6 Situs Untuk Mencari Inspirasi Seputar Desain UI/UX

Takagi Fujimaru 29 Maret 2018

6 Situs Untuk Mencari Inspirasi Seputar Desain UI/UX

Gambar sampul: Anggit Yuniar Pradito

Saat mengembangkan sebuah produk baik itu aplikasi mobile atau website, sering kita kehabisan ide, mau dibuat seperti apa website atau aplikasi mobile yang mau kita buat itu. Satu solusi paling mudah ialah dengan melihat produk-produk web atau aplikasi mobile orang yang sudah jadi. Tapi masalahnya, kita mungkin tidak tahu website apa atau aplikasi mobile apa yang bagus untuk menjadi sumber inspirasi? Masa kita harus ngubek-ngubek Play Store/App Store untuk mencari aplikasi degnan desain UI/UX yang bagus atau browsing berjam-jam untuk mencari website yang ciamik?

Ternyata, diluar sana ada beberapa website yang memenuhi kebutuhan kita tadi. Mereka mengumpulkan sumber-sumber desain baik itu dari website atau dari aplikasi mobile yang bagus dan berkualitas sehingga cocok untuk dijadikan inspirasi. Berikut ini enam situs yang dapat dimanfaatkan untuk mencari inspirasi seputar UI/UX.

Dribbble.com

Image

Situs ini bisa dibilang sebagai komunitas terbesar bagi desainer UI/UX dan bisa menjadi tempat yang sangat baik untuk mendapatkan feedback dari orang lain. Di sini desainer mengunggah desain mereka dan bisa dikomentari oleh pengguna lain. Desain-desian yang diunggah di Dribble memiliki sandar kualitas yang tinggi.

Pttrns.com

Image

Pttrns adalah kumpulan desain yang diambil dari aplikasi-aplikasi iOS dan Android terbaik. Ada banyak konten yang tersedia sejak tahun 2012 yang bisa dipilah berdasarkan puluhan kategori, tahun, atau tags.

Uplabs.com

Image

Situs yang dibangun oleh Matt Aussaguel dan Guillemette Dejean ini pada awalnya hanya menjadi tempat kumpulan konten Material Design, tapi sekarang situs ini menjelma menjadi komunitas developer dan desainer untuk berbagi inspirasi UI/UX. Uplabs juga memiliki Market yang menjual UI Kits, Themes, dan Icons yang dibuat oleh komunitasnya.

OnePageLove.com

Image

Sesuai namanya, situs ini mengumpulkan website-website yang dibuat hanya dalam satu halaman (one page website) dengan berbagai kategori seperti landing pages, e-commerce, dsb.

Productpages.xyz

Image

Situs ini berisi koleksi website dengan desain yang bagus dan dikumpulkan oleh @tchret. Website-website dengan desain yang bagus bisa kita manfaatkan untuk mencari inspirasi idalam pembuatan web sendiri

Sumber: Hunch