Bandung Developer Day, Harinya Para Developer Kota Bandung

Bagus Aji Santoso 8 November 2015

Bandung Developer Day, Harinya Para Developer Kota Bandung

Bandung Developer Day merupakan suatu event yang diselenggarakan Forum Anak Web Bandung EDU (FowabEDU) yang bertujuan untuk membekali mahasiswa maupun web developer pemula dengan tips dan trik dalam mengembangkan aplikasi web masa kini. Acara ini telah dilaksanakan pada hari Sabtu, 7 November 2015 di Co & Co Coworking Space, Bandung. Seluruh peserta yang hadir akan mendapatkan Dicoding point dan khusus bagi peserta yang masih berstatus mahasiswa dapat memperoleh akun dreamspark gratis dari Microsoft.

Ada tiga narasumber yang memberikan tips, trik, dan pengetahuan seputar pengembangan aplikasi web masa kini. Rencana awal acara akan dimulai dengan pemaparan oleh Norman Sasono dari Microsoft Indonesia dengan judul "How to Start Building Your Web-Based Business Idea" dilanjutkan dengan pemaparan Puja Pramudya & Rendy dari Radya Labs Teknologi dengan Judul "Build Modern Web & Robust API" serta diakhiri dengan pemaparan Wiku Baskoro, Chief Editor di Dailysocial dengan judul "Web Metric & Analytic".

Karena situasi Bandung pada hari sabtu sedang macet parah membuat narasumber pertama tidak dapat datang tepat waktu. Hal ini membuat urutan presentasi dimulai dari "Web Metric & Analytic" oleh Wiku Baskoro. Kang Wiku sendiri merupakan Chief Editor di Dailysocial. Dalam pemaparannya Kang Wiku membagikan pengalamannya menggunakan berbagai tools untuk analisis web yang telah membantunya membesarkan media Trenologi.com (sekarang Dailysocial.net).

[caption id="attachment_6122" align="aligncenter" width="600"]Kang Wiku Wiku Baskoro[/caption]

Setelah Kang Wiku, Pak Norman Sasono dari Microsoft Indonesia melanjutkan acara dengan presentasinya yang berjudul "How to Start Building Your Web-Based Business Idea". Dalam presentasinya Pak Norman menyatakan bahwa membuat produk dengan baik (built the thing right) saja tidak cukup, namun kita pun harus membuat produk yang tepat (build the right thing). Untuk membuat produk yang tepat dengan baik, developer harus menggunakan tools yang tepat. Beliau sangat menyarankan menggunakan layanan cloud seperti AWS atau Azure.

[caption id="attachment_6123" align="aligncenter" width="600"]Norman Sasono Norman Sasono[/caption]

Melanjutkan presentasi dari Pak Norman, Tim Radya Labs Teknologi melanjutkan presentasi mengenai Build Modern Web & Robust API. Mereka membagikan pengalamannya dalam mengembangkan aplikasi web modern dan API selama beberapa tahun terakhir. Tim Radya Labs turut mendemokan penggunaan teknologi cloud yang sempat dibahas oleh Park Norman sebelumnya menggunakan Azure.

[caption id="attachment_6124" align="aligncenter" width="600"]Rendy dari Radya Labs Teknologi Rendy dari Radya Labs Teknologi[/caption]

Bandung Developer Day akan datang lagi bulan depan dengan topik mobile app. Jika pembaca Codepolitan tertarik mengikuti acaranya, ikuti terus tweet dari akun @fowab.

(bas)

Tags
Event