Bagaimana Cara Google Melawan Pelanggaran Hak Cipta di Tahun 2016

Hadyan Palupi 26 Juli 2016

Bagaimana Cara Google Melawan Pelanggaran Hak Cipta di Tahun 2016

Pada tahun 2016 Google menerbitkan laporannya mengenai, bagaimana Google melawan pembajakan. Laporan tersebut menyoroti kegiatan pembajakan hak cipta yang terjadi di seluruh bagian dunia. Dalam penerbitannya Google melaporkan dalam bentuk laporan tahunan dengan melakukan operasi penghapusan link pembajakan dan pelanggaran hak cipta lainnya dari database dan mesin pencarian mereka.

Google selalu mendapatkan jutaan request penghapusan link pembajakan setiap minggunya. Kamu pasti akan terkejut dengan banyaknya request penghapusan link pembajakan yang diterima oleh google dari tahun 1998 sampe dengan 2010. Dibalik alasan meledaknya penghapusan link pembajakan hak cipta adalah karena mulai munculnya kesadaran akan pemegang hak cipta dengan jumlah pembajakan konten yang terjadi di internet meningkat beberapa kali lipat. Melihat pontensi revenue yang didapatkan dengan lansung masuk ke rekening bank para pembuat konten hak cipta tersebut.

Baca juga: Inilah Alasan Mengapa Kamu Harus Belajar PHP

Seminggu yang lalu jumlah URL yang di request untuk dihapus dari mesin pencari Google mencapai 19.204.517. Dan itu terjadi hanya seminggu. Dapat dibayangkan berapa besar angka yang dihasilkan jika dihitung dari satu tahun yang lalu?

TorrentFreak telah menghitung setidaknya nilai dari angka request yang akan didapatkan dalam tahun ini sekitar 523.000.000 dan akan terus naik tajam dalam beberapa bulan kedepan. Suatu hal yang sangat mengejutkan diketahui bahwa nilai ini sudah naik lebih dari 60% dari angka yang dihasilkan di tahun 2015 yang lalu. Lantas berapa banyak request penghapusan yang diterima Google pada tahun sebelumnya? Google telah menerima request penghapusan link sebanyak 558.000.000 tahun lalu dan mereka berhasil membersihkan 98% dari total URL yang di request.

Google menghapus URL berdasarkan request yang ada pada platfrom yang mereka buat serta dibutuhkan waktu sekitar 6 jam untuk Google memproses request penghapusan sesuai dengan DMCA. Namun Google juga memberikan perhatian terhadap penyalahgunaan request pada DMCA. Misalnya,"sebuah organisasi mengaku bekerja atas nama sebuah studio film besar membuat request sebanyak 2 kali untuk menghapus URL sebuah website media massa besar." -berdasarkan laporan.

Baca juga: 7 “Penyakit” Mahasiswa IT yang Menyebabkan Sulit Bersaing di Industri

Dan ini hanya untuk Google Search, karena masih ada lagi platform Google lainnya yaitu Youtube. Ratusan jam konten video di upload ke Youtube. Sejumlah besar konten berkontribusi pada pelanggaran hak cipta dari Youtube Creator lainnya. sedangkan melalui system konten youtube tersebut telah berhasil dibayarkan lebih dari 2 miliar dollar kepada para mitranya.

Silahkan baca disini jika ingin mengetahui lebih banyak mengenai bagaimana Google melawan pembajakan.

Sumber : http://fossbytes.com/google-fights-piracy-523000000-pirate-links-removed-2016/