3 Alasan Programmer Lebih Menyukai Bekerja di Malam Hari

Angga Fantiya Hermawan 22 Februari 2017

3 Alasan Programmer Lebih Menyukai Bekerja di Malam Hari

Ada beberapa stereotipe yang disematkan kepada programmer. Di samping orang-orang menganggap programmer sebagai pribadi yang anti sosial, mereka juga menganggap programmer sebagai batman yang sering begadang dan beraktifitas di malam hari. Satu hal yang perlu kita cermati dan kita garis bawahi, bahwa programmer adalah seorang pemikir yang mempunyai rencana, logika, pertimbangan dan pemikiran yang mendalam. Oleh karenanya, mereka tidaklah melakukan suatu hal kecuali mereka sebelumnya telah mempunyai pertimbangan dan alasan yang kuat untuk melakukannya. Berikut 3 alasan mengapa programmer lebih menyukai bekerja di malam hari.

1. Koneksi Internet yang Super Kencang

Alasan pertama mengapa programmer lebih menyukai beraktifitas di malam hari adalah karena faktor koneksi internet. Koneksi internet yang kencang bisa kita dapati di malam hari, karena di malam hari umumnya manusia beristirahat dan berhenti melakukan aktifitas, sehingga kecepatan internet di malam hari relatif lebih cepat dibanding waktu-waktu yang lainnya, dan di waktu inilah sebagian programmer memanfaatkan kecepatan internet untuk membangun aplikasi mereka, mencari bug dan menutup error yang terdapat pada aplikasi mereka.

2. Suasana yang Tentram dan Nyaman

Ketenangan suasana di malam hari sudah tidak dapat diragukan lagi, dengan adanya langit yang bertabur bintang, cahaya bulan yang redup, dan manusia-manusia yang sudah terlelap tidur di kasur, melepas kelelahan mereka. Itulah alasan utama mengapa banyak programmer lebih menyukai beraktifitas di malam hari. Tenang, nyaman, tentram dan bebas dari keributan. Beda sekali ketika programmer bekerja pada siang hari, kebanyakan dari programmer yang bekerja di siang hari cukup sulit untuk berkonsentrasi karena suasana tempat yang tidak tenang.

3. Sering Muncul Inspirasi di Malam Hari

Alasan terakhir mengapa programmer lebih menyukai beraktifitas di malam hari adalah karena di malam hari sering sekali ide dan inspirasi muncul dengan sendirinya tanpa harus berfikir keras. Dari tiga poin di atas jika digabungkan, maka hasil yang didapat adalah ketenangan, kenyamanan dan ketentraman. Dari situlah pada akhirnya muncul beragam ide, ilham dan kreativitas yang tidak disangka-sangka.

Tiga poin yang saya cantumkan di atas merupakan pengalaman yang sejauh ini saya dapatkan, dan mungkin juga mewakili banyak programmer lainnya yang merasa sesuai dengan tiga poin yang telah saya tuliskan tadi.