Bjarne Stroustrup, Tokoh Dibalik Bahasa Pemrograman C++

Ditulis oleh Yana Permana, dipublikasi pada 06 Aug 2015 dalam kategori Tokoh
Bjarne Stroustrup, Tokoh Dibalik Bahasa Pemrograman C++

C++ merupakan salah satu bahasa pemrograman tingkat tinggi yang populer saat ini. C++ juga termasuk bahasa pemrograman yang sulit dipelajari. Kontras memang, populer namun sulit dipelajari. Bahasa pemrograman C++ banyak digunakan untuk berbagai bidang seperti pengembangan game, pengembangan software, keamanan informasi dan lain-lain. Dengan kunggulannya C++, kita patut berterimakasih kepada beliau yang telah menemukan bahasa pemrograman C++. Siapakah tokoh dibalik bahasa pemrograman C++ tersebut? Beliau adalah Bjarne Stroustrup. Pria berkebangsaan Denmark ini lahir pada tanggal 30 Desember 1950. Beliaulah yang mengembangkan bahasa pemrograman C++.

Stroustrup juga dikenal sebagai ilmuwan komputer ulung. Beliau mendapat gelar master degree di bidang matematika dan ilmu komputer dari Universitas Aarhus. Sedangkan untuk gelar Ph.D, beliau memperolehnya dari Universitas Cambridge di bidang yang sama.

Baca juga: Waktunya Uji Skill Pemrograman C++

Asal mula bahasa pemrograman C++ berawal dari ide dan kerja keras beliau dalam membangun pemrograman C dengan Class. Karena bahasa pemrograman C hanya bermain di area prosedural saja. Dengan adanya Class, membuat bahasa pemrograman ini bisa merambah pemrograman berorientasi objek yang sering digunakan dalam pengembangan game, software dan lain-lain.

[embed]https://www.youtube.com/watch?v=JBjjnqG0BP8[/embed]

Penghargaan yang beliau dapat sepanjang mengembangkan C++ diantaranya fellow dari ACM pada tahun 1994 dan IEEE, luar biasa bukan? Dan yang tidak kalah keren, beliau mendapat fellow dari Computer History Museum untuk bahasa pemrograman C++nya.

Selain mengembangkan C++, beliau juga banyak menulis buku diantaranya A Tour of C++, Programming: Principles and Practice Using C++, The C++ Programming Language, The Design and Evolution of C++, dan The Annotated C++ Reference Manual. Sekarang beliau bekerja sebagai Professor di Universitas A&M Texas.

(yp/stroustrup)

Berlangganan Informasi CodePolitan Melalui Email

Jangan sampai kamu melewatkan informasi penting tentang pemrograman dan teknologi! Kamu bisa berlangganan Newsletter CodePolitan dengan cara mengisi formulir di samping.

Promo potongan 10% untuk bergabung dalam kelas online Menjadi Web Programmer