Apa itu Coding Bootcamp? Mengapa Coding Bootcamp semakin banyak diminati?

Goo
Jumat, 29 Juli 2022 pukul 10.38

Hai coders, ada banyak cara untuk mulai belajar pemrograman, baik itu secara gratis maupun berbayar. Dua cara yang paling populer dan dianggap efektif saat ini adalah: mengambil coding online course atau mendaftar coding bootcamp. Nah, pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai coding bootcamp yang semakin banyak diminati. Apa sebenarnya coding bootcamp itu? Mengapa banyak orang memilih untuk mengikuti coding bootcamp?.

Secara umum coding bootcamp sering disebut sebagai “jalur cepat” untuk mendapatkan pekerjaan dalam bidang teknologi dengan pendapatan yang cukup lumayan. Biaya yang cukup terjangkau, waktu kelas yang lebih pendek, dan kurikulum pembelajaran yang praktis menjadikan bootcamp pilihan untuk belajar pemrograman dengan lebih terstruktur dan dipandu oleh mentor yang memang sudah ahli dibidangnya. Lalu apakah coding bootcamp itu worth it?. Langsung saja berikut pembahasannya.

Apa itu Coding Bootcamp?

Bootcamp adalah program pelatihan intensif jangka pendek dan mendalam yang dirancang secara khusus dengan materi yang relevan untuk mempersiapkan para calon profesional di bidangnya. Nah, coding bootcamp sendiri adalah program pelatihan dengan konsep learning by doing yang mengajarkan keterampilan pemrograman untuk mempersiapkan para calon profesional IT siap kerja dalam memenuhi kebutuhan industri. Melalui program ini, peserta dapat fokus mengasah keterampilan yang dibutuhkan perusahaan sesuai dengan apa yang peserta bootcamp pilih. Kebanyakan bootcamp secara khusus berfokus pada materi pembelajaran seperti:

  • Web development
  • Android Developer
  • Data Science
  • UI/UX Designer
  • Cybersecurity
  • Software Engineering
  • Digital Marketing

Mengapa Coding Bootcamp memberikan kesempatan kerja lebih cepat?

Bootcamp ditujukan bagi orang-orang yang ingin berkarir di bidang teknologi secara lebih mendalam dengan durasi yang singkat. Mengingat durasi pelatihan berjalan pada durasi yang cukup singkat sekitar 12 sampai 40 minggu, maka time frame pelatihan dapat dikatakan cukup padat. Selama program berjalan, sesuai dengan konsep bootcamp sendiri yakni learning by doing, mentor bootcamp akan melatih peserta dengan berbagai hal yang nantinya dibutuhkan untuk menjadi profesional IT yang menjanjikan.

Dengan jangka waktu pelatihan yang jauh lebih cepat itu juga, program ini berfokus pada keterampilan-keterampilan yang paling relevan dengan kebutuhan industri. Dilain hal, penyelenggara bootcamp sendiri telah bekerja sama dengan banyak mitra untuk mendukung lulusan bootcamp memulai karir IT mereka. Hal-hal tersebut itulah yang menjadi alasan peserta bootcamp memiliki kesempatan kerja yang lebih cepat.

Apa saja format pembelajaran dari Coding Bootcamp ?

  • In-Person (tatap muka), peserta diharuskan menghadiri kelas bootcamp secara langsung sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.
  • Online, peserta tidak diharuskan untuk datang ke lokasi pelatihan bootcamp secara langsung karena dijalankan secara virtual. Format pembelajaran ini dapat menjadi pilihan bagi calon peserta yang memiliki koneksi internet yang kuat dan fleksibilitas untuk bisa belajar dimana saja.
  • Self-paced atau program mandiri, memungkinkan peserta untuk bisa mempelajari suatu keterampilan berdasarkan kemauan sendiri (peserta dapat menetapkan waktu dan jadwal sendiri).

Mengapa Bootcamp semakin banyak diminati?

Seperti yang telah kita ketahui, saat ini teknologi sudah berkembang semakin pesat. Hal ini tentunya menjadi kabar baik bagi para profesional IT karena kemampuannya semakin dibutuhkan oleh banyak perusahaan. Dikutip dari CNBC, Presiden menyebutkan bahwa Indonesia membutuhkan 9 juta talenta digital untuk 15 tahun kedepan atau 600 ribu talenta digital per tahunnya, sebuah peluang besar tentunya bagi para calon profesional IT.

Alasan lain mengapa bootcamp semakin banyak diminati adalah karena program ini memungkinkan peserta untuk dapat memulai karir di bidang teknologi dengan cepat ditambah biaya masuk yang terjangkau dan lingkungan yang mendukung dalam meningkatkan motivasi belajar pemrograman.

Kesimpulan

Mengikuti coding bootcamp adalah salah satu pilihan tepat (worth it) bagi calon profesional IT dengan berbagai pertimbangan dan kelebihan yang telah disampaikan diatas. Oh iya, saat ini Codepolitan bekerja sama dengan Catamyst membuka Bootcamp Online Frontend Web Development nih coders. Jadi bagi kalian yang berminat untuk memperdalam maupun mengasah skill juga membuka peluang kerja dibidang Frontend Web Development bisa langsung mendaftar di laman ini yah https://program.codepolitan.com/catamyst/ . Codepolitan sendiri sering membuka kesempatan bootcamp dengan materi beragam yang dapat dilihat pada menu bootcamp di halaman utama websitenya.

673fdf0c08e89b5c53764276be6bdc8f.jpg

Selain itu seperti yang disebutkan di awal, kalian juga bisa mengikuti Online course untuk belajar lebih dalam maupun mengasah kemampuan coding melalui banyak situs pembelajaran, seperti salah satunya Codepolitan.

Codepolitan adalah platform belajar coding online yang dikembangkan khusus untuk membantu anggotanya belajar coding secara lebih terarah, menyediakan berbagai roadmap pembelajaran dan kelas online beragam dengan mentor yang ahli di bidangnya. Saat artikel ini diterbitkan, telah tersedia 5.577 Materi Belajar dengan 193 Kelas Online yang membahas mulai dari berbagai bahasa pemrograman, framework, library, database dan banyak lagi secara lebih mendalam, kedepannya akan semakin bertambah dengan tingkatan level yang berbeda. Sebuah paket lengkap untuk memulai belajar coding bukan. Nah, beberapa materi belajar juga bisa diakses secara gratis nih coders, namun disarankan, sebaiknya kalian mendaftar pada program berbayar jika ingin hasil belajar dan dukungan yang lebih maksimal.

Semoga bermanfaat.

Kelas Promo
...
By Originals
Jalan Lurus Menjadi Fullstack Developer
Kelas online belajar Fullstack web developer
from A to Z
760+ Materi Video Pembelajaran
Akses Materi Selamanya
Konsultasi Online Mingguan
Sertifikat Digital
6 Project Studi Kasus
Info Terkini