Belajar Membuat Aplikasi Sederhana Dengan Python 3.7.4

ayu amaliyah 28 Agustus 2019

Belajar Membuat Aplikasi Sederhana Dengan Python 3.7.4

Halo teman-teman, mungkin sebagai programmer teman-teman pernah mendengar apa itu bahasa Python bukan? Python sendiri bisa dikatakan bahasa tingkat tinggi yang dapat melakukan eksekusi dengan sejumlah multi guna secara langsung. Namun, bahasa python juga dapat dipelajari dengan mudah, karena menggunakan semantik dinamis untuk meningkatkan keterbacaan syntaxnya.

Dalam pembahasan kali ini, penulis akan membahas tentang bagaimana cara belajar membuat aplikasi sederhana dengan Python. Tentunya dengan menggunakan aplikasi python yah teman-teman. Jika teman-teman ingin mencoba dan belum menginstall aplikasi python, silahkan bisa membuka website https://www.python.org/downloads/release/python-374/ untuk menginstallnya.

Sebelumnya di sini penulis akan mencontohkan dengan membuat program pembayaran untuk Toko Baju. Langsung saja untuk membuat program ini, teman-teman membuka aplikasi Python nya. Untuk memulai membuat programnya, teman-teman bisa dengan klik new file, lalu langsung saja untuk membuat programnya seperti dibawah ini :

Image

Seperti yang teman-teman tahu, membuat program perlu adanya variabel bukan? Nah, disini Kebetulan contoh variabelnya yaitu Nomor1, Nomor2, Nomor3, dan Nomor4.

print("Toko Baju Amanah Jaya")

Pada perintah print untuk menampilkan program kelayar

Nomor1= str(input("masukan nama baju : "))
Nomor2= int(input("masukan harga baju: "))
Nomor3= int(input("masukan jumlah baju yang dibeli: "))
Nomor4= int(input("jumlah uang yang dibayar: "))

Lalu untuk memanggil variabel perlu adanya (=) dibelakang, memakai str untuk menginputkannya berupa huruf, sedangkan int untuk menginputkan berupa nilai.

Total= (Nomor2*Nomor3-Nomor4)

Program diatas untuk menjumlahkan total pembelajaan, dengan cara perkalian dan pengurangan. harga baju dikalikan dengan jumlah baju yang dibeli lalu dikurangi dengan jumlah uang yang dibayar.

print("total kembalian: ","Rp.",TOTAL)

Dan print terakhir pada program untuk menampilkan total jumlah kembalian.

Langsung saja klik tombol run untuk menampilkan hasil outputnya, untuk run pilih dengan Run Module f5 yaa teman-teman. Nah, kemudian akan tampil output seperti dibawah. Lalu diminta untuk mengisi secara manual diprogramnya.

Image
Image

Mungkin baru sampai sini ya teman-teman, selamat mencoba.