Bahan-bahan Belajar Kotlin

Bulan lalu, lewat acara Google I/O 2017, Kotlin menjadi bahasa pemrograman resmi kedua setelah Java di lingkungan Android. Pengumuman ini tentu saja menggembirakan komunitas developer Android yang sudah lama menginginkan Kotlin menjadi bahasa resmi.

Keputusan yang diambil Google diapresiasi oleh banyak pihak karena telah mendengarkan permintaan komunitas untuk mendukung Kotlin menjadi bahasa resmi setelah Java. Bahasa pemrograman ini dikembangkan oleh Jetbrains, perusahaan yang mengembangkan IDE seperti IntelliJ (yang dipakai sebagai basis Android Studio) sudah cukup populer sebagai bahasa pengembangan Android bahkan sebelum resmi didukung oleh Google. Interoperabilitas yang mencapai angka 100% dengan Java membuat banyak developer tak ragu untuk mengimplementasi Kotlin.

Untuk membantu pembaca setia Codepolitan yang tak ingin ketinggalan untuk menjajal Kotlin sambil ngabuburit di bulan Ramadhan, kami telah mengumpulkan bahan-bahan belajar Kotlin yang dapat diakses secara gratis.

Situs

Situs Resmi Kotlin

Situs resmi Kotlin tentu harus menjadi yang pertama dalam daftar. Di situs ini kita bisa menemukan sumber referensi yang membahas Kotlin hingga ke akar-akarnya. Untuk pengguna baru, bagian [tutorial](https://kotlinlang.org/docs/tutorials/ akan mengajarkan dasar-dasar penggunaan bahasa Kotlin.

Ada juga editor Kotlin online yang memungkinkan kita untuk mencoba bahasa ini tanpa repot memasangnya di komputer.

The Kotlin Blog

Blog resmi dari Jetbrains ini berisi informasi-informasi terbaru pengembangan Kotlin. Selain itu ada pula tutorial, tips serta artikel-artikel menarik lainnya.

Learn X in Y minutes; X=Kotlin

Situs ini menjelaskan gambaran Kotlin secara umum terutama sintaks-sintaksnya. Contoh yang diberikan mulai dari deklarasi variabel, percabangan, perulangan, pembuatan kelas, hingga struktur data yang ada di Kotlin dibahas secara singkat.

Get Started with Kotlin in Android

Dokumentasi resmi dari Google untuk developer Android yang ingin mulai menggunakan Kotlin dalam membuat aplikasinya. Untuk saat ini kontennya masih sedikit, namun mengingat baru sebulan yang lalu Kotlin resmi menjadi bahasa Android, kita bisa pastikan konten-konten di situs ini akan terus bertambah.

From Java to Kotlin - Cheatsheet

Dokumen yang dibuat oleh Mindorks ini memberikan gambaran perbedaan sintaks antara Java dan Kotlin. Didokumen ini kita dapat mengetahui sintaks Kotlin seperti apa yang hasilnya sama dengan sintaks Java yang kita sudah familiar.

Blog Antonio Leiva

Antonio Leiva adalah Android Developer yang sudah sangat berpengalaman dengan Kotlin. Ia banyak menuliskan artikel-artikel menarik seputar Kotlin di blognya. Ia bahkan menulis buku referensi penggunaan Kotlin di Android yang membahas penerapannya secara lebih mendalam dan terstruktur dengan judul Kotlin for Android Developers.

Kotlin.link

Kotlin.link adalah versi visual dari awesome-kotlin yang berisi semua tentang Kotlin seperti buku, pustaka, framework, proyek open source, daftar user group. Situs ini di perbarui secara berkala oleh komunitas sehingga kita akan mendapatkan konten-konten baru setiap harinya.

Video

Playlist Android and Kotlin dari Kanal Android Developer

Saat ini yang membuat Kotlin begitu ramai adalah peresmiannya menjadi bahasa pemrograman untuk Android. Oleh karena itu, kanal Android Developer akan menjadi suplemen yang sangat sehat saat belajar Kotlin. Video dari Google I/O '17 dan video-video baru yang akan dirilis mengenai Kotlin di Android patut ditunggu di kanal ini.

Kotlin Beginner Tutorials oleh Peter Sommerhoff

Peter Sommerhoff adalah software developer yang telah membuat video tutorial belajar pemrograman. Video tutorial Kotlin yang Ia buat tersedia secara gratis di Youtube.

Better Anroid Development with Kotlin & Gradle dari GOTO Conference 2016

Video dari GOTO Conference 2016 di Copenhagen, Denmark ini disampaikan oleh Ty Smith, seorang Android Engineer di Uber.

Android Development with Kotlin oleh Jake Wharton

Siapa yang tak kenal dengan dedengkot Android developer yang satu ini. Namanya sudah dikenal luas, karyanya pun sudah dipakai banyak orang. Video ini sudah cukup lama (dari tahun 2015), namun kontennya masih sangat relevan.

Fun with Kotlin

Ingin mengenal Kotlin tapi tak punya waktu banyak? Eder Bastos memiliki video pengenalan Kotlin berdurasi 7 menit 41 detik dengan judul "Fun with Kotlin" yang disampaikan pada tanggal 15 Desember 2015 di Raizlabs.

Selamat belajar Kotlin! \0/

CodePolitan Developer School

Saat ini CodePolitan mengadakan program pelatihan belajar coding intensif merupakan Solusi belajar pemrograman Basic Android yang berorientasi pada kebutuhan industri selama satu minggu secara tatap muka dengan bimbingan mentor berpengalaman yang dilengkapi dengan fasilitas asrama selama belajar.

Benefit apa yang bisa kamu dapatkan dari CodePolitan Developer School?

  • Belajar Intensif selama seminggu dan dibimbing mentor berpengalaman
  • Program Karantina untuk mendapatkan hasil yang maksimal
  • Kurikulum belajar disusun sesuai dengan kebutuhan industri
  • Modul belajar dari Google Android Developer Fundamentals
  • Konsultasi Belajar dengan mentor setelah program
  • Mendapatkan kemampuan basic sebagai pondasi menjadi Android Developer

Yuk gabung dengan CodePolitan Developer School buat aplikasi Androidmu dalam 1 minggu dan mulai karirmu sebagai Android Developer dengan mendapatkan semua manfaat di atas :)

Baca juga artikel Android menarik lainnya coder :

Dilihat kali

Is this helpful?

Share This Post