Antara Haskell dan Simon Peyton Jones

Ridwan Fajar 4 Januari 2015

Antara Haskell dan Simon Peyton Jones

Pernahkah Anda mengenal Arch Linux? distro Linux tersebut menggunakan bahasa pemrograman Haskell dalam mengembangkan sistem desktop nya. Ada juga sebuah web framework bernama Yesod yang berbasis Haskell. Dan Haskell sendiri dikenal sebagai bahasa pemrograman functional yang memiliki banyak library. Siapa yah yang membuatnya?

Simon Peyton Jones merupakan pemeran utama dibalik hadirnya bahasa pemrograman Haskell. Haskell merupakan bahasa pemrograman yang menginspirasi F#, salah satu bahasa pemrograman functional yang bersifat open source yang diciptakan oleh Don Syme. Keduanya berada dalam satu atap yaitu Microsoft Researh UK. Di Cambridge, Simon fokus pada pengembangan Haskell dan khususnya Glasgow Haskell Compiler (ghc). Compiler tersebut banyak digunakan di sistem operasi Linux dan BSD secara luas. Terutama untuk komputasi performa tinggi dan analisis perhitungan kompleks. Haskell dia ciptakan untuk menjadi bahasa pemrograman functional yang siap untuk produksi yang dapat dijalankan di prosesor tunggal ataupun mesin paralel.

Simon memiliki seorang istri dan tiga orang anak. Selain seorang peneliti di Microsoft Research, Simon menjadi pembimibing dari beberapa mahasiswa doktoral di Cambridge University Computer Lab. Simon merupakan lulusan jurusan teknik dari Trinity College Cambridge pada tahun 1980. Sebelum pindah ke Microsoft Research, Simon bekerja selama dua tahun di industri, mengajar di University College London selama 7 tahun, dan 9 tahun menjadi profesor di Glasgow University. Simon tertarik dengan perancangan bahasa, rich type system, arsitektur komponen perangkat lunak, teknologi compiler, code generation, runtime system, mesin virtual, dan garbage collection.

Simon dikenal juga sebagai pengajar yang aktif di pembelajaran komputasi di sekolah dan merupakan salah satu penggagas dari computer science unplugged (CS unplugged). Di tataran pendidikan menengah, Simon pernah ikut merancang kurikulum untuk pembelajaran komputasi di sekolah. Kemudian di ranah CS unplugged, Simon mempromosikan CS unplugged ini di TEDx Conference. CS unplugged adalah pembelajaran komputasi dimana siswa tidak harus belajar di depan komputer, mereka dapat mempelajari konsep komputasi seperti pencarian, pengurutan, dan struktur data dengan belajar melalui sebuah permainan atau aktivitas beregu di luar atau dalam kelas. Berikut adalah salah satu jurnalnya yang membahas tentang pembelajaran komputasi di sekolah: Computing at School in the UK

(rfs/researchmicrosoft)