Mari Belajar Bagaimana Tokopedia Scale Up Sistem Dalam Webinar StartupBisnis X CodePolitan

Kalau membuat aplikasi/sistem dengan traffic yang relatif kecil sudah biasa kita lakukan. Tapi bagaimana jika suatu saat nanti kita harus mengurusi sistem dengan traffic yang begitu besar, atau barangkali di masa depan produk/sistem yang teman-teman bangun makin dikenal banyak orang, makin banyak orang pakai, makin banyak orang akses sistem dalam waktu bersamaan sehingga request makin membengkak. Jika tidak paham teknik menanganinya tentunya yang akan terjadi sistem akan pingsan/down.

Dalam suatu suatu bisnis online, lebih spesifik lagi mengenai produk berbentuk website/mobile apps yang bersifat client server, "availability" merupakan suatu hal yang amat penting. Sistem online ini menuntut kita siap 24/7 agar bisnis proses terus berjalan.

Lalu bagaimana caranya sih? apakah saya bisa belajar? ya! mari sama-sama belajar.

Disini Codepolitan dan StartupBisnis.com mengajak teman-teman hadir dalam webinar "Scaling Tokopedia : Past, Present, Future". Kita akan belajar dari studi kasus Tokopedia, yang notabene salah satu marketplace terbesar di Indonesia. Disini kita akan mendengarkan cerita Pak Leontinus (CTO Tokopedia) dalam membangun sistem Tokopedia bersama anggota tim engineernya yang luar biasa dalam membangun infrastruktur Tokopedia.

Lebih spesifik lagi event ini akan membahas apa saja technology stack dibelakang layar Tokopedia, dan bagaimana tim menerapkannya. Kita juga akan membahas secara historis, apa sih teknologi yang dulu Tokopedia terapkan. Yang sekarang sedang diterapkan dan rencana kedepannya. Pengetahuan/experience mahal ini dapat menjadi bahan pembelajaran dan masukan untuk kita.

Apa sih yang harus kita lakukan dalam scaling up sistem. Apakah melulu harus meningkatkan spesifikasi server? menambah tenaga (CPU, RAM) dalam mesin kita. Apakah kita harus mengganti bahasa pemrograman yang tadinya PHP menjadi Go misalnya? apakah kita harus mengganti server yang tadinya Apache menjadi Nginx? apakah kita harus mengganti database yang tadinya MySQL menjadi MongoDB? apakah pengertian scaling up yang sebenarnya, mengganti technology stack atau apakah mengoptimalkan yang ada. Dapatkan jawabannya langsung dalam webinar ini.

Tidak hanya mendengarkan paparan, teman-teman yang secara live hadir pada acara ini juga berkesempatan bertanya langsung kepada pak Leontinus pada sesi tanya jawab.

Kami mengundang teman-teman developer dalam event langka ini. Mari bergabung bersama kami dengan mendaftar pada link ini http://app.webinarjam.net/register/26001/37fe7dbc84. Catat tanggal dan jamnya, Rabu27 April 2016 jam 19.00.

 

Update: Rekaman video webinar dan slidenya dapat dilihat di artikel ini Belajar dari Tokopedia dalam Mempersiapkan dan Membangun Teknologinya

Dilihat 2471 kali

Is this helpful?

Share This Post