Allison Randal : Pembuat Parrot Virtual Machine

Ridwan Fajar 13 Juni 2014

Allison Randal : Pembuat Parrot Virtual Machine

Virtual Machine merupakan teknologi berbasis software yang digunakan untuk meniru alat hardware. Fungsi Virtual Learning adalah untuk testing aplikasi bagi para developer. Jenis virtual machine yaitu ada process virtual machine, system virtual machine, dan software virtual machine. Keunggulan virtual machine membuat para developer bisa melakukan pengujian aplikasi sebelum di deploy.

Nah lantas sudah kenal siapakah sosok di balik virtual machine? Jika belum ayo kita jelajahi ulasannya di sini sampai habis. Sebelum itu kita berkenalan dulu ya dengan apa itu virtual machine.

Virtual Machine

Jika kamu mengenal sebuah aplikasi yang ada di play store, nah betul itu adalah buatan seorang developer. Virtual learning adalah sebuah sistem perangkat lunak yang banyak di manfaatkan oleh perusahaan terutama bagi developer untuk uji test aplikasi. Dalam hal ini virtual machine akam berperan untuk meniru perangkat keras atau hardware agar bisa sebuah sistem dapat berjalan sesuai dengan fungsinya.

Cara Kerja Virual Machine

Nah coders buat kau yang betul paham konsep virtual machine kita bahas ya. Jadi virual machine akan melakukan tugasnya yaitu untuk meniru peragkat keras atau hardware. Maksudnya bagaimana? Jadi ketika developer sudah selesai membuat aplikasi. Maka fungsi virtual machine ini di gunakan untuk testing aplikasi apakah ada bug atau tidak. Nah tentu saja virtual machine ini akan menyerupai hardware yang di uji tesebut. Apabila sudah tidak ada bug dan masalah maka aplikasi suda siap untuk di publikasikan.

Awal Mula Parrot Virtual Machine di Buat

Nah di balik keehebatan sistem virtual machine ini pastin kamu penasaran siapa sosok di balik virtual machine. Ada yang mengenal Parrot? bukan burung beo, tapi sebuah virtual machine yang di kembangkan dengan menggunakan Perl. Parrot ini merupakan virtual machine yang dapat menjalankan Perl 6, Python dan beberapa bahasa pemrograman scripting lainnya. Berawal dari lelucon April Fool, Parrot menjadi sebuah karya yang fenomenal yang dibangun oleh seorang wanita kawakan programmer C dan Perl.

Wanita tersebut bernama, Allison Randal. Seorang wanita Hebat pencipta Parrot Virtual Machine yang kini namanya melejit di dunia. Kemudian kelangsungan Parrot ini dirilis sebagai free open source software (FOSS).

Parrot Virtual Machine (sumber: http://www.parrot.org/)

Allison juga pernah menulis buku Perl 6 Essential, Perl Hacks, Programming PHP, dan menulis buku lainnya tentang bahasa pemrograman di O'Reilly Media. Masih ditempat yang sama Allison merupakan seorang Program Chair pada sebuah acara yang dinamakan Open Source Convention (OSCON) yang berada di bawah naungan O'Reilly Media. Saat ini beliau bekerja di Canonical sebagai Chief Architect Ubuntu. Sebelumnya beliau pernah tergabung sebagai anggota dewan direksi Perl Foundation. Pernah juga tergabung sebagai anggota dewan direksi The Python Software Foundation. Dan tentunya beliau menjadi direktur utama di Parrot Foundation yang beliau dirikan.

Awalnya Allison adalah seorang peneliti bahasa di timur Afrika, tapi akan kecintaannya pada coding, beliau malah tertarik kedalam pengembangan bahasa pemrograman. Semoga menjadi insprirasi khususnya bagi para wanita di Indonesia.