Apa itu Chat GPT ?

Muchammad Rizky Yudistira 6 Januari 2023

Apa itu Chat GPT ?

Hola coders ! , Baru - baru ini kita dihebohkan dengan sebuah Artificial Intelligence yang bisa membantu kita dalam mengolah copy writing. Yap, AI tersebut bernama ChatGPT. Disini, mimin akan membahas apa itu chat GPT, kelebihan serta cara menggunakannya.

Apa Itu ChatGPT ?

Penggunaan Artificial Intelligence di semua aspek kehidupan kita sudah menjadi hal lumrah. Hal itu dikarenakan teknologi yang dikembangkan semakin maju seiring berjalan nya waktu, salah satunya adalah chat GPT. Chat GPT merupakan sebuah program chatbot atau pesan yang dijawab oleh bot. Sistem kerja Chat GPT menggunakan algoritma dan machine learning untuk membuat pengguna merasa seperti berkirim pesan dengan orang sungguhan. Pengembangan awal model ini melibatkan pelatih AI manusia, menggunakan metode percakapan dengan pengembangan di kedua sisi yaitu pengguna dan asisten AI.

Kelebihan

  1. Akses Terbuka Kita bisa mengakses chat GPT ini dengan sangat mudah dengan menggunakan mencari kata chat GPT di Google dan pastikan kalian mengunjungi situs resmi nya.

  2. Mudah Digunakan Chat GPT yang dirilis adalah versi paling terbaru, yakni GPT - 3. Versi ini merupakan pengembangan terkini dari sistem GPT yang didesain untuk bisa belajar sendiri dan memahami tata serta pola bahasa yang benar maupun silang dari orang -orang. Diharapkan, Chat GPT dapat digunakan sebagai salah satu mesin penjawab di masa depan yang memang mampu untuk menggunakan aplikasi ini tanpa harus mengandalkan orang-orang yang harus menjawab secara manual.

Cara Menggunakan Chat GPT

  1. Kalian harus menyiapkan data pelatihan yang akan digunakan untuk moleh pelatihan chat. Lantas apa itu data pelatihan? Data pelatihan ialah data yang biasanya berupa pertanyaan beserta jawaban yang sudah disusun dalam bentuk berpasangan. Kalau kalian masih binggung, anggap saja data tersebut seperti soal ujian beserta kunci jawaban.

  2. Setelah poin 1 siap, kalian dapat memulai latihan model ChatGPT dengan menggunakan perangkat lunak yang sudah disediakan oleh OpenAI. Durasi latihan ini biasanya memakan waktu yang cukup lama, tergantung jumlah data set serta kapasitas komputer yang kalian miliki.

  3. Setelah proses latihan selesai, kalian dapat menggunakan model ChatGPT untuk membuat chatbot atau sistem tanya jawab dengan menggunakan perangkat lunak yang tersedia.

ChatGPT ini bisa dibilang hampir mirip dengan aplikasi sim- simi. Jadi, bagi kalian yang penasaran silahkan mencoba ya. Siapa tau ketagihan :)