Apa yang Bisa Dipelajari dari ID Developer Elite

Kresna Galuh 27 April 2016

Apa yang Bisa Dipelajari dari ID Developer Elite

Tidak banyak programmer khususnya di Indonesia yang menerapkan Unit Tests dalam setiap kode yang ditulisnya. Hal itu wajar karena memang untuk menerapkannya dibutuhkan effort lebih yang mungkin tidak akan tampak berguna terutama bila tidak paham apa fungsinya.

Unit Tests sederhananya adalah tes otomatis yang kita tulis untuk memastikan sebuah unit kode (biasanya dalam skala function atau method) berjalan sesuai dengan tujuan pembuatannya. Unit Tests membantu kita sebagai developer untuk memastikan setiap modifikasi kode atau kode baru tidak merusak kode yang sudah ada dan berjalan.

Dalam rangka belajar langsung dari expert tentang konsep Agile Software Development dan bagaimana penerapan Unit Tests, Dicoding bekerja sama dengan OLX dan didukung oleh CodePolitan menyelenggarakan sebuah event bertajuk "ID Developer Elite : Mindset, Skillset, Toolset - The Backbone of Continuous Quality and Test Automation". Acara diselenggrakan pada 16 April 2016 bertempat di Dicoding Space, Jalan Batik Kumeli 50 Bandung.

Dalam acara tersebut berhasil dihadirkan 3 pembicara yang tidak sembarangan, mereka adalah para expert programmer yang sudah sangat berpengalaman dalam mengembangkan produk berskala besar. Ketiganya pernah bekerja di perusahaan e-commerce raksasa eBay. Mereka adalah Michael Palotas, Francois Reynaud dan Ben Hoskins.

[caption id="attachment_9422" align="aligncenter" width="800"]Michael Palotas, Francois Reynaud dan Ben Hoskins sedang berdiskusi sebelum acara dimulai Michael Palotas, Francois Reynaud dan Ben Hoskins sedang berdiskusi sebelum acara dimulai[/caption]

Banyak sekali yang bisa kami pelajari dari event ID Developer Elite tersebut. Betapa pentingnya sebuah pengujian otomatis dalam mengembangkan perangkat lunak, apalagi jika yang kita bangun adalah project berskala besar dan akan terus berkembang. Mungkin sebagian besar dari Teman-teman pembaca pernah merasakan bagaimana sulitnya memelihara kode program ketika program tersebut sudah sangat besar. Mungkin diantara Kamu ada yang pernah mengalami perasaan takut atau khawatir setiap kali menambahkan suatu fitur pada sebuah aplikasi yang sudah berjalan, karena kadangkala kode barumu membuat beberapa bagian dari program menjadi error. Di sisi lain Kamu juga merasa malas bila harus mengecek lagi satu per satu setiap bagian untuk memastikan semuanya tetap berjalan dengan baik padahal perubahan yang Kamu lakukan tidak terlalu banyak. Bila Kamu mengalami hal tersebut, itu adalah indikasi bahwa Kamu sedang berada di jalan yang salah (dalam proses memprogram). Bagaimana solusinya? Ya, Unit Tests.

Dengan Unit Tests kita akan lebih PeDe dengan kode yang kita tulis. Paling tidak, kekhawatiran kalau-kalau kode yang akan kita tambahkan nantinya akan berpengaruh buruk bahkan merusak fitur-fitur yang sebelumnya telah berjalan dengan baik, akan berkurang.

Berikut ini beberapa dokumentasi foto saat event berlangsung:

[caption id="attachment_9424" align="aligncenter" width="800"]Michael Palotas menyampaikan materi di acara ID Developer Elite Michael Palotas menyampaikan materi di acara ID Developer Elite[/caption]

[caption id="attachment_9425" align="aligncenter" width="800"]Sesi tanya jawab di acara ID Developer Elite Sesi tanya jawab di acara ID Developer Elite[/caption]

[caption id="attachment_9423" align="aligncenter" width="800"]Foto bersama seusai acara ID Developer Elite Foto bersama seusai acara ID Developer Elite[/caption]

Buat temen-temen yang tidak sempat hadir dalam acara, berikut CodePolitan lampirkan slide presentasi yang digunakan oleh pemateri saat membawakan materi di acara ID Developer Elite: