Promo Lebaran, Kelas Online CODEPOLITAN Cukup Bayar Setengah Harga KLAIM PROMO
Lebih terarah belajar coding melalui Kelas Online dan Interactive Coding Lihat Materi Belajar

Belajar dari Tokopedia dalam Mempersiapkan dan Membangun Teknologinya

Ditulis oleh Kresna Galuh D. Herlangga, dipublikasi pada 04 May 2016 dalam kategori Info
Belajar dari Tokopedia dalam Mempersiapkan dan Membangun Teknologinya - CodePolitan.com

Membangun produk yang hanya melayani ratusan orang tentu berbeda dengan membangun produk yang melayani puluhan ribu orang. Tidak hanya dari kesiapan tim, teknologi pun sangat berpengaruh. Sebuah produk yang dibangun hanya untuk menangai ratusan user tentu akan kewalahan ketika harus menangani jutaan user. Semakin banyak user yang harus dilayani menuntut teknologi yang kian kokoh. Mulai dari keefektifan sistem yang membangun produk, server yang menangani, keamanan dan lain sebagainya. Oleh karena itu, memperisapkan scaling sebuah produk merupakan salah satu cara untuk mengamini keberhasilan produk.

Kita sering mendengar ungkapan philosofis mengatakan bahwa "Experience is the best teacher" yang artinya kurang lebih adalah "pengalaman adalah Guru yang terbaik". Kita semua sepakat akan hal itu, kita bisa belajar banyak hal dari sebuah pengalaman. Ketika kita gagal melakukan sesuatu, kita belajar bahwa ada sesuatu hal yang salah yang harus diperbaiki. Pengalaman akan mengajarkan kita banyak hal.

Hanya saja, rasanya tidak efektif jika kita harus mengalami semua hal terutama kesalahan yang dialami orang lain. Itulah mengapa ketika kita berbicara tentang belajar dari pengalaman bukan berarti kita harus mengalami semuanya sendiri, kita bisa belajar dari orang lain yang telah sukses atau gagal mengalaminya. Kita bisa belajar dari orang yang sukses agar kita tahu kita harus bagaimana agar sukses sepertinya. Kita juga belajar dari orang yang telah mengalami kegagalan agar kita tahu apa saja yang harus kita hindari agar kita tidak mengalami dan mengulangi kesalahan yang sama yang pernah dialami olehnya.

Baca juga: Pesan dari Leontinus Alpha Edison, Co-founder Tokopedia untuk Para Programmer

Minggu lalu tepatnya Rabu, 27 April 2016 pukul 19.00 WIB, CodePolitan bekerjasama dengan Startupbisnis menyelenggarakan sebuah webinar dengan tema "Scaling Tokopedia : Past, Present, Future". Melalui webinar tersebut CodePolitan mengajak kepada teman-teman developer untuk belajar dari pengalaman Leontinus Alpha Edison, co-founder Tokopedia dalam mengembangkan teknologi dibalik Tokopedia.

Pada webinar tersebut, Leon secara gamblang buka-bukaan tentang pengembangan Tokopedia dari masa ke masa. Mulai dari sejak Tokopedia pertama kali diluncurkan hingga rencana kedepan dari Tokopedia. Leon juga menjelaskan bahwa dalam perjalanan Tokopedia hingga bisa seperti sekarang ini, banyak sekali yang telah dilalui. Tidak sedikit hambatan teknis yang telah menjadi makanan sehari-hari Leon dalam mengembangkan Tokopedia. Mulai dari masalah server, bandwidth, sampai kepada terkena serangan hacker yang usil.

[caption id="attachment_9516" align="aligncenter" width="700"]Tampilan Tokopedia saat pertama kali diluncurkan Tampilan Tokopedia saat pertama kali diluncurkan[/caption]

Melalui webinar ini juga Leon menceritakan tentang rencana akan jadi seperti apa Tokopedia di masa depan. Leon menjelaskan bahwa kiblatnya dalam membangun sebuah company adalah Google. Leon tidak hanya ingin Tokopedia hanya sebagai sebuah perusahaan e-commerce saja, tapi bisa menjadi perusahaan teknologi sebagaimana Google. Itulah salah satu alasan mengapa hingga kini Tokopedia menggunakan server sendiri untuk mendukung teknologinya, tidak seperti kebanyakan startup pada umumnya yang lebih memilih cloud.

Dan di akhir webinar Leon berpesan kepada seluruh coder dan developer di penjuru Indonesia, terutama yang mendengarkan webinar tersebut agar mengutamakan semangat kolaborasi. Bahwasanya kolaborasi adalah sesuatu yang sangat penting terutama dalam membangun sebuah produk atau bisnis. Tanpa kolaborasi kita tidak akan pernah bisa besar dan maju. Dan salah satu cara agar kita bisa berkolaborasi adalah dengan menekan ego kita. Kita nggak boleh egois dan merasa benar sendiri, kita harus bisa berkolaborasi dengan tim dan divisi yang lain.

Baca juga: Mengintip Teknologi Dibalik KelasKita

Berikut slide presentasi yang digunakan oleh Leon dalam webinar Scaling Tokopedia : Past, Present, Future:

Berikut ini replay lengkap webinar Scaling Tokopedia : Past, Present, Future:


background

Gabung CodePolitan Membership

Ingin belajar coding secara online dengan lebih terarah? Gabung sekarang dalam program Premium Membership di CodePolitan. Dapatkan ratusan modul belajar pemrograman premium dalam beragam format dengan materi silabus lengkap dan tersusun rapi dari awal hingga mahir.

LIHAT MATERI BELAJAR GABUNG MEMBERSHIP