Belajar Pemrograman Interaktif Berbahasa Indonesia di CodeSaya

Ditulis oleh Lord Voldemort, dipublikasi pada 17 Apr 2015 dalam kategori Info
Belajar Pemrograman Interaktif Berbahasa Indonesia di CodeSaya

Pembaca mungkin telah mengenal situs seperti codecademy.com untuk belajar pemrograman secara interaktif melalui web. Sayangnya codecademy belum mendukung Bahasa Indonesia disitusnya. Kekurangan ini tentu membuat orang Indonesia yang ingin belajar pemrograman secara interaktif cukup kesulitan memahami materi yang ada disitus tersebut. Jadi bagaimana jika tetap ingin belajar pemrograman secara interaktif namun dalam bahasa pengantar yang kita mengerti, Bahasa Indonesia? Jawabannya adalah melalui situs CodeSaya.com.

[caption id="attachment_3854" align="aligncenter" width="600"]CodeSaya Tampilan Depan CodeSaya.com[/caption]

 

CodeSaya dibangun oleh Ganis dengan framework web Python paling populer, Django. Diluncurkan sejak tahun 2013, sudah lebih dari 200.000 kode dikirimkan ke situs CodeSaya. Member situs ini juga sudah mencapai lebih dari 4.500.

[caption id="" align="aligncenter" width="135"] Ganis (Founder CodeSaya)[/caption]

Dengan mendaftar disitus CodeSaya kita bisa belajar berbagai bahasa pemrograman. Bahasa pemrograman yang saat ini sudah didukung adalah JavaScript dan PHP.  Materi JavaScript yang dapat dipelajari cukup lengkap, mulai dari pengenalan hingga ke struktur data. Bahkan untuk pembaca yang kesulitan memahami konsep pemrograman berorientasi objek, materi PHP memiliki sub bagian yang membahas khusus teknik pemrograman berorientasi objek secara interaktif.

[caption id="attachment_3855" align="aligncenter" width="600"]CodeSaya   Pilih Bahasa Coding Pilihan Materi yang Tersedia[/caption]

Belajar pemrograman secara interaktif di CodeSaya sangat menyenangkan. Pertama, kita tidak perlu repot-repot menyiapkan berbagai aplikasi untuk mulai belajar pemrograman seperti memasang teks editor dan lain-lain, cukup bermodalkan web browser seperti Google Chrome atau Firefox. Kedua, hasil dari kode yang kita tulis akan langsung muncul di halaman yang sama. Meskipun kita melakukan kesalahan saat membuat kode yang diperintahkan, CodeSaya akan memberi tahu kesalahan tersebut sehingga dapat langsung kita perbaiki.

[caption id="attachment_3856" align="aligncenter" width="600"]CodeSaya   Mengingat For   JavaScript Cukup bermodal Web Browser terbaru kita bisa belajar JavaScript dan PHP secara interaktif[/caption]

[caption id="attachment_3857" align="aligncenter" width="600"]CodeSaya   Mengingat For   JavaScript2 Jika ada kesalahan pada kode yang kita buat, CodeSaya akan memberitahu kita[/caption]

Satu fitur tambahan lagi yang saya suka adalah fitur lencana. Lencana ini bisa kita dapatkan setelah mengerjakan soal yang diberikan. Lencana ini bahkan bisa kita pamerkan ke teman-teman facebook. Beberapa lencana bisa pembaca lihat melalui gambar berikut. Keren-keren bukan?

lencanaCodeSaya

 

Ingin belajar pemrograman JavaScript dan PHP secara interaktif? Yuk belajar bersama dengan mendaftar di CodeSaya.com.

(bas/codesaya/twitter)

Berlangganan Informasi CodePolitan Melalui Email

Jangan sampai kamu melewatkan informasi penting tentang pemrograman dan teknologi! Kamu bisa berlangganan Newsletter CodePolitan dengan cara mengisi formulir di samping.

Promo potongan 10% untuk bergabung dalam kelas online Menjadi Web Programmer