Anand Prakash, Sang Hacker Bertopi Putih Pencari Bug Facebook, Twitter, dan Uber

Takagi Fujimaru 26 Februari 2018

Anand Prakash, Sang Hacker Bertopi Putih Pencari Bug Facebook, Twitter, dan Uber

Anand Prakash adalah seorang ahli keamanan (dikenal juga dengan istilah white hat hacker) yang terkenal karena menemukan bug di beberapa aplikasi dan website paling populer di dunia seperti Facebook, Twitter, dan Uber. Berkat bug-bug temuannya itu, ia diganjar hadiah hingga ribuan dollar Amerika dari para perusahaan yang ia temukan bug-nya.

10 Tool Terbaik Untuk Hacking di Awal 2017

Ia merupakan alumni jurusan Ilmu Komputer di Vellore Institute of Technology, salah satu kampus beken di Tamil Nadu, India. Setelah lulus, ia bekerja sebagai penetration tester dan security engineer di perusahaan seperti Flipkart. Di tahun 2016, Anand membangun perusahaan konsultan keamanan (security consultancy) bernama AppSecure.

Jika dikumpulkan, sudah lebih dari 400 perusahaan diseluruh dunia yang telah ia bantu. Pencapaian yang cukup hebat sehingga Forbes menulis namanya sebagai salah satu dari "30 under 30" dibidang enterprise technology di Asia tahun 2017.

10 Hacker Paling Berbahaya Didunia

Berikut ini video perkenalan Anand Prakash beserta penjelasan bagaimana ethical hacking bekerja, cara kerja para perncari bug, juga bagiamana ia berhasil meng-hacked Facebook dan Twitter:

Referensi: freecodecamp