Belajar Membangun Game 2D dan 3D dengan Unity

Kevin Kurniawan 27 September 2017

Belajar Membangun Game 2D dan 3D dengan Unity

Hallo teman teman developer. Untuk anda yang ingin belajar membuat game menggunakan Unity Game Engine, anda dapat belajar secara gratis dan berhadiah di Dicoding Academy Belajar Membangun Game 2D dan 3D dengan Unity.

Kelas ini didesain oleh Samsung Indonesia dan Dicoding untuk game developer pemula. Software yang digunakan dalam kelas ini adalah Unity Engine Personal yang dapat diunduh secara bebas.

Membuat Augment Reality dengan Unity dan Vuforia

Kelas ini terbagi menjadi 4 modul mini game seperti berikut :

Pada modul mini game pertama, peserta akan belajar menggunakan Random, Variabel, Loop, Sprite, Fungsi, Kondisi, Array, Collider, Tigger, Transform, Scene, Input Mouse / Touch, dan Tag. Berikut adalah contoh game yang akan dibuat di Akademi Belajar Membangun Game 2D dan 3D dengan Unity pada modul game 1 :

Pada modul mini game kedua, peserta akan belajar menggunakan Animasi 3D, Tekstur, Kamera, 3D Physics, Mengolah Objek 3D, Sistem Partikel, Input CrossPlatform, Terrain, dan Memanfaatkan Standard Assets. Berikut adalah contoh game yang akan dibuat di Akademi Belajar Membangun Game 2D dan 3D dengan Unity pada modul game 2 :

Membuat Game Virtual Reality untuk Android Menggunakan Google Cardboard SDK For Unity

Pada modul mini game ketiga, peserta akan belajar menggunakan Font, Artificial Intelegence (AI) Sederhana, Animasi Sederhana, UI Slider, Random, dll. Berikut adalah contoh game yang akan dibuat di Akademi Belajar Membangun Game 2D dan 3D dengan Unity pada modul game 3 :

Pada modul mini game keempat, peserta akan belajar menggunakan Event Trigger, Animasi, Animator, Audio, Mendesain Level, dan Highscore. Berikut adalah contoh game yang akan dibuat di Akademi Belajar Membangun Game 2D dan 3D dengan Unity pada modul game 4 :

Setiap peserta yang lulus akan mendapatkan 200 Dicoding XP dan Point beserta sertifikat dalam bentuk digital. Point yang didapat bisa ditukarkan dengan berbagai rewards menarik di Dicoding Rewards. Salah satu nya adalah T-shirt Dicoding Graduate.

![Dicoding Graduate](https://www.dicoding.com/images/original/reward/201610122348224fc7cfc72c9bf043aa79a165b5e6e180.jpeg)

Untuk anda yang tertarik untuk Belajar Membangun Game 2D dan 3D dengan Unity secara gratis anda dapat mengujungi link berikut : https://www.dicoding.com/academies/39