Belajar Dasar-Dasar Swift dengan Playground - Variabel, Konstanta, dan Tipe Data

Raka Flyhigh Abdurrahman 21 Februari 2017

Belajar Dasar-Dasar Swift dengan Playground - Variabel, Konstanta, dan Tipe Data

Halo, bertemu dengan saya. Tutorial ini merupakan lanjutan dari "Belajar Dasar-dasar Swift dengan Playground - Pengenalan". Tutorial ini membahas tentang variabel dan konstanta, tipe data, dan type inference. Langsung saja kita kupas satu-persatu.

Variabel dan Konstanta

A. Variabel

Variabel adalah sesuatu yang memiliki alamat memori tertentu (di RAM) untuk menyimpan nilai data. Nilai dari variabel itu sendiri bisa diubah-ubah tergantung kebutuhan. Cara pembuatan variabel dalam Swift menggunakan kata kunci var kemudian diikuti dengan nama variabel dan nilai yang ingin diberikan. Formatnya adalah sebagai berikut.

var namaVariabel: tipedata = nilai

Contoh: Variabel pada Swift

Mari, kita coba pada Playground. Buatlah sebuah variabel yang berisikan nama lengkap dan umur kalian. Contohnya seperti di bawah ini. Imgur

Kita bisa lihat, ketika kita mengetikkan suatu baris program kemudian pindah ke baris baru, maka hasilnya akan terlihat langsung tepat di sebelah kanan baris program.

Full Variabel Swift

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, bahwa variabel nilainya bisa diubah. Sekarang, kita ubah variabelnya Imgur

Jika sudah, maka hasilnya seperti berikut. Hasil Ubah Variabel Playground

B. Konstanta

Konstanta adalah suatu tempat untuk menampung data yang nilainya selalu tetap dan tidak pernah berubah. Cara pembuatan konstanta dalam Swift menggunakan kata kunci let kemudian diikuti dengan nama konstanta dan nilai yang ingin diberikan. Formatnya adalah sebagai berikut.

let namaKonstanta: tipedata = nilai

Contoh: Konstanta Swift Playground

Sekarang, kita buatlah dua baris program yaitu konstanta phi dan konstanta suatu string seperti berikut. Konstanta Swift Playground 2

Jika sudah, maka hasilnya seperti berikut. Hasil Konstanta Swift

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, bahwa konstanta nilainya tidak bisa diubah. Sekarang, kita coba untuk mengubahnya. Error Konstanta Playground

Kita akan melihat terdapat bulatan merah dan garis bawah yang menandakan bahwa baris program tersebut terdapat error. Bagaimana cara mengatasinya? Kita klik saja bulatan merah tersebut dan ikuti petunjuknya. Error Konstanta Playground 2

Ternyata, kita harus mengubah let menjadi var. Karena sudah dikatakan sebelumnya bahwa konstanta nilainya tidak bisa diubah. Untuk mengubahnya, maka kita harus menjadikannya variabel.

Tipe Data

Tipe data dapat didefinisikan dengan istilah tempat untuk menentukan pemberian nilai terhadap suatu variabel sesuai atau tidak dengan nilai yang diberikan oleh user. Tipe data yang sering digunakan oleh Swift yaitu Int, Float, Double, Bool, Character, dan String. Untuk memahaminya, coba ketikkan program sebagai berikut. Buat Variabel Tipe Data

Hasilnya adalah sebagai berikut. Tipe Data Playground Hasil

Penjelasan mengenai tipedata:

  • Int = merupakan tipe data yang digunakan untuk bilangan bulat
  • Float = merupakan tipe data yang digunakan untuk bilangan pecahan
  • Double = sama seperti Int, tetapi jumlah angkanya lebih besar.
  • Bool (boolean) = merupakan tipe data yang digunakan untuk menentukan nilai itu benar (true) atau salah (false)
  • Character = merupakan tipe data yang merepresentasikan satu buah angka, huruf, atau simbol.
  • String = kumpulan dari beberapa Character.

Type Inference

Type Inference adalah sebuah fitur yang memungkinan compiler untuk mengenali tipe data dari suatu variabel atau konstanta. Dengan menggunakan fitur type inference ini, ketika membuat suatu variabel atau konstanta tidak perlu mendefinisikan tipe data. Coba kita lihat kembali kode berikut yang sudah pernah dibuat sebelumnya. Imgur

Pada variabel di atas, ketika membuat variabel harus didefinisikan tipe datanya. Namun, dikarenakan Swift memiliki fitur type inference maka variabel di atas bisa dituliskan juga sebagai berikut. Type Inference Variable

Hasilnya adalah sebagai berikut. Hasil Type Inference

Penjelasan: variable namaLengkap otomatis dikenali sebagai String, sedangkan variabel umur otomatis dikenali sebagai Int.

Untuk membuktikannya, tekan alt kemudian klik nama variabelnya. Cara Mengetahui Tipe Data pada Type Inference 1 Cara Mengetahui Tipe Data pada Type Inference 2

Referensi