Apa itu Digital Currency?

Levi 2 Agustus 2022

Apa itu Digital Currency?

Halo Coders! Apakah kalian tau apa itu Digital Currency? Yuk kita cari tau secara singkat di artikel ini ya!

Sebelum kita lanjut mari kita liat penjelasan di Wikipedia tentang hal Digital Currency adalah berikut,

"Mata uang digital (uang digital, uang elektronik atau mata uang elektronik) adalah seluruh mata uang, uang, atau aset serupa uang yang utamanya dikelola, disimpan, atau dapat ditukar melalui sistem komputer digital, terutama melalui jaringan internet. Jenis mata uang digital termasuk mata uang kripto, mata uang virtual dan mata uang digital bank sentral. Mata uang digital dapat direkam pada basis data terdistribusi di internet, pangkalan data komputer elektronik secara terpusat yang dimiliki oleh perusahaan atau bank, dalam bentuk berkas komputer atau bahkan pada kartu yang dapat menyimpan nilai mata uang (Stored-Value Card atau SVC).[1] Mata uang digital memiliki karakteristik yang mirip dengan mata uang konvensional, tetapi umumnya tidak memiliki bentuk fisik, tidak seperti mata uang kertas atau uang logam yang dicetak (uang kartal). Ketiadaan bentuk fisik berupa uang ini, memungkinkan transaksi yang dilakukan secara instan melalui jaringan internet dan menghilangkan biaya-biaya yang terkait dengan pendistribusian uang kartal." -Wikipedia

Nah dari penjelasan di Wikipedia apakah kalian sudah paham point pentingnya? jika belum saya akan bahas lagi secara singkat dan mudah dipahami ya!

Sebelumnya kita telah membahas tentang apa itu metaverse, dan sekarang mari kita bahas apa itu digital currency dan apakah bisa digital currency di pakai di metaverse? Yuk kita bahas!

Image

Digital Currency juga terbagi lagi menjadi 3 jenis yaitu Krypto dan Virtual Money, Dan kedua hal tersebut sedikit berbeda ya coders karena Crypto dan Virtual money memiliki perbedaan dari cara penggunaan dan cara mendapatkannya.

Kenapa 2 hal itu berbeda? Karena Mata uang kripto adalah aset digital yang dirancang untuk bekerja sebagai media pertukaran yang menggunakan kriptografi yang kuat untuk mengamankan transaksi keuangan, mengontrol proses pembuatan unit tambahan, dan memverifikasi transfer aset, dan untuk Virtual Money itu bisa dikatakan seperti ini, Mata uang virtual (uang virtual atau virtual currency) adalah mata uang digital yang sebagian besar tidak diatur oleh otoritas tertentu, dapat ditransfer, disimpan, dan diperdagangkan secara elektronik, serta tidak memiliki legalitas hukum (legal tender).

Nah 2 hal tersebut agak sedikit beda ya coders tetapi 2 hal tersebut masih bisa dibilang digital currency (mata uang digital) tetapi dengan cara penggunaan yang hampir sama yaitu digunakan di digital.

Setelah pembahasan diatas yuk sekarang kita kenali apa itu Mata Uang Kripto dan apakah bisa digunakan di metaverse?

Metaverse sangat memerlukan mata uang nya untuk melakukan transaksi di dalamnya dan salah satu cara untuk bisa melakukan transaksi nya itu adalah dengan menggunakan Kripto! Penasaran apa aja kripto yang sering digunakan di metaverse? kalau begitu langsung saja ke list dan penjelasan singkat dari mata uang kripto nya ya!

1. Ethereum

Image

Salah satu mata kripto yang paling sering di gunakan yaitu ETHEREUM (ETH) dan Ethereum adalah sebuah platform rantai blok dengan fungsi kontrak cerdas. Ethereum mempunyai fungsi seumpama virtual machine yang bisa menjalankan kontrak cerdas peer-to-peer dengan uang kripto Ether.

2. Solana

Image

Yang kedua ini adalah Solana yang hampir sama populernya seperti ETH dan menjadikan Solana ini menjadi kripto yang sering digunakan juga dimetaverse.

3. MANA

Image

MANA adalah mata uang kripto yang dibuat oleh Decentraland yang khusus bisa digunakan di metaverse mereka yang dan mata uang kripto ini juga paling sering dan paling banyak juga yang membeli nya.

4. SAND

Image

SAND adalah mata uang kripto yang dibuat oleh Sandbox yang sama hal nya seperti MANA yang dibuat khusus untuk di metaverse mereka, walaupun di Sandbox sendiri kalian bisa menggunakan ETH tapi kalian juga bisa menggunakan SAND token buatan mereka juga loh!

Dan diatas adalah mata uang kripto yang paling sering digunakan di metaverse dan semua nya itu sangat menarik untuk bisa kita pelajari dan juga kita beli loh!

Sekian artikel tentang pembahasan Digital Currency ini dan semoga artikel ini juga bisa membantu kalian mengetahui apa aja mata uang kripto yang paling sering digunakan di metaverse seperti pembahasa tentang apa itu metaverse!