6 Rekomendasi Tools Warna 2023

Goo 26 Januari 2023

6 Rekomendasi Tools Warna 2023

Hai coders!, kali ini kita akan membahas mengenai tools warna yang akan sangat membantu Anda menentukan warna dalam pembuatan sebuah desain. Mengapa pemilihan warna yang tepat itu penting? karena warna merupakan aspek yang mudah diingat ketika pengunjung atau users melihat sesuatu yang baru mereka lihat. Selain itu, warna memang memiliki fungsi utama yakni sebagai penarik engagement atau perhatian pengunjung website. Warna yang baik terdiri dari kombinasi warna yang padu, tidak kontras, dan tidak terlalu banyak pilihan warna. Walaupun terlihat mudah, nyatanya pemilihan warna ini masih menjadi kendala bagi para desainer. Oleh karena itu, berikut ini 6 rekomendasi tools warna yang dapat menjadi referensi dalam menentukan warna untuk hasil desain yang menarik.

Langsung saja, mari kita bahas.

  1. ColorHunt

Website yang cukup simple ini pada awalnya merupakan projek kecil pribadi yang dibuat oleh Gal Shir untuk berbagi kombinasi desain warna dengan teman sekelompoknya. Seiring berjalannya waktu, website ini menjadi populer dan banyak menyediakan berbagai pilihan paduan warna sebagai bahan referensi bagi para desainer maupun artis. Colorhunt juga kini tersedia dalam ekstension chrome.

  1. Coolors

Website ini dibuat oleh Fabrizio Bianchi, seorang developer dan juga web desainer. Kelebihan dari website ini adalah tersedianya berbagai fitur yang memudahkan dalam pencarian sebuah warna dalam gambar, memadu padankan warna yang kita inginkan dan telah tersedia di playstore, app store dan juga ekstensi chrome .

  1. Huemint

Website ini merupakan generator palet warna berbasis AI dengan menggunakan sistem machine learning untuk mendeteksi warna yang telah siap digunakan. Huemint akan menghemat waktu dan tenaga karena membantu memvisualisasikan skema warna langsung ke dalam mockup logo, ilustrasi dan lainnya.

  1. Awsmcolor

Berbeda dari yang lain, Awsm color hadir melalui aplikasi instagram. Laman ini menyediakan berbagai kombinasi pilihan warna menarik sebagai referensi desain Anda. Jika warna pastel yang Anda cari, maka laman ini merupakan pilihan tepat karena banyak membagikan pilihan warna yang lembut dipandang mata.

  1. Khroma

Website ini menggunakan AI untuk mempelajari warna apa yang Anda suka dan membuat palet tanpa batas untuk ditemukan, dicari, dan disimpan. Pada tampilan awal, Anda diharuskan memilih 50 warna sebagai warna dasar untuk melatih algoritma warna yang nantinya akan disesuaikan dengan pilihan Anda.

  1. Happy Hues

Website yang dibuat oleh Mackenzie Child ini berisi berbagai inspirasi palet warna yang memberikan tampilan langsung untuk memperkirakan paduan warna tersebut pada desain projek Anda. Selain itu terdapat beberapa fitur lain yang cukup menarik seperti penjelasan terkait terminologi dan psikologi warna.

Demikian 6 Rekomendasi tools warna 2023 yang dapat menjadi sarana dalam pemilihan warna yang tepat bagi desain projek Anda. Semoga bermanfaat!