hal tersebut, maka dokumentasi merupakan tempat terbaik untuk memulai menemukan solusi masalahmu. Jika kamu tidak yakin method apa yang kamu butuhkan, kamu juga bisa cukup meng-klik di sekitar dokumentasi dan sering kali kamu akan temukan solusinya dengan mudah.

Jika kamu mendapatkan error, baca dokumentasi tentang error! coba untuk menemukan maksud dari error yang ada. Jika kamu tidak menemukan error tapi tidak benar-benar mengetahui apa yang sedang terjadi, kamu bisa mencoba debug codemu menggunakan console.log() method.

Baca juga: Cara Enjoy Memulai Belajar Pemrograman

Jika kamu masih saja merasa buntu, mungkin ini saatnya untuk beralih ke mesin pencari (Google, Bing, dll)

Cari

Google akan dengan cepat menjadi teman terbaikmu, jika tidak maka sekaranglah hal itu terjadi. Tetapi terkadang Google menjadi teman yang paling menyebalkan karena kamu harus sedikit mencoleknya untuk mendapatkan jawaban yang berguna. Untuk mendapatkan hasil yang terbaik dalam persabahatan ini ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan.

Saat kamu mendapat error saat sedang membangun aplikasi dan mencari jawabannya melalui Google, kamu tidak akan mendapatkan jawaban yang kamu butuhkan dengan secara ajaib menyelesaikan semua masalah yang kamu miliki. Biasanya kamu harus pelajari kembali, mengingat dan mengulang kembali apa yang sudah dipelajari serta dipadukan dengan jawaban Google yang ada, kemudian mencoba diterapkan dalam situasi yang ada.

Jadilah spesifik, jadilah ringkas

Hal lain yang harus kamu perhatikan adalah bagaimana mengatur struktur kata yang bisa menghasilkan solusi yang efesien untuk masalah yang spesifik.

Contohnya, kita ingin mengganti satu karakter pada posisi yang spesifik dalam suatu string, adalah masalah yang banyak ditemui oleh programmer pemula. untuk menyelesaikan masalah ini, kamu bisa menuliskannya di Google dan mendapatkan banyak hal, misalnya:

“I want to change a thing in a string”, maka hasil yang ditampilkan oleh Google:

baca1

Kamu mendapatkan semuanya sampai “10 cool ways to get more from Word’s Find and Replace” dan sepertinya dari semua hasil yang ada kita belum menemukan jawaban yang memuaskan. ketika googling, terlebih terkait dengan masalah dalam programming, Struktur kata yang banyak digunakan oleh programmer biasanya seperti ini :

[bahasa pemrograman] [kata kerja] [kata kunci lain]

Sekarang kita coba dengan masalah yang sedang kita hadapi, kita akan memasukkan kata "javascript replace character in string" dan inilah yang kita dapatkan.

baca 2

Dan sepertinya dari sekian banyak hasil pencarian yang didapatkan banyak yang mendekati dengan apa yang kita cari. Dengan kata kunci yang baik akan mempermudah dan mengefektifkan waktu yang kita punya untuk mendapatkan hasil yang memuaskan.

Hanya saja memang untuk saat ini karena kebanyakan sumber belajar dan tanya jawab pemrograman di Internet masih didominasi oleh sumber berbahasa Inggris, Kamu akan lebih mudah mendapatkan jawaban dari masalahmu bila Kamu mencari dengan kata kunci bahasa Inggris.

Baca juga: Bahasa Pemrograman Apa yang Cocok untuk Dipelajari Pertama Kali ?

(Jangan takut) Bertanya

Ketika membaca dan mencari tidak menghasilkan jawaban yang kamu cari atau jawaban yang ada tidak bekerja dengan baik, mungkin ini saatnya kamu bertanya dengan orang langsung.

Orang yang dimaksud adalah :

  • temanmu (jika kamu punya teman seorang programmer)
  • bertemu dengan grup (jika kamu akan pergi ke meetup)
  • bertanya melalui forum-forum programmer seperti Coders Indonesia dan lainnya

Baca juga: Agar Tidak Dibully Saat Bertanya Di Forum Pemrograman

Sebelum bertanya sebaiknya kamu memperhatikan beberapa hal agar tidak dibully saat bertanya di forum pemrograman dan pertanyaanmu tidak menghasilkan jawaban yang memuaskan. Hindari pertanyaan yang terlalu umum seperti "program ku rusak, apa yang harus aku lakukan?" atau "saya tidak bisa menggunakan fitur ini, apa yang harus saya lakukan?"

Pahami masalah yang sedang kamu alami, jelaskan apa yang kamu harapkan dari code yang kamu buat, dan bandingan dengan apa yang saat ini kamu lakukan. Jelaskan apa saja yang sudah kamu lakukan sampai saat ini. Dengan penyampaian yang baik dan pertanyaan yang jelas kemungkinan besar pertanyaanmu akan dijawab dan kamu bisa mendapatkan jawaban yang kamu inginkan.

Kesimpulan

Metode Baca, Cari dan Tanya ini adalah tentang optimasi waktumu dan waktu orang-orang yang akan membantumu. ini mendorongmu untuk belajar dan menemukan solusi dari masalah yang kamu hadapi sendiri sebelum konsultasi dengan orang lain. jika kamu sudah mencobanya sendiri dan tidak hasilnya buntu maka jangan takut untuk meminta bantuan.

sumber : Read, Search, (Don’t Be Afraid to) Ask

Dilihat 4284 kali

Is this helpful?

Share This Post