Apple Kini Perbolehkan Aplikasi Pendidikan dan Developer Tools Mengeksekusi Kode di iOS

Bagus Aji Santoso 12 Juni 2017

Apple Kini Perbolehkan Aplikasi Pendidikan dan Developer Tools Mengeksekusi Kode di iOS

Saat World Wide Developers Conference (WWDC) 2017 berlangsung beberapa hari yang lalu, Apple melakukan revisi terhadap "Apple Store Review Guidelines". Salah satu aturan yang dimiliki oleh Apple adalah aplikasi tidak boleh mengunduh dan mengeksekusi kode disebuah perangkat iOS. Aturan ini memang tidak berubah, namun aturan nomor 2.5.2 juga menambahkan bahwa:

Aplikasi yang didesain untuk mengajarkan, mengembangkan atau melakukan pengujian kode diperbolehkan, dalam batasan bahwa, kode yang diunduh tidak digunakan untuk keperluan lain (selain untuk tiga keperluan di atas). Aplikasi seperti ini harus membuka kode sumbernya dan pengguna memiliki hak untuk mengubah kode itu.

Perlu dicatat bahwa developer harus menjalankan kode-kode tersebut di area container yang telah di sediakan. Meskipun aturannya masih cukup ketat, poin ini menunjukkan bahwa developer tools untuk iPad dan iPhone tak lama lagi akan bermunculan.

(macstories/appleinsider)

<a style="background-color:black;color:white;text-decoration:none;padding:4px 6px;font-family:-apple-system, BlinkMacSystemFont, "San Francisco", "Helvetica Neue", Helvetica, Ubuntu, Roboto, Noto, "Segoe UI", Arial, sans-serif;font-size:12px;font-weight:bold;line-height:1.2;display:inline-block;border-radius:3px;" href="http://unsplash.com/@jking?utm_campaign=photographer-credit" target="_blank" rel="noopener noreferrer" title="Download free do whatever you want high-resolution photos from Jaz King">Jaz King