Android Security Rewards, Setahun Kemudian

Bagus Aji Santoso 24 Juni 2016

Android Security Rewards, Setahun Kemudian

Satu tahun yang lalu, Google mengumumkan program Android Security Rewards. Program ini menawarkan hadiah sebesar $38.000 untuk setiap laporan yang digunakan sebagai acuan dalam memperbaiki kelemahan sistem Android.

Setelah satu tahun, program ini telah menerima lebih dari 250 laporan yang diantaranya telah membantu membuat sistem kemanan Android menjadi lebih baik. Berikut ini data dan fakta dari Android Security Rewards pada tahun pertama:

  • Total hadiah yang dikeluarkan oleh Google lebih dari $550.000 untuk 80 individu.
  • Salsah seorang diantaranya, @heisecode, menerima hadiah sebesar $75.750 untuk 26 laporan yang diterima.
  • Terdapat 15 pelapor yang menerima hadiah sebesar $10.000 atau lebih.

Baca juga: Kumpulan Tutorial Pemrograman Android

Untuk meningkatkan program ini, Google memutuskan untuk melakukan beberapa perubahan pada cara kerja program yang disertai dengan peningkatan besaran hadiah. Perubahan ini akan aktif untuk laporan-laporan yang dikirimkan setelah tanggal 1 Juni 2016.

  • Untuk laporan kemanan berkualitas tinggi yang disertai dengan pembuktian akan menerima hadiah tambahan sebesar 33%.
  • Laporan keamanan berkualitas tinggi yang disertai dengan pembuktian, sebuah test CTS atau patch akan langsung diganjar hadiah tambahan sebesar 50%.
  • Hadiah untuk remote atau proksimal exploit telah ditingkatkan dari $20.000 menjadi $30.000.
Bagi pembaca Codepolitan yang tertarik mengikuti program ini dapat mengunjungi Bug Hunter University untuk mempelajari cara mengirimkan laporan yang baik. Program Rules Android Security Rewards memiliki penjelasan yang lebih detail untuk ketentuan-ketentuan yang berlaku.

Jangan ragu untuk mencoba. Hadiahnya besar loh!

(bas/android-developers)