Belajar Ruby on Rails Gratis dengan Ebook Rails Tutorial

Berbicara mengenai web framework Ruby tentu tak akan pernah lepas dari Ruby on Rails atau biasa disebut Rails saja. Situs-situs populer macam Github, Kickstarter, Twitch, dan Ask.fm merupakan situs yang dibuat menggunakan web framework Ruby on Rails. Rails dikenal sebagai web framework yang cocok untuk digunakan bagi mereka yang ingin membuat aplikasi web dengan lebih cepat dan mudah. Selain memiliki fitur-fitur yang begitu memanjakan bagi para web developer, Rails juga memiliki basis komunitas yang besar yang tidak akan segan membantu kita dalam belajar. Jika kita bertanya buku apa yang cocok untuk belajar Rails maka mereka tak akan ragu untuk merekomendasikan Rails Tutorial, ebook gratis belajar Ruby on Rails yang ditulis oleh Michael Hartl.Michael Hartl merupakan seorang Doktor fisika lulusan Caltech yang akhirnya banting setir untuk terjun didunia web development. Ruby on Rails Tutorial merupakan salah satu karyanya berbentuk ebook dan screencast yang dapat diakses melalui alamat railstutorial.org. Atas karya dan semua dukungannya terhadap komunitas Ruby, beliau pernah memperoleh penghargaan Ruby Hero pada tahun 2011.

Dibuku Rails Tutorial karangan Michael, kita akan diajak untuk membuat aplikasi web tiruan Twitter. Terdapat dua belas bab yang akan memandu kita step by step membuat aplikasi web tiruan Twitter tersebut dengan Rails. Untuk dapat mengikuti panduan di dalam ebook ini kita disarankan untuk memiliki dasar-dasar pengetahuan akan HTML, CSS, dan sedikit JavaScript. Selain itu, Pengetahuan akan penggunaan command line juga akan turut membantu. Meskipun kita tidak harus memiliki pengetahuan akan bahasa pemrograman Ruby, namun dengan memiliki dasar-dasarnya proses belajar Rails akan lebih mudah untuk dipahami.Untuk mengatasi permasalahan perbedaan sistem operasi bagi pembacanya, Rails Tutorial menyarankan untuk menggunakan Cloud9. Cloud9 merupakan jasa penyedia layanan cloud development environment. Dengan menggunakan Cloud9 kita dapat belajar pemrograman Rails tanpa harus memasang apapun dikomputer lokal kita karena semua  aplikasi-aplikasi pendukung akan dipasangkan oleh Cloud9 diserver mereka. Bagi yang memiliki koneksi internet kurang mumpuni untuk menjalankan Cloud9, maka kita akan memerlukan panduan tambahan untuk memasang development environment Rails dikomputer lokal karena Rails Tutorial tidak menyediakannya.Selain mempelajari seluk beluk Rails, kita juga akan belajar bagaimana menggunakan version control dengan git, Github, bahkan mengunggahnya ke Heroku. Teknologi-teknologi yang dibahas benar-benar teknologi yang tren digunakan dimasa sekarang.

Rails Tutorial juga akan memperkenalkan kita akan Test Driven Development (TDD). Sejak awal pembuatan aplikasi tiruan Twitternya, kita akan diajak untuk langsung mengetes setiap fungsi aplikasi tersebut apakah berjalan dengan baik atau tidak setiap selesai mengerjakan satu modul. Dengan demikian saat aplikasi telah jadi, kita akan memiliki aplikasi yang minim kesalahan karena kesalahan-kesalahan yang mungkin dapat terjadi telah kita tes diawal.

Buku ini tersedia secara gratis melalui situs railstutorial.org jika ada pembaca yang tertarik untuk belajar membuat aplikasi web dengan Ruby on Rails. Sayangnya ebook ini hanya dapat dibaca gratis secara online. Untuk mendapatkan versi PDF-nya, kita harus membayar beberapa dollar. Namun jika pembaca memiliki budget yang terbatas, maka membaca versi online-nya sudah cukup.

Apakah pembaca tertarik untuk belajar Ruby on Rails? Jika memang benar tertarik maka buku ini patut untuk dibaca hingga tuntas.

(bas/railstutorial)

Dilihat kali

Is this helpful?

Share This Post