BEKRAF Developer Conference Hubungkan Pemerintah, Industri dan Developer

Jakarta, 27-28 November 2016 yang lalu bertempat di hotel Aston Priority Simatupang, BEKRAF (Badan Ekonomi Kreatif) Indonesia dan didukung penuh oleh Dicoding Indonesia telah menyelenggarakan sebuah event besar bernama BEKRAF Developer Conference 2016. Merupakan acara puncak dari BEKRAF Developer Days yang sudah diadakan di beberapa kota di Indonesia. BEKRAF Developer Conference 2016 ini bertujuan untuk menghasilkan rekomendasi untuk membangun ekosistem terbaik untuk developer di Indonesia.Dalam acara ini hadir 188 developer yang sudah memiliki aplikasi di beberapa market place dengan total download sebanyak 175 juta, turut hadir pula bagian pemerintah dan industri yang konsen dalam bidang pertumbuhan dunia IT di Indonesia. Acara ini diharapkan akan memunculkan sinergi dari stakeholder ekosistem yaitu developer, pemerintah, dan industri.

Acara ini dibuka oleh sambutan Bapak Muhammad Neil yang merupakan seorang Direktur Infrastruktur TIK BEKRAF, beliau sangat mengapresiasi kepada para peserta yang telah hadir dan siap mengawal sampai malam dalam pembahasan masalah developer yang ada dan usulan solusi yang diberikan.

Perumusan masalah developer dibantu oleh para panitia steering committee yang telah merumuskan tantangan para developer dengan membaginya menjadi 5 bagian besar yaitu Market, Talent, Regulasi, Infrastruktur, dan Permodalan. Dari 5 permasalahan besar tersebut terdapat 64 sub tantangan yang dihadapi oleh developer. Pada agenda malam tersebut setelah didiskusikan oleh para developer, lahirlah 10 tantangan yang dirasa sangat urgent untuk saat ini.Pada hari kedua kegiatan BEKRAF Developer Conference berlangsung, merupakan hari dimana 10 tantangan yang dihadapi oleh developer disampaikan kepada Industri dan Pemerintah. Dari sisi Industri hadir perwakilan dari IBM, Microsoft, Samsung, Indosat, XL, LINE, VIVO, OPPO, Sony dan lainnya. Sedang dari pemerintah hadir perwakilan dari Kementrian Perdagangan dan Industri, KOMINFO dan BEKRAF sebagai tuan rumah.Diskusi berlangsung secara panel, di mana di awal sebelum diskusi berlangsung perwakilan steering committee menyampaikan terlebih dahulu 10 tantangan yang dihadapi oleh developer serta usulan solusi yang didapatkan dari hasil diskusi. Acara dilanjutkan dengan diskusi awal di mana para developer berdiskusi langsung dengan industri yang sudah di undang, para industri menyambut baik semua usulan serta memberikan pandangan mereka dalam sudut perusahaan.Setelah diskusi Developer dengan Industri, dilanjutkan dengan diskusi Developer dengan Pemerintah. Diakhir setelah acara setelah diskusi selesai, kegiatan BEKRAF Developer Conference 2016 ini ditutup dengan sesi networking dimana para developer bisa bertemu langsung dengan Industri dan pemerintah. Tidak hanya itu, para developer diberi kesempatan untuk registrasi Hak Cipta dengan BEKRAF, konsultasi TKDN dengan Kemenperin, konsultasi domain ID dengan KOMINFO serta registrasi promosi dalam dan luar negeri dengan BEKRAF.

Narenda Wicaksono CEO Dicoding Indonesia, berharap kegiatan ini dapat berdampak dengan meningkatnya sinergi diantara 3 entitas yang hadir dalam acara puncak BEKRAF ini.

Dilihat 1361 kali

Is this helpful?

Share This Post