BEKRAF Game Prime 2018 Siap Digelar!

Hadyan Palupi 11 Juli 2018

BEKRAF Game Prime 2018 Siap Digelar!

BEKRAF Game Prime tahun 2017 yang lalu mencatatkan sejarah baru di industri game Indonesia dengan menghadirkan 13.000 pengunjung dari seluruh Indonesia. Tahun ini, Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF) bekerja sama dengan IDEA Network dan AGI pun siap kembali mencatat sejarah dengan menggelar BEKRAF Game Prime 2018. BEKRAF Game Prime 2018 bakal digelar selama tiga hari, Business Day pada tanggal 13 Juli 2018 bertempat di Hotel Ayana Midplaza, Jakarta dan Public Day selama dua hari (14 dan 15 Juli 2018) bertempat di Balai Kartini, Jakarta.

“Tugas Badan Ekonomi Kreatif sebenarnya adalah membangun ekosistem ekonomi kreatif. Game adalah salah satu subsektor ekonomi kreatif yang menjadi prioritas saat ini. Selain itu, game bukan hanya sekadar entertainment, melainkan bisa menjadi alat edukasi, periklanan bahkan bisa membantu pengembangan subsektor ekonomi kreatif lainnya,” tutur Selliane Halia Ishak, Plt Sestama Badan Ekonomi Kreatif.

Seperti tahun 2017, event yang akan dilaksanakan mulai 13-15 Juli 2018 ini dibagi dalam dua konsep. Business to Business (B2B) dan Business to Consumer (B2C). Business Day akan mengawali perhelatan BGP 2018 dengan konsep seminar yang menghadirkan para stakeholders industri game tanah air.

Image

Pada hari kedua dan ketiga (14-15 Juli), adalah hari “bermain” alias Business to consumer yang akan digelar di Balai Kartini, Jakarta dengan konsep pameran yang menghadirkan aneka jenis game, mulai dari board game (sejenis monopoli, ular tangga) hingga game yang disebutsebut sebagai permainan masa depan yaitu game Virtual Reality (VR) dan Augmented Reality (AR). Selebihnya, sesi ini dijadikan sarana oleh developer lokal untuk memamerkan hasil karyanya kepada pengunjung sambil berharap dilirik oleh publisher ataupun investor lokal maupun mancanegara.

“Tujuan mengadakan event pameran ini adalah memang ingin mempertontonkan kepada masyarakat di indonesia bahwa banyak pembuat-pembuat game lokal termasuk startup startup lokal yang memang mempunyai kualitas yang sudah layak kita pertontonkan,” ujarnya lagi.

Belajar Bikin Game dari Pakarnya di Business Day

Pada Business Day, BEKRAF Game Prime 2018 akan mengumpulkan para pelaku industri game Indonesia dan mancanegara untuk saling bertukar ilmu dan membangun relasi untuk kepentingan kolaborasi jangka panjang di industri game. Business Day akan diisi dengan beragam seminar yang mengedukasi dan menginspirasi dari pembicara lokal, internasional, serta pelaku industri game lokal yang sukses bekerja di studio internasional dan mengharumkan nama Indonesia. Bukan hanya belajar bikin game langsung dari pakarnya. Di akhir sesi Business Day, kamu bisa menjalin relasi baru dan mendiskusikan potensi kolaborasi di masa yang akan datang. Acara networking ini akan dikemas secara kasual lewat sebuah sesi VIP Dinner.

Bermain Game Dua Hari Penuh di Public Day

Sedangkan Public Day akan mengusung konsep eksibisi, dimana ribuan pengunjung akan diajak untuk bermain game di ratusan booth yang tersedia selama dua hari penuh. Para pelaku industri game lokal dapat memamerkan hasil karyanya yang kemudian akan dinikmati oleh masyarakat yang hadir. Bukan hanya itu, akan ada juga beberapa hiburan lain yang akan memanjakan pengunjung. Banyak sekali yang akan ditampilkan oleh Game Prime dalam 2 hari terakhir ini.

Image

Mengusung tema “Gaming: Evolved” diharapkan BEKRAF Game Prime 2018 ini bisa mengakomodasi dan memberikan informasi kepada para pelaku industri maupun masyarakat umum mengenai tren industri game yang terus berevolusi dengan cepat. Survei dari AppAnnie dan Newzoo menyatakan bahwa Augmented Reality (AR), Virtual Reality (VR), Mixed Reality (MR) dan eSports adalah masa depan industri game, dan pendapatan industri dari sektor tersebut diperkirakan akan meningkat berkali-kali lipat hingga 2020 mendatang. Sehingga dengan adanya BEKRAF Game Prime 2018 ini, diharapkan para pelaku industri Indonesia dan Asia Tenggara bisa semakin bersaing di tingkat global.

“Kami ingin membuktikan bahwa pengaruh game tidak selalu buruk. Faktanya, gamifikasi akan mungkin sangat dekat dengan kehidupan kita di masa depan. Misalnya, game bisa membuat edukasi menjadi lebih menyenangkan dan mudah dipelajari oleh siswa. Beberapa perusahaan juga menggunakan game untuk memperkenalkan kebijakan perusahaan kepada para karyawannya. Siapa yang tahu, apa lagi yang bisa dilakukan oleh game di masa yang akan datang,” tutur Monica.

Tiket BEKRAF Game Prime bisa didapatkan secara gratis melalui tautan http://bit.ly/bgp2018 (untuk Public Day) serta http://bit.ly/GamePrime18 (untuk Business Day). Informasi lebih lanjut mengenai BEKRAF Game Prime 2018 ini bisa dilihat di http://www.gameprime.org atau menghubungi contact@gameprime.org.

Image